You are on page 1of 9

Question and Answer

Kelompok 1 “Eritrosit”

Q: Apakah di Eritrosit ada inti sel? Jika ada tolong dijelaskan dan jika tidak ada tolong dijelaskan! A: Eritrosit tidak memiliki inti sel. Eritrosit juga memiliki inti sel (nukleus). lama-kelamaan inti sel (nukleus) Eritrosit menghilang dan memberi ruang yang lebih besar untuk hemoglobin. . Awalnya. namun dalam tahap pendewasaannya.

Q: Apakah sel darah merah(manusia) berbeda dengan mamalia? A: Eritrosit pada manusia dan mamalia itu sama karena dari segi bentuknya sama dan juga eritrosit pada manusia dan mamalia juga tidak memiliki inti sel (nukleus) pada saat pendewasaan nya karena eritrosit harus memberi ruang pada hemoglobin. .

Atau pun seperti sel saraf yang memiliki bentuk terpanjang. dan memiliki banyak cabang. seperti misalkan sel spermatozoa yang berbentuk seperti berudu berekor. bentuk dan ukuran ini memungkinkan sel saraf mampu mengirimkan impuls (pesan) ke seluruh tubuh dengan cepat tanpa jalur yang sangat rumit. Q: Mengapa bentuk sel dan ukuran sel dalam tubuh kita berbeda? A: Bentuk dan ukuran sel dalam tubuh kita berbeda-beda karena sel-sel ini memiliki fungsinya masing-masing. . ekor ini berfungsi untuk membantu spermatozoa berenang dan bergerak bebas didalam saluran kelamin wanita (dari rahim ke tuba falopi) untuk kemudian menembus lapisan pelindung ovum. tertipis.

anemia aplastik. kanker sirosis hati. limfoma non-hodgkin. hypothyroidism (tiroid kurang aktif). penyakit ginjal. ini termasuk kekurangan vitamin. porfiria vaskulitis. Q: Penyakit apa yang terjadi jika hemoglobin dalam Eritrosit berjumlah Sedikit? A: Berikut ini beberapa kondisi dan penyakit penyebab Hb rendah karena tubuh memproduksi sel darah merah yang lebih sedikit dari biasanya. maka tubuh akan kekurangan eritrosit dan menyebabkan Hb rendah. kondisi seperti ini terjadi pada anemia sel sabit. keracunan timbal. leukimia. Ketika tubuh menghancurkan sel merah lebih cepat dari pada produksinya. limfoma hodgkin (penyakit hodgkin). . sindrom myelodysplastic. multiple myeloma. kekurangan zat besi. obat-obatan seperti obat anti retroviral dan obat kemoterapi.

5-15. Wanita hamil trimester pertama : 11.8 gr/dl 4.6-13. 1. Wanita dewasa (tidak hamil) : 12-15.7-14.9 gr/dl 3.8 gr/dl 2. Wanita hamil trimester kedua : 9. Wanita hamil trimester ketiga : 9. Q: Apakah nilai normal wanita yang hamil dan tidak hamil berbeda? A: Nilai normal pada wanita yang hamil dan tidak hamil berbeda karena semakin bertambahnya usia kehamilan maka nilai normal akan semakin berkurang.0 gr/dl .

Hal ini dapat menyebabkan kadar Hb tidak normal atau lebih rendah dari normal.Selama kehamilan. apabila asupan makanan tidak dapat mencukupi kebutuhan zat besi pada ibu hamil ini. volume darah bertambah banyak untuk mengakomodasi perubahan dalam tubuh dan membantu bayi agar dapat mendapatkan pasokan darah yang cukup serta membentuk sel-sel darah pada janin. Atas dasar inilah kebutuhan ibu hamil akan zat besi sangat meningkat bahkan hingga dua kali lipat dibanding saat tidak hamil. maka bisa terjadi anemia defisiensi besi. . Oleh sebab itu.

. dan terkadang begitu pula dengan trombosit dan sel darah putih. yang menunjukan kelainan di sumsum tulang. Penyakit ini adalah jenis neoplasma myeloproliferative.Q: Polisitemia vera adalah kelainan seperti apa? A: Polisitemia vera (penyakit kelebihan darah) adalah jenis kanker langka darah yang terjadi ketika sumsum tulang menghasilkan sel darah merah dengan jumlah yang berlebihan.

. Sedangkan Hem adalah hemosiderin. Q: Apa itu Besi dan Hem? A: Zat besi merupakan suatu unsur yang penting dan berguna untuk metabolisme tubuh. sebagian besar unsur besi terdapat dalam hemoglobin .