You are on page 1of 15

KONSEP DAN APLIKASI ASKEP BAYI

/
ANAK DENGAN RISIKO TINGGI BBLR

OLEH :
KELOMPOK 2
KELAS 2.1

NI LUH GEDE YUPITA ASTRI SURYANDARI (P07120016002)
IDA AYU MILLA BRAHMANI (P07120016029)
NI LUH MEGA OKTAVIANI DEWI (P07120016030)

PENGERTIAN BAYI BERAT BADAN LAHIR RENDAH (BBLR) KLASIFIKASI BBLR ETIOLOGI BBLR PATOFISIOLOGI BBLR POKOK BAHASAN PENATALAKSANAAN BBLR Masalah yang dapat terjadi pada BBLR KOMPLIKASI BBLR PENCEGAHAN BBLR ASUHAN KEPERAWATAN PADA BAYI/ ANAK RISIKO TINGGI BBLR .

1961 : Bayi berat badan lahir rendah (BBLR) adalah suatu istilah yang dipakai bagi bayi prematureatau low birth weight. Menurut Ribek dkk. Menurut Hidayat. T. PENGERTIAN BAYI BERAT BADAN LAHIR RENDAH (BBLR) 1. 3. 2009 : Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR) merupakan bayi (neonatus) yang lahir dengan memiliki berat badan kurang dari 2500 gram atau sampai dengan 2499 gram. 2. Heather. Menurut WHO. Menurut Herdman. 2012 : BBLR (Bayi Berat Lahir Rendah ) merupakan bayi (neonates) yang lahir dengan memiliki berat badan kurang dari 2500 gram atau sampai dengan 2499 gram . 2011 : BBLR (Berat badan lahir rendah) yaitu bayi yang lahir dengan berat badan kurang dari 2500 gram tanpa memperhatikan usia gestasi (dihitung satu jam setelah melahirkan) 4.

Baby small for gestational age 3. 2009) : 2. Ada beberapa 1. Bayi berat badan lahir ekstrem 1. Bayi berat badan lahir sangat (SGA) rendah (BBLRR) a. 2008) : A. Berat badan kecil untuk usianya atau kecil untuk usia gestasinya 7. Dismaturitas 6. Bayi berat badan lahir moderat gestational age) (BBLM) b. Pengelompokan BBLR menurut ukuran (Wong. Prematuritas murni rendah (BBLER) 2. Bayi besar untuk usia gestasinya . KLASIFIKASI BBLR B. Bayi berat badan lahir rendah pengelompokan dalam BBLR (BBLR) (Mitayani. Retardasi pertumbuhan intrauterin (IUGR) 8. Simetris (intrauterus for 4. Bayi berat badan sesuai usia growth retardation) gestasinya c. Asimetris (intrauterus 5.

ETIOLOGI BBLR Penyebab utama pada kejadian bayi berat lahir rendah adalah kelahiran prematur (lahir <37 minggu dan sering kali <30 minggu masa gestasi) dan masalah retardasi pertumbuhan intrauteri atau intrauterine growth restriction (IUGR) (WHO. Faktor Fetus (Proverawati dan Ismawati. 1. 2010) . Faktor Ibu 2. Faktor Plasenta 3. 2012).

dismatur preterm terutama bila masa gestasinya kurang dari 35 minggu. gangguan pembekuan darah. hiperbilirubinemia. hipotermia. penyakit membran hialin. hipoglikemia. hamil ganda. necrotizing enterocolitis (NEC). • BBLR biasanya disebabkan juga oleh hamil dengan hidramnion. Irene M. 2005) . infeksi. sindrom distres respirasi. asfiksia neonatorum. dan malformasi konginetal (Bobak. • Kemungkinan yang terjadi pada bayi dengan BBLR adalah Sindrom aspirasi mekonium. hipokalsemia. perdarahan. PATOFISIOLOGI BBLR • Bayi berat badan lahir rendah adalah bayi dengan berat badan kurang dari 2500 gram pada waktu lahir. perdarahan ventrikel otak. retrolental fibroplasia. infeksi dalam rahim. anemi. bronchopulmonary dysplasia. cacat bawaan. patent ductus arteriosus.

Perawatan pada incubator Inkubator adalah suatu alat untuk membantu terciptanya suatu lingkungan yang optimal. PENATALAKSANAAN BBLR Penatalaksanaan yang dapat dilakukan pada bayi BBLR yaitu dengan menerapkan beberapa metode Developemntal care yaitu : A. 2009). Perawatan Metode Kanguru (Kangaroo Mother Care) • Definisi dan manfaat perawatan metode kanguru • Teknik menerapkan PMK pada bayi BBLR D. Pemberian posisi B. Minimal handling  Dukungan Respirasi  Termoregulasi  Perlindungan terhadap infeksi  Hidrasi  Nutrisi C. Pada umumnya terdapat dua macam inkubator yaitu incubator tertutup dan inkubator terbuka (Hidayat. sehingga dapat memberikan suhu yang normal dan dapat mempertahankan suhu tubuh. .

posisi Gambar 2. Gambar 3. bayi dalam Perawatan metode mengeluarkan bayi gendongan PMK kanguru dari baju kanguru .Teknik menerapkan PMK pada bayi BBLR Gambar 1.

Menyusui bergantian dengan ibu dalam PMK dalam PMK . Ayah dapat Gambar 4.Lanjutan… Gambar 5.

. dkk. Masalah pada BBLR yang sering terjadi adalah -Gangguan pada sistem pernafasan -Susunan saraf pusat -Kardiovaskular -Hematologi -Gastrointerstinal -Ginjal -Termoregulasi (Maryunani. Masalah yang dapat terjadi pada BBLR Masalah yang dapat terjadi pada bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR) terutama pada prematur terjadi karena ketidakmatangan system organ pada bayi tersebut. 2009).

Hipoglikemi simptomatik 3.KOMPLIKASI BBLR Komplikasi yang dapat timbul pada bayi dengan berat lahir rendah (Mitayani. 2009) : 1. Asfiksia neonatorum 5. Sindrom aspirasi mekonium 2. Hiperbilirubinemia (gangguan pertumbuhan hati) . Penyakit membran hialin 4.

Perlu dukungan sector lain yang terkait untuk turut berperan dalam meningkatkan pendidikan ibu dan status ekonomi keluarga agar mereka dapat meningkatkan akses terhadap pemanfaatan pelayanan antenatal dan status gizi ibu selama hamil. dipantau dan dirujuk pada institusi pelayanan kesehatan yang lebih mampu. . Ibu hamil yang diduga berisiko. 3. terutama factor resiko yang yang mengarah melahirkan bayi BBLR harus cepat dilaporkan. Penyuluhan kesehatan tentang pertumbuhan dan perkembangan janin dalam rahim. Hal-hal yang dapat dilakukan: 1. Hendaknya ibu dapat merencanakan persalinannya pada kurun umur reproduksi sehat (20-34 tahun). Meningkatkan pemeriksaan kehamilan secara berkala minimal 4 kali selama kurun kehamilan dan dimulai sejak umur kehamilan muda. tanda-tanda bahaya selama kehamilan dan perawatan diri selama kehamilan agar mereka dapat menjaga kesehatnnya dan janin yang dikandung dengan baik. 4. PENCEGAHAN BBLR Pada kasus bayi berat lahir rendah (BBLR) pencegahan/preventif adalah langkah yang penting. 2.

doc . ASUHAN KEPERAWATAN PADA BAYI/ ANAK RISIKO TINGGI BBLR Bayi Risiko Tinggi BBLR.