You are on page 1of 18

CLINICAL SCIENCE SESSION Barium Meal

SMF ILMU KESEHATAN RADIOLOGI
DWI RADI SALIM 12100115141
RSUD AL-IHSAN BANDUNG Preseptor:
Hidayat Wahyu Aji, dr., Sp.Rad
2016

dianjurkan untuk bayi. .Definisi Merupakan media kontras untuk melihat stomach Disebut juga dengan upper gastrointestinal Single atau double contrast Barrium sulfat : bubuk inert yang dibentuk ulang menjadi suatu suspensi dengan air Media kontras larut air non-ionik : perforasi usus dan obstruksi esofagus.

Pemeriksaan dilakukan di bawah fluoroskopi.Prosedur Pasien dipuasakan semalam dan dilarang merokok sebelum pemeriksaan Kontras ganda didapatkan dengan cara : memasukan gas ke dalam lambung dengan menggunakan bubuk effervescent. kemudian beberapa film diambil pada berbagai proyeksi lambung yang terisi gas dan barium Sambungan gastroesofageal diobservasi : mengetahui apakah terdapat refluks. . Pemberian Glukagon atau Bucospan IV : menekan motilitas dan memperbaiki kualitas film.

selanjutnya penderita diberi minum barium sulfate 200-300 ml dan meminta untuk menahan didalam rongga mulut. .LOA dengan cara miring 35-40 Posisi penderita berdiri atau berbaring.kmdian ditelan sampai habis dan diambil foto oblik kanan.Teknik radiografi dibuat dalam posisi AP ROA dengan cara miring 35-40 . kiri dan lateral.

Setiap kali pemotretan maka kaset dikirim ke kamar gelap dan diberi label identitas. Gambaran : Radio-opaque dan kalsifikasi .

stomach Indikasi dan inflamsi esophagus. • Suspek gastric perforasi Kontraindikasi • Suspek obstruksi intestinal • Aspirasi barium ke dalam paru . • Untuk mendiagnosis konstriksi. duodenal ulcer. herniasi obstuksi atau massa esophagus .gastric ulcer.

Barium meal normal .

.

.

.

yaitu sebagai pemeriksaan yang terus dilanjutkan setelah pemeriksaan lambung. .Teknik Radiografi Pemeriksaan Usus Halus (Follow Through) Pemeriksaan usus halus dikenal dengan follow through.

Untuk mendapatkan gambaran usus halus mulai dari duodenojenunal sampai katup ileosekal Foto polos harus selalu di lakukan untuk menyingkirkan osbtruksi usus Koktail mengandung 500 ml suspensi barium yang diencerkan dgn 50 ml medium kontras larut air( kontras natrium diazitriote): diminum oleh pasien Baringkan pasien posisi lateral kanan dan ambil foto pada 30. 60 dan 90 menit sesudah minum kontras. Visualisasi : kv tinggi 100-120 kvp .

berikan Pasien garam inggris. Ini bertujuan untuk membersihkan usus sehingga usus kosong.Pasien hendaknya makan makanan yang rendah serat serat dan rendah lemak. Minum sebanyak-banyaknya. Pemberian Pencahar. Pasien diwajibkan puasa 2 hari sebelum pemeriksaan. Beritahu juga pasien untuk tidak merokok dan banyak bicara .Persiapan Pasien Mengubah pola makan penderita .

Posisi Obyek • Tidak ada rotasi pada pelvis. • Tangan letakkan di samping tubuh. Central • Lumbal ke-2 untuk pengambilan menit ke 30 Krista Illiaka untuk pengambilan foto terakhir Point : Central Ray : • Vertikal/Tegak lurus terhadap kaset .Posisi pasien • Supine atau Prone • Atur pasien agar MSP berada di pertengahan grid.

Eksposi dilakukan pada saat pasien ekspirasi .

Pada saat pengambilan foto dilakukan 3 kali pengambilan yaitu : Pada menit ke-15 setelah minum Barium Pada menit ke-30 setelah minum Barium Pada menit ke-60 setelah minum Barium .

Pemeriksaan usus halus seluruhnya (small bowel through) .

Hatur Nuhun  .