You are on page 1of 10

10.

Penyusun Tulang
• Tulang merupakan bentuk khusus jaringan ikat yang terdiri dari sel,
serat, dan matriks ekstraselular.
• Sel tulang : osteosit, osteoblast, osteoklas
• Matriks : 25% air – 25% collagen fibers – 50% garam yang mengkristal
(kalsium fosfat)

Eroschenko, Victor P. 2010. Atlas Histologi DiFiore: dengan korelasi fungsional. Jakarta: EGC

21. sebagai antibody • Air : sebagai pelarut Almatsier. Fungsi zat gizi pada otot 1. Pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan (zat pembangun) : protein. Sumber energi (zat pembakar) : karbohidrat. Sunita. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. vitamin. . Mengatur proses tubuh (zat pengatur) • Mineral vitamin : mengatur proses oksidasi. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. protein. 2009. lemak 2. air 3. fungsi saraf dan otot. mineral.

32. 2011. Anatomi Klinis Berdasarkan Sistem. Macam-macam gerakan Gerakan Anatomi dibedakan menjadi beberapa jenis : Gliding movement (gerak geser) : Merupakan gerak yang sederhana dimana alat gerak bergeser satu terhadap lainnya Snell. Richard S. Jakarta: EGC .

Ekstensi adalah gerak untuk meluruskan. . terdiri atas : Fleksi dan Ekstensi : fleksi adalah gerak menekuk atau membengkokkan.Angular movement (gerakan sudut) : gerakan yang membentuk sudut dalam bidang sagittal.

. Eversi adalah gerakan memiringkan telapak kaki ke luar.Inversi dan Eversi : Inversi adalah gerak memiringkan telapak kaki ke dalam tubuh.

.Abduksi dan Adduksi : Abduksi adalah gerakan menjauhi tubuh. Adduksi adalah gerakan mendekati tubuh.

. Pronasi adalah gerakan menelungkupkan.Supinasi dan Pronasi : Supinasi adalah gerakan menengadahkan tangan.

Elevasi dan Depresi : Elevasi merupakan gerakan mengangkat. depresi adalah gerakan menurunkan. .

Rotation (gerak kisar) : Gerakan mengelilingi sumbu gerak yang dapat sejajar atau berimpit dengan sumbu panjang anggota yang digerakkan. .

Circumduction (gerak lingkar) : Gerakan membentuk kerucut khayalan dengan puncak kerucut pada sendi. . rusuknya dibentuk oleh sumbu panjang anggota yang digerakkan sedangkan alasnya oleh ujung distal anggota yang digerakkan.