You are on page 1of 15

KESELAMATAN KESEHATAN KERJA

DAN LINGKUNGAN HIDUP
(K3LH)

DESSI MAEMUNAWATI, S.farm., Apt.

Prinsip-prinsip K3 5. P3K Pada Kecelakaan Kerja . Alat Pelindung K3 4. Bahaya Api dan Kebakaran 3. SILABUS K3LH Semester Ganjil/I : 1. Dasar-dasar Keselamatan dan Kesehatan Kerja 2.

Pelayanan Kesehatan 2. KIA dan KB .Semester Genap / II : 1. Pencegahan dan Penularan Penyakit 3. Usaha Kesehatan Sekolah 4.

peledakan dan pencemaran lingkungan. dan masyarakat pada umumnya terhadap hasil karya dan budaya menuju masyarkat adil dan makmur . Secara filosofis suatu upaya yang dilakukan untuk memastikan keutuhan dan kesempurnaan jasmani dan rohani tenaga kerja pada khususnya. DEFINISI 1. penyakit akibat kerja. kebakaran. Secara Keilmuan Kesehatan dan Keselamatan Kerja adalah semua ilmu dan penerapannya untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja. 2.

UU No. PER- 5/MEN/1996 . Peraturan Menteri Tenaga Kerja RI No. UU No. UU No.1 tahun 1970 2.21 tahun 2003 3. DASAR HUKUM 1.13 tahun 2003 4.

Adanya tempat kerja yang aman sesuai standar SSLK (syarat- syarat lingkungan kerja) antara lain tempat kerja steril dari debu. tempat kerja aman dari arus listrik. 4. Adanya kesadaran dalam menjaga keselamatan dan kesehatan kerja. ventilasi dan sirkulasi udara seimbang. 6. kebisingan.kotoran. asap rokok. Adanya penunjang kesehatan jasmani dan rohani ditempat kerja. Adanya APD (Alat Pelindung Diri) di tempat kerja. Adanya peraturan pembagian tugas dan tanggung jawab. getaran mesin dan peralatan. 3. Adanya buku petunjuk penggunaan alat dan atau isyarat bahaya. PRINSIP 1. adanya aturan kerja atau aturan keprilakuan. . lampu penerangan cukup memadai. 7. Adanya sarana dan prasarana yang lengkap ditempat kerja. uap gas. radiasi. 2. 5.

• Sumber produksi dipelihara dan dipergunakan secara aman dan efisien. . tujuan dari K3 adalah mencegah terjadinya kecelakaan dan sakit dikarenakan pekerjaan. tujuan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) adalah sebagai berikut: • Melindungi tenaga kerja atas hak dan keselamatannya dalam melakukan pekerjaannya untuk kesejahteraan hidup dan meningkatkan kinerja. TUJUAN 1. • Menjamin keselamatan orang lain yang berada di tempat kerja. 1 Tahun 1970 Tentang Keselamatan Kerja. K3 juga berfungsi untuk melindungi semua sumber produksi agar dapat digunakan secara efektif. Menurut Suma’mur (1992). Menurut UU No. 2. Selain itu.

• Agar terhindar dari gangguan kesehatan yang disebabkan oleh lingkungan atas kondisi kerja. • Agar adanya jaminan atas pemeliharaan dan peningkatan kesehatan gizi pegawai. tujuan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) adalah: • Agar setiap pegawai mendapat jaminan keselamatan dan kesehatan kerja baik secara fisik. . • Agar setiap perlengkapan dan peralatan kerja digunakan sebaik- baiknya selektif mungkin. keserasian kerja. • Agar setiap pegawai merasa aman dan terlindungi dalam bekerja.3. dan partisipasi kerja. • Agar semua hasil produksi di pelihara keamanannya. menurut Mangkunegara (2004). sosial. • Agar meningkatnya kegairahan. dan psikologis.

