You are on page 1of 18

Hipertensi

HERBAL MEDICINE

tekanan darah secara kronis (dalam jangka Hipertensi??? waktu lama) . Yaitu penderita yang mempunyai hipertensi tekanan darah adalah kondisi medis yang melebihi di mana terjadi 140/90 mmHg peningkatan saat istirahat.

.

 Sakit kepala  Sakit tengkuk  Sulit Tidur  Kelelahan  Mual  Muntah  Sesak nafas  Gelisah  Pandangan kabur Gejala Hipertensi .

Hiperplasia. Disebabkan oleh penyakit lain. Aneurisma. minum alkohol. Ensepalitis Obat – obatan : Kortikosteroid . Trombosi arterisklerosis pada orang tua serta s. makan berlebihan. 90. kolestrol. 10% kasus. Hipertensi Esensial (Primer) Hipertensi Sekunder Tidak diketahui penyebabnya . Saraf : Stroke. Tumor insulin yang tinggi Vascular : •Hilangnya Elastisitas jaringan dan Aterosklerosis. Emboli pelebaran pembuluh darah. DM. Nekrosis tubular •Obesitas : terkait dengan level akut. 5- 95% kasus. Faktor-faktor yang mempengaruhi: Faktor-faktor yang mempengaruhi: •Genetik : Respon nerologi terhadap Ginjal : Glomerulonefritis. merokok. Hipotiroidisme Etiologi Hipertensi stress. Hipertiroidisme. Vaskulitis •Kebiasaan hidup : Konsumsi garam Kelainan endokrin : yang tinggi. stress atau kelainan eksresi Pielonefritis.

penatalaksanaan farmakologi atau perubahan gaya hidup atau dengan obat  Penurunan beratDiuretik badan Golongan  penurunan asupan penghambat garam simpatetik  menghindari faktor Penyekat Beta (β- resiko (merokok. A. Vasodilator hiperlipidemia dan Penghambat ACE Tatalaksana Hipertensi stres) Antagonis kalsium . penatalaksanaan nonfarmakologi B. blocker) minum alkohol.

Khasiat: Secara empiris betacamphene. (asma). batuk. beta-eudesmol. nyeri dada akibat penyempitan pembuluh darah korner (angina . sariawan. diare. flavonoid nyeri haid. myrcene mengatasi rematik sendi. Daun Sembung  Tanaman asal: Blumea balsamifera (L. limonene. dan kamper). tanin. (quercetin). damar. bronkitis. influenza. landerol.)  Kandungan kimia: minyak atsiri 0. perut kembung. 1. sesak nafas saponin dan ksantoksilin. demam. perut mulas.5% (sineol. borneol.

Querceti fosforilasi eNOS n Tekanan Vasodila darah tasi turun Daun Sembung sebagai Antihipertensi .

Mekanisme obat dengan melepaskan nitrogen oksida (NO) akan mengaktifkan guanilat siklase dengan hasil akhir defosforilasi berbagai protein termasuk protein kontraktil dalam sel otot polos. Mekanisme Vasodilator . berakibat penurunan resistensi pembuluh darah. Sehingga obat ini bisa merelaksasi secara langsung otot polos arteriol atau vena.

 Kingdom : Plantae  Divisi : Spermatophyta  Kelas : Dicotyledone  Famili : Rubiaceae  Genus : Morinda  Spesies : Morinda citrifolia 2. mengkudu .

Buah mengkudu mengandung senyawa terpenoid. acubin. xeronine.  Senyawa terpenoid adalah senyawa hidrokarbon isometrik yang juga terdapat pada lemak/minyak esensial. Scopoletin adalah senyawa fitonutrien yang berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah yang menyempit sehingga zat ini mampu untuk menurunkan tekanan darah pada penderita Kandungan & khasiat hipertensi. .  Zat terpenoid membantu tubuh dalam proses sintesis organik dan pemulihan sel-sel tubuh. proxeronine. alizarin. Sedangkan mengkudu xeronine adalah senyawa yang berfungsi sebagai diuretik. yaitu sejenis lemak yang sangat penting bagi tubuh. scopoletin. antrakuinon. xerotin.

besi (fe). coli. Sari buah mengkudu sudah sejak dulu terkenal sebagai penyembuhan luka. .  Mengkudu juga mengandung anthraquinon yang bersifat antiseptik dan antibakteri yang sensitif terhadap E. Sari buah mengkudu mengandung berbagai senyawa penting yang sangat berguna dalam pengobatan dan nutrisi seperti vitamin A. kalsium. niamcin. asam kaproat. Antioksidan bermanfaat untuk menetralisir radikal bebas yang dapat merusak materi genetik dan merusak kekebalan tubuh. karbohidrat. riboflavin. dan lemak. vitamin C. dan asam kaprilik yang dapat menghasilkan bau busuk. Vitamin C merupakan salah satu antioksidan yang hebat. Salmonella. thiamin. natrium. protein.  Buah mengkudu juga mengandung senyawa metabolit sekunder yang bermanfaat obat dan terdapat sejumlah asam seperti asam askorbat. dan Staphylococcus aureus. Asam askorbat yang terdapat dalam buah mengkudu adalah sumber vitamin C yang luar biasa. kalium.

