You are on page 1of 14

PENGEMBANGAN WISATA BAHARI DAN

DESA TRADISONAL SUKU BAJO,KAB.
BOALEMO,PROVINSI GORONTALO

Oleh:
SMK Negeri 1 Boalemo,
Provinsi Gorontalo

selalin memiliki potensi ekonomi dan budaya.PENDAHULUAN  Salah satu model pengelolaan Pendidikan kejuruan untuk memperbaiki kualitas pendidikan dapat dilaksnakan dengan pendekatan pengelolaan pendidikan berbasis industri/Keuggulan wilayah  Kabupaten Boalemo adalah salah satu kabupaten yang berada di pesisir teluk tomini memeliki garis pantai terpanjang terpanjang.  Kawasan teluk tomini memiliki peran yang sangat strategis. Sehinga memungkinkan untuk pengembangan Wisata bahari “Ekowisata” . teluk tomini juga saat ini menjadi perhatian dunia Internasional. sebab teluk tomini merupakan bagian dari segitiga terumbu karang dunia.

Boalemo . . Provinsi Gorontalo diharapkan mampu untuk menjadi sekolah unulan yang dapat mengembangkan potensi wisata bahari di kabupaten Boalemo  SMK boalemo saat ini memiliki 6 kompetensi keahlian salah saah satunya adalah Kompetensi keahlian Pariwisata dengan program keahlian Akomodasi Perhotelan. SMKN 1 Boalemo yang merupakan salah satu sekolah yang dikembangkan oleh Pemerintah Kab.

sehingga seni budaya etnik suku tradisional bajo bisa dikembangkan menjadi keunggulan lokal dalam pengembnagan wisata bahari di Kabupaten Boalemo . Kabupaten Boalemo juga memiliki suku etnik bajo yang mendiami disepanjang garis pantai teluk tomini.

.

dalam rangka mengatasi kesenjangan kebutuhan tanaga guru.TUJUAN  Mewujudkan pembelajaran intrakurikuler. kokurikuler atau esktrakurikuler yang kontenktual dengan keunggulan wilayah yang menjadi potensi pegembagan wisata bahri di kabupaten boalemo  Meningkatkan kualitas pembelajaran di SMKN 1 Boalemo khususnya Kompetensi kejuruan Pariwisata yang sesuai tuntutan standar industri pariwisata  Membangun pola kemitraan dengan industri pada umumnya dan industri pariwisata pada khusunya. faslitas praktik dan katerserapan lulusan di dunia kerja  Menyelanggaran model pembelajaran yang di rancang bersama industri dalam hal ini industri pariwisata dan asosiasi Porhotelan di provinsi Gorontalo untuk pemenuhan kompetensi khusus lulusan SMKN 1 Boalemo yang di minta oleh industr  Memberdayakan SMKN 1 Boalemo untuk penigkatan peran serta dalam pertubuhan ekonomi di kawasan teluk tomini pada umumnya dan kabupaten Boalemo pada khususnya.  Menediakan wahana eksplorasi pembelajaran berwirausaha untuk pembekalan kerja mandiri .

PROGRAM  Penyusunan rencana program bersama antara SMKN 1 Boalemo dengan Industri/Institusi Mitra ( Asosiasi Porhotelan ProvinsiGorontalo}  Penysunana Analisa kebutuhan pembelajaran Kompetensi keahlian Pariwisata program keahlian Perhotelan  Penyusunan Perangkat pembelajaran. Asssemen dan Sertifikasi kompetensi  Pengadaan peralatan praktik utama/pendukung program keahlian Perhotelan  Pelaksanaan Joing program dengan industri perhotelan  Peningkatan kualitas tanaga pengajar melalui kegiatan magang di Industri .

000) 1 Boalemo dengan Industri/Institusi Mitra Penyusunan Analisa kebutuhan pembelajaran 15 % (Rp. RANCANGAN PENGGUNAAN DANA Program Alokasi Dana Penyusunan rencana program bersama antara SMKN 15 % (Rp/ 37.000) kegiatan magang di Industri Koordinasi 5% (Rp.000. 12. 62.500.000) Kompetensi keahlian Pariwisata program keahlian Perhotelan Penyusunan Perangkat pembelajaran.500.000) perhotelan Peningkatan kualitas tanaga pengajar melalui 25 % (Rp.000) Sertifikasi kompetensi Pengadaan peralatan praktik utama/pendukung 15 % ( Rp. 25.000) . 37.500.000) program keahlian Perhotelan Pelaksanaan Joing program dengan industri 15 % ( Rp. Asssemen dan 10 % ( Rp.000.000. 25.500. 25.

.

.

SUKU TRADISIONAL BAJO .

PULAU CINTA BOALEMO .

WISATA BAHARI .