You are on page 1of 57

Pengembangan

Kompetensi Berkelanjutan
(PKB)
Yayat Ruhiat

 Pendidikan
S1 Pendidikan Fisika
S2 Fisika Murni (Teori)
S3 Fisika Klimatologi
 Status Kepegawaian
PNS Gol IVb
Home Base: Jurusan Fisika FKIP Untirta
Mata Kuliah: S1 Fisika Matematika
S2 Statistik Terapan
 Tim Penilai Pusat

PENGERTIAN PKB
PKB merupakan pembaruan secara sadar akan
pengetahuan dan peningkatan kompetensi guru
sepanjang kehidupan kerjanya

PKB dilakukan terus menerus

PKB berkaitan dengan pengembangan diri dalam
rangka peningkatan kinerja dan karir guru

TUJUAN UMUM PKB
PKB bagi guru memiliki tujuan umum untuk
meningkatkan kualitas layanan pendidikan
di sekolah/madrasah dalam rangka
meningkatkan mutu pendidikan.

TUJUAN KHUSUS PKB
1. Memfasilitasi guru untuk terus memutakhirkan
kompetensi yang menjadi tuntutan ke depan
berkaitan dengan profesinya.
2. Memotivasi guru agar memiliki komitmen
melaksanakan tugas pokok dan fungsinya
sebagai tenaga profesional.
3. Mengangkat citra, harkat, martabat profesi
guru, rasa hormat dan bangga kepada
penyandang profesi guru.

keterbatasan dana dan fasilitas.Yang Dipertimbangkan dalam Pelaksanaan PKB  Analisis kebutuhan guru dilakukan di sekolah oleh guru. sekolah. atau pihak lain.  Pembina guru harus menggali sebanyak- banyaknya informasi kebutuhan PKB.  Kegiatan PKB melibatkan guru secara aktif  Mengingat jumlah guru. .  Kegiatan dilaksanakan oleh guru. KKG/MGMP. keadaan geografis. sedapat mungkin PKB diadakan di sekitar sekolah. LPMP.

 Dampak pada lingkungan Tidak semua kebutuhan dapat dipenuhi di sekolah – terutama pengembangan penguasaan materi (PKB di luar Sekolah).  Keterbatasan dana P4TK. dll. .Di Mana PKB Dilakukan? PKB di sekolah/antar Sekolah (di KKG/MGMP/MGBK):  Relevan dengan aktivitas guru  Meningkatkan kemandirian guru dan sekolah  Mengurangi dampak negatif (guru sering meninggalkan sekolah) Peran LPTK.

. buku pengayaan. soal dan sejenisnya . dan pedoman guru 3 Karya Inovatif a) Menemukan teknologi tepat guna b) Menemukan/menciptakan karya seni c) Membuat/memodifikasi alat pelajaran/peraga/praktikum d) Mengikuti pengembangan penyusunan standar . pedoman.MACAM DAN JENIS KEGIATAN PKB Macam PKB Jenis Kegiatan 1 Pengembangan Diri a) Diklat fungsional b) Kegiatan kolektif guru 2 Publikasi Ilmiah a) Presentasi pada forum ilmiah b) Publikasi ilmiah atas hasil penelitian atau gagasan ilmu di bidang pendidikan formal c) Publikasi buku pelajaran.

Tahapan Pelaksanaan PKB S I LE K F PE R E RE NC PENGEMBANGAN AN AA K N E A N T PKB P I U R S J O A N AL U F A E E L S K I EV A R N E B IMPL EME N T AS I .

Permenneg PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009) PKB KARYA INOVATIF PENGEM- BANGAN DIRI PUBLIKASI ILMIAH . KOMPONEN PKB (Pasal 11 ayat c.

soal dan sejenisnya . MACAM DAN JENIS KEGIATAN PKB Macam PKB Jenis Kegiatan 1 Pengembangan Diri a) Diklat fungsional b) Kegiatan kolektif guru 2 Publikasi Ilmiah a) Presentasi pada forum ilmiah b) Publikasi ilmiah atas hasil penelitian atau gagasan ilmu di bidang pendidikan formal c) Publikasi buku pelajaran. dan pedoman guru 3 Karya Inovatif a) Menemukan teknologi tepat guna b) Menemukan/menciptakan karya seni c) Membuat/memodifikasi alat pelajaran/ peraga/praktikum d) Mengikuti pengembangan penyusunan standar pedoman. buku pengayaan.

Format-1 Guru Guru menerima rencana final Guru menyetujui menjalankan kegiatan PKB. TAHAP PELAKSANAAN PKB Guru Koordinator PKB mengevaluasi Guru melalui dan Guru diri menjelang proses Penilaian membuat akhir tahun Kinerja perencanan PKB ajaran. kegiatan kredit dari PKB Format-3 PKB kegiatan PKB . rencana kegiatan program PKB Format-2 PKB. Format-2 sepanjang tahun Koordinator PKB Guru menerima Guru melakukan melaksanakan perkiraan angka refleksi kegiatan monev.

dengan mekanisme khusus yang berbeda dengan PKB reguler yang formal mencakup tahapan . l pelaksanaan PKBnya diorientasikan untuk mencapai standar tersebut.Guru dengan nilai PK Guru di bawah Informa standar untuk kompetensi profesi.