Kadar air berlebih dan kandungan asam menyebabkan hidrolisis skopoletin membentuk 6 – metoksi asam p- kumarat.  Skopoletin adalah golongan senyawa ester siklik atau lakton. Senyawa ester akan mengalami hidrolisis pada kondisi air berlebih dalam suasana asam. Enzim esterase dan cahaya matahari selama proses pematangan buah menyebabkan penguraian senyawa fenolik seperti skopoletin sehingga menurunkan kadarnya dalam buah. yaitu scopoletin yang berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah yang menyempit. Buah Mengkudu mengandung sejenis fitonutrien. Mekanisme kerja . sehingga jantung tidak terlalu keras memompa darah dan tekanan darah menjadi normal.

Otot polos pembuluh darah diatur oleh sistem saraf simpatis melalui pengeluaran neurotransmiter noradrenalin di ujung saraf simpatis pada dinding pembuluh darah. Scopoletin bekerja dengan cara menurunkan tahanan atau resistensi perifer.  Hipertensi esensial ditandai adanya peningkatan resistensi perifer dengan curah jantung normal.  Besarnya tahan perifer sangat bergantung pada kontraktilitas otot polos pembuluh darah. . Sebagian besar penderita hipertensi adalah hipertensi esensial. karena pada endotel disintesis dan disekresi berbagai bahan vasokonstriktor dan vasodilator.  Kontraktilitas otot polos pembuluh darah juga dipengaruhi oleh fungsi endotel pembuluh darah.

Mekanisme kerja xeronine dalam menurunkan tekanan darah adalah dengan mengurangi volume darah dan mengeluarkan simpanan natrium dari dalam tubuh sehingga tekanan darah akan turun.(10) Buah mengkudu juga dapat membantu tubuh untuk mem- produksi nitrik oksida (NO) melalui kandungan asam amino arginin yang dimilikinya.  Buah Mengkudu juga mengandung zat aktif xeronine yang berfungsi sebagai diuretik atau meningkatkan produksi air kencing. Kandungan bahan aktif scopeletin dalam mengkudu memiliki fungsi untuk menormalkan tekanan darah dengan adanya efek spasmolitik. Efek spasmolitik ditandai dengan terjadi pelebaran pembuluh darah (vasodilatasi) akibat relaksasi otot polos. efek tersebut serupa dengan cara kerja obat antihipertensi. NO adalah suatu vasodilator yang diperlukan untuk menurunkan tekanan darah seseorang. .

Hasil awal menunjukkan bahwa jus buah mengkudu mampu menurunkan terkanan darah tinggi dengan menghambat enzim ACE. Kelompok kontrol sebanyak 5 subyek mengkonsumsi plasebo dan kelompok perlakuan sebanyak 5 subyek mengkonsumsi 2 ons jus buah mengkudu 2 kali sehari selama 1 bulan. ACE sebanyak 15% dan jus buah mengkudu dengan konsentrasi 10% dapat menghambat ACE sebesar 20%. Pada penelitian ini mengunakan 2 kelompok uji terdiri dari 10 subjek yang di diagnosa medis dengan tekanan darah tinggi. .Pada penelitian secara invivo dinyatakan bahwa jus buah mengkudu dalam konsentrasi 5% menghambat Angiotensin Converting Enzim (nama generik captopril). Kelompok perlakuan ini memiliki rata- rata tekanan darah pre test 150/100 mmHg dan tekanan darah post test 130/80 mmHg.

He comes into your pharmacy and inquires about stevia. He asks if there is anything else he can do about his blood pressure. He also takes saw palmetto for benign prostatic hypertrophy (BPH). captopril.but his blood pressure is regularly in the 150s/90s. and doxasozin. How should you counsel? CASE STUDY (HERBAL MEDICINE) . he currently takes nifedipin. (Hypertension) JR is a 55-year-old man who has a 5-year history of refractory hypertension.