You are on page 1of 33

PEMBIMBING

:
dr. Hastono Isnain Sp.KK

1

PENDAHULUAN

2

Organ terbesar pada tubuh
manusia

Organ tubuh yang terletak
paling luar membatasinya dari
lingkungan hidup manusia

KULIT Warna kulit berbeda-beda, dari Kulit yang elastis dan longgar
kulit yang berwarna terang (fair terdapat pada palpebra, bibir,
skin), pirang, dan hitam dan preputium

Kulit yang tebal dan tegang
Bervariasi mengenai lembut,
terdapat ditelapak kaki dan
tipis, dan tebalnya
tangan dewasa

Kulit yang tipis terdapat pada
muka, yang lembut pada leher
dan badan, dan yang berambut
kasar terdapat pada kepala
3

FAAL KULIT 4 .

FUNGSI Fungsi proteksi Fungsi Fungsi absorpsi Fungsi pembentu Fungsi Pengaturan kan vit.D suhu tubuh Fungsi Fungsi Ekskresi pemben keratinisas Fungsi tukan i persepsi pigmen 5 .

contohnya lisol. Fungsi Fungsi proteksi absorpsi  FAAL KULIT Kulit yang sehat tidak mudah Kulit menjaga bagian menyerap air. misalnya radiasi. sengatan sinar ultra violet 6 . karbol. tarikan Gangguan kimiawi. larutan. gesekan. misalnya zat-zat kimia terutama yang bersifat iritan. dan dalam tubuh benda padat Terhadap gangguan Tetapi cairan yang mudah fisis dan mekanis menguap lebih mudah diserap Misalnya tekanan. asam Gangguan yang bersifat panas.

Badan taktil Meissner (dermis) badan Merkel renvier ( epidermis) berperan terhadap rabaan Sedangkan terhadap tekanan diperankan oleh badan paccini di epidermis 7 . diperankan oleh badan-badan amonia ruffini di dermis dan subkuis Terhadap dingin diperankan oleh badan-badan krause yang terletak didermis.Fungsi ekskresi Fungsi persepsi Kelenjar-kelenjar kulit Kulit mengandung ujung-ujung mengeluarkan zat-zat yang tidak saraf sensorik didermis dan berguna lagi atau sisa metabolisme subkutis Terhadap rangsangan panas Berupa NaCl. urea. asam urat.

8 .

Fungsi Fungsi pengaturan pembentukan suhu Kulit melakukan pigmen peranan ini dengan cara Sel pembentuk pigmen mengeluarkan keringat (melanosit) terletak di dan mengerutkan (otot lapisan basal dan sel ini kontraksi) pembuluh berasal dari rigi saraf darah kulit. ketebalan memungkinkan kulit kulit. 9 . Kulit kaya akan pembuluh darah Warna kulit dipengaruhi sehingga oleh pigmen. reduksi Hb. Oksi mendapat nutrisi yang Hb dan caroten cukup baik.

Sehingga pemberian vit D sistemik tetap diperlukan 10 . dan sampai sekarang sinar matahari belum sepenuhnya dimengerti Proses ini berlangsung 14-21 hari dan Tetapi kebutuhan memberi perlindungan kulit tubuh akan vitamin terhadap infeksi secara mekanis D tidak cukup hanya dari hal tersebut fisiologik. Fungsi Fungsi pembentukan keratinisasi Keratinosit dimulai dari sel basal yang mengadakan vit D pembelahan  sel basal yang lain akan berpindah ke Dimungkinkan atas dan berubah bentuknya menjadi sel spinosum  dengan mengubah 7 makin ke atas sel makin menjadi gepeng dan dihidroksi kolesterol bergranula menjadi sel granulosum Proses ini berlangsung terus menerus Dengan pertolongan seumur hidup.

ANATOMI KULIT Fungsi-fungsi tersebut lebih mudah dipahami dengan meninjau struktur mikroskopik kulit yang terbagi menjadi : 3 Lapisan Epidermis Dermis Subkutis (hipoder mis) 11 .

12 .

EPIDERMIS Adalah lapisan kulit dinamis.4-1. senantiasa beregenerasi. I.5 mm keratinosit 13 . berespons terhadap rangsangan diluar maupun didalam tubuh manusia EPIDERMIS Tebalnya Penyusun terbesar bervariasi antara epidermis adalah 0.

Stratum granulosum Terdiri atas 4. Stratum spinosum 5. 1. Stratum lucidum EPIDERMIS 3. Stratum korneum 2. Stratum basale 14 .