• Guru kemudian diberikan kesempatan selama 4 – 6 minggu sebelum pelaksanaan observasi Informal ulang ke-satu untuk meningkatkan kompetensi- nya secara individu melalui belajar mandiri atau bersama kelompok. guru yang bersangkutan bersama koordinator PKB atau Kepala sekolah. • Jika guru tidak/belum menunjukkan peningkatan kompetensi pada penilaian/pelaksanaan pengamatan kemajuan ke-satu setelah mengikuti tahap informal. . menganalisis hasil penilaian kinerjanya dan menetapkan solusi untuk mengatasinya. koordinator PKB dapat Formal menentukan proses peningkatan selanjutnya yang harus dilakukan oleh guru yang dinilai. • Semua hal yang dilakukan guru selama tahap ini harus sesuai dengan recana kegiatan guru yang telah diketahui oleh koordinator PKB. • Pada tahap ini.

Pengembangan sekolah secara menyeluruh (WSD= whole school development) EPAKARAN LU AR LAINN YA Jaringan lintas Contoh: JARINGAN sekolah (seperti SEKOLAH KKG/MGMP. Contoh: Program Induksi. . KKPS. dan PKB Provider lainnya. berbagi pengalaman. observasi pembelajaran. atau jaringan SEKOLAH virtual. KKM. Asosiasi Profesi. kemitraan pembelajaran. LPTK. LPMP. pembinaan. mentoring. KKKS/MKKS. Contoh: PPPP-TK. DALAM MKPS.

IVE IIIA . IVD .IIID GOL. GOL. UNSUR UNSUR UTAMA PENUNJANG (Minimum 90%) (Maximum 10%) PENGEMBANGAN KARYA ILMIAH PENILAIAN Ijazah tidak DIRI dan/atau KINERJA sesuai. IVA .IIIB KHUSUS: IIIA ke IIIB dipersyaratkan Pengembangan Diri dan tidak perlu Karya Ilmiah/Karya Innovatif. INOVATIF dsb PKB ANGKA KREDIT YANG DIPERLUKAN UNTUK PENGEMBANGAN KARIR GURU GURU MUDA GURU MADYA GURU UTAMA PERTAMA GOL. GOL. Karya Ilmiah dimulai dari IIIB Sedangkan untuk kenaikan Pangkat/Jabatan dari IVC ke IVD diharuskan Presentasi Ilmiah .IVC. IIIC . tanda jasa.

Pengetahuan. 4. Pengetahuan. Pengetahuan. . 3. 2. 5. dan kompetensi khusus yang diminati oleh guru. keterampilan. materi yang dibutuhkan berdasarkan Laporan Evaluasi Diri Sekolah dan/atau Rencana Tahunan Pengembangan Sekolah. Kompetensi yang diidentifikasikan oleh guru perlu ditingkatkan. misalnya sebagai kepala sekolah. dan kompetensi yang diperlukan oleh guru untuk pengembangan karir. keterampilan. Kompetensi yang diidentifikasikan di bawah standar berdasarkan penilaian formatif. PRIORITAS KEGIATAN PKB 1. keterampilan. 6. Pengetahuan. dan kompetensi yang diperlukan oleh guru untuk melaksanakan tugas-tugas baru. keterampilan.

.MACAM DAN JENIS KEGIATAN PKB Macam PKB Jenis Kegiatan 1 Pengembangan a) Diklat fungsional Diri (PD) b) Kegiatan kolektif guru 2 Publikasi Ilmiah a) Presentasi pada forum ilmiah (PI) b) Publikasi ilmiah atas hasil penelitian atau gagasan ilmu di bidang pendidikan formal c) Publikasi buku pelajaran. dan pedoman guru 3 Karya Inovatif a) Menemukan teknologi tepat guna (KI) b) Menemukan/menciptakan karya seni c) Membuat/memodifikasi alat pelajaran/peraga/praktikum d) Mengikuti pengembangan penyusunan standar . soal dan sejenisnya . pedoman. buku pengayaan.

Ilmiah/ Keterangan ngan diri karya inov.K. minimal dari subunsur Dari Pangkat ke Pangkat Pengemba Pub. Guru Pertama Guru Pertama 3 -. -- golongan IIIa golongan IIIb Guru Pertama Guru Muda 3 4 Bebas jenis karya PI& KI golongan IIIb golongan IIIc Guru Muda Guru Muda 3 6 sda golongan IIIc golongan IIId Guru Muda Guru Madya 4 8 Wajib 1 penlit (maks golongan IIId golongan IVa 2/thn) Guru Madya Guru Madya 4 12 Wajib 1 penlit (maks golongan IVa golongan IVb 2/thn) + 1 jurnal ISSN Guru Madya Guru Madya 4 12 sda golongan IVb golongan