3. 2. Untuk memastikan sumber produksi terpelihara dengan baik dan dapat digunakan secara aman dan efisien. . Untuk menjaga dan memastikan keselamatan dan kesehatan semua orang yang berada di lingkungan kerja. FUNGSI 1. Untuk melindungi dan memelihara kesehatan dan keselamatan tenaga kerja sehingga kinerjanya dapat meningkat.

ventilasi. Ruang Lingkup K3 1. penerangan. Misalnya. Lingkungan Kerja Ini adalah lokasi dimana para pekerja melakukan aktifitas bekerja. tentunya kelengkapan dan kondisi alat kerja dan bahan harus diperhatikan. 3. serta keselamatan dan kesehatan kerja terjaga dengan baik. . 2. Alat Kerja dan Bahan Ini adalah semua alat kerja dan bahan yang dibutuhkan suatu perusahaan untuk memproduksi barang/ jasa. situasi) untuk meminimalisir potensi terjadinya kecelakaan atau penyakit. pengetahuan tentang cara mengoperasikan mesin dan juga alat pelindung diri yang sesuai standar. Kondisi lingkungan kerja harus memadai (suhu. Metode Kerja Ini merupakan standar cara kerja yang harus dilakukan oleh pekerja agar tujuan pekerjaan tersebut tercapai secara efektif dan efisien. Alat-alat kerja dan bahan merupakan penentu dalam proses produksi.

Lingkungan kerja Lingkungan kerja yang berupa faktor fisik. Kapasitas kerja Kapasitas kerja yang banyak tergantung pada pendidikan. keadaan gizi dan sebagainya. 2. kesegaran jasmani. biologik. ukuran tubuh. mental dan sosial.FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) 1. Beban kerja Beban kerja berupa beban fisik. kimia. sehingga upaya penempatan pekerja yang sesuai dengan kemampuannya perlu diperhatikan. maupun psikososial. . keterampilan. 3. ergonomik.

. HAMBATAN 1. Hambatan dari sisi pekerja/ masyarakat • Tuntutan pekerja masih pada kebutuhan dasar • Banyak pekerja tidak menuntut jaminan k3 karena SDM yang masih rendah 2. Hambatan dari sisi perusahaan Perusahaan yang biasanya lebih menekankan biaya produksi atau operasional dan meningkatkan efisiensi pekerja untuk menghasilkan keuntungan yang sebesar-besarnya.

Contoh bahaya K3 jenis kimia: • Gas bahan kimia yang beracun • Uap bahan kimia • Abu sisa pembakaran bahan kimia . Kimia Jenis bahaya kimia berasal dari berbagai bahan kimia yang berpotensi merusak kesehatan jika terhirup atau terjadi kontak. JENIS BAHAYA 1.

Bahaya Jenis Pekerjaan Bahaya ini berasal dari jenis pekerjaan/ proyek yang berpotensi merusak kesehatan dan mengancam keselamatan jiwa pekerja. . Contoh bahaya K3 jenis ini: • Penerangan di lokasi kerja sangat minim yang berpotensi mengakibatkan kerusakan penglihatan.2. • Kondisi udara yang tidak wajar 3. Fisika Bahaya ini berasal dari berbagai hal yang berhubungan dengan fisika dan berpotensi merusak kesehatan dan keselamatan jika terjadi kontak. • Pekerjaan pengangkutan barang/ material menggunakan manusia yang kurang hati-hati dan mengakibatkan luka/ cedera. • Suara terlalu bising yang dapat membuat pendengaran rusak. • Peralatan dan pengamanan yang kurang lengkap yang dapat mengakibatkan pekerja terluka/ cedera. Contoh bahaya K3 jenis fisika: • Temperatur ekstrim (terlalu dingin atau terlalu panas).

TUGAS KELOMPOK CARILAH STANDAR K3 PADA : 1. APOTEK 4. LABORATORIUM 3. RUMAH SAKIT 5. INDUSTRI FARMASI . SECARA UMUM 2.