You are on page 1of 5

kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan atau tanggung jawab hukum pihak ke tiga yang mungkin akan diderita tertanggung. yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti. dengan menerima premi asuransi. A S U R A N S I ??? Perjanjian antara dua pihak atau lebih. . atau memberikan suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan. untuk memberikan penggantian kepada tertanggung karena kerugian. dengan mana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung.

sesungguhnya Allah sangat berat siksa-Nya” Hadis Nabi Muhammad SAW “Sesungguhnya seseorang yang beriman itu ialah barang siapa yang memberi keselamatan dan perlindungan terhadap harta dan jiwa raga manusia”.S. dan jangan tolong menolong dalam perbuatan dosa dan pelanggaran. Bertaqwalah kepada Allah. Ibnu Majah) .R. D A L I L A S U R A N S I Q. al-Maidah (5): 2 ِ ‫ش ِدد ُد ْال ِعقَا‬ ِ َ ‫َّللا‬ ََّ ‫ان ۚ َواتَّقُوا‬ ََّ ‫َّللا ۖ ِإ َّن‬ ‫و‬ ِ َ ْ ‫د‬ ُ ‫ع‬ ْ ‫ال‬ ‫و‬ َ ‫م‬ ِ ْ ‫ث‬ ِ ْ ‫اْل‬ ‫ى‬َ ‫ل‬‫ع‬َ ‫وا‬ُ ‫ن‬ ‫او‬ َ َ ‫ع‬َ ‫ت‬ َ ‫َل‬ ‫و‬ َ ۖ ‫ى‬ ٰ ‫و‬‫ق‬ْ َ َ َّ ‫ت‬‫ال‬‫و‬ ‫ر‬ ِ ‫ب‬ ِ ْ ‫ال‬ ‫علَى‬ َ ‫َوتَعَ َاونُوا‬ Artinya : “Dan tolong menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan taqwa. (H.

PRO KONTRA ASURANSI ALASAN PRO • Tolong menolong (sebagaimana hadist tentang kaum ’Kaum Asy’ariyin ) • Uang yang dipremikan sebagai hibah bagi saudara lain yang mengalami kesulitan (niat membantu) • Dalam Islam terdapat akad pertanggungan. sebagai akad ijarah (sewa) ALASAN KONTRA • Bagi masyarakat yang sudah butuh proteksi atau pernah merasakan kerugian akibat aset atau harta yang dimiliki tidak diasuransikan mulai percaya dan menggunakan asuransi. riba. . • Banyak orang masih menganggap asuransi sebagai suatu bentuk taruhan.

SYUKRON .