You are on page 1of 13

PERAWATAN TALI

PUSAT

Erlisa Santria
Po.71.20.4.15.031

Poltekkes Kemenkes Palembang
Prodi DIV Keperawatan
Tahun 2017

Apa itu tali pusat ?? Dan Apa itu perawatan tali pusat ?? .

2009). Perawatan tali pusat adalah tindakan perawatan pada tali pusat bayi baru lahir sejak dipotongnya tali pusat sampai tali pusat puput atau kering dengan tujuan untuk mencegah infeksi pada tali pusat bayi dan mempercepat penyembuhan luka bekas pemotongan tali pusat (Sodikin. . Tali pusat atau dalam istilah medis dikenal dengan funiculus umbilikalis merupakan sebuah saluran kehidupan bagi janin selama dalam kandungan.

Apa tujuan membersihkan tali pusat pada bayi ? .

• Mempercepat terlepasnya tali pusat. . • Mencegah terjadinya tetanus pada bayi baru lahir. • Mempercepat proses pengeringan tali pusat.• Mencegah terjadinya infeksi.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam perawatan tali pusat .

Lipatlah popok di bawah puntung tali pusat Daerah tali pusat dan sekitarnya harus selalu dalam keadaan kering  Bila terdapat tanda-tanda infeksi dan bersih pada tali pusat. Jangan membungkus pusat atau  Jangan menggunakan plester mengoleskan bahan atau ramuan dalam membalut tali pusat bayi apapun ke puntung tali pusat. karena dapat menyebabkan iritasi sekitar daerah tali pusat. . seperti kemerahan atau mengeluarkan nanah atau Jangan mengoleskan alkohol atau darah dan berbau segera hubungi betadine pada tali pusat karena akan petugas kesehatan. menyebabkan tali pusat menjadi lembab.

Kapan waktu yang pas untuk perawatan tali pusat ?? .

Sehabis mandi pagi atau sore. sewaktu bila balutan tali pusat basah oleh air kencing atau kotoran bayi. . Lakukan sampai tali pusat puput atau kering.

Kadang demam . basah. 2. kena sinar atau mendengar suara keras 5. yang kemungkinan tapi pusat bernanah. Kejang-kejang bila disentuh. Dampak perawatan tali pusat yang kurang baik : 1. dan kotor. Kesulitan menyusui 3. Tali pusat berwarna merah. Mulut tidak bisa dibuka 4.

Bagaimana cara perawatannya ??? .

.

Thank You .