Gambaran Epidermis 15 .

Stratum korneum (lapisan tanduk)  Merupakan lapisan kulit yang paling luar  Terdiri dari beberapa sel sel gepeng yang mati. tidak berinti  Dan protoplasmanya telah berubah menjadi keratin (zat tanduk) 16 . 1.

Stratum lucidum  Terdapat langsung dibawah lapisan korneum  Merupakan lapisan sel-sel gepeng tanpa inti dengan protoplasma yang berubah menjadi protein yang disebut eleidin  Lapisan tampak jelas pada telapak tangan dan kaki 17 . 2.

Stratum Granulosum (lapisan keratohialin)  Merupakan 2 atau 3 lapis sel sel gepeng dengan sitoplasma berbutir kasar dan terdapat inti diantaranya  Stratum granulosum juga tampak jelas pada telapak tangan dan kaki. 18 . 3.

19 . Stratum Spinosum  Disebut juga prickle cell layer terdiri atas beberapa lapis sel yang berbentuk poligonal yang besarnya berbeda-beda karena adanya proses mitosis. 4.

20 . Stratum Basale  Lapisan ini merupakan lapisan epidermis yang paling bawah  Disini ditemukan sel-sel yang membelah diri dan membentuk sel kulit baru yang selanjutnya bergeser ke lapisan lebih atas sehingga suatu saat menjadi lapisan corneum. 5.  Terdapat Sel melanosit dan sel merkel ( reseptor mekanik) dengan sensitivitas raba yang tinggi.

Histologi lapisan epidermis 21 .

pars retikulare 22 . pars papilare 2. Lapisan Dermis  Lapisan dibawah epidermis yang jauh lebih tebal daripada epidermis  Secara garis besar dibagib menjadi 2 bagian : 1. II.

Lapisan Dermis Pars Pars papilare retikulare Bagian yang Bagian dibawahnya menonjol ke yang menonjol ke arah epidermis sub kutan Berisi ujung serabut Bagian ini terdiri atas saraf dan pembuluh serabut-serabut darah penunjang Misalnya serabut kolagen. elastin dan retikulin 23 .

24 .

 Deposisi lemak menyebabkan terbentuknya lekuk tubuh yang memberikan efek kosmetik. dan merupakan cadangan energi. Lapisan Subkutis  Subkutis yang terdiri atas jaringan lemak mampu mempertahankan suhu tubuh. juga menyediakan bantalan yang meredam trauma melalui permukaan kulit. 25 .

kuku 26 . ADNEKSA KULIT  Adneksa kulit terdiri atas kelenjar-kelenjar kulit. rambut.

27 .

juga terdapat bulu mata. dan Pada manusia dewasa selain terdapat pada orang dewasa rambut di kepala. tidak mengandung pigmen dan terdapat pada bayi Ada 2 macam tipe Rambut rambut Rambut terminal yaitu rambut yang lebih kasar dengan banyak pigmen. mempunyai medula. Bagian yang terbenam dalam kulit (akar rambut) Bagian yang berada diluar kulit (batang rambut) Lanugo yang merupakan rambut halus. rambut ketiak. rambut kemaluan. kumis. dan janggut Rambut halus di dahi dan badan lain disebut rambut velus 28 .

14% 29 .36% Komposisi rambut Sulfur Nitrogen 5.80% 6.0% 17.60% Oksigen Hidrogen 20. Karbon 50.

Adalah bagian terminal lapisan tanduk (stratum korneum) yang menebal Kuku tumbuh dari akar kuku keluar Kulit tipis yang menutupi kuku dengan kecepatan KUKU dibagian proksimal tumbuh kira-kira disebut eponikium 1mm per minggu Sedangkan kulit yang ditutupi bagian kuku bebas disebuthiponikium 30 .

Bagian kuku yang Bagian yang terbuka di terbenam dalam kulit atas dasar jaringan jari disebut akar kuku lunak kulitpada ujung (nail root) jari disebut badan kuku (nail plate) kuku Sisi kuku agak mencekung membentuk alur kuku (nail groove) 31 .

Lanugo yang merupakan rambut halus 2. Rambut terminal yaitu rambut yang lebih kasar dengan banyak pigmen. Bagian yang Bagian yang terbenam berada di luar dalam kulit Rambut kulit (batang (akar rambut) rambut)  Ada 2 macam tipe rambut : 1. mempunyai medula 32 .

Terima Kasih 33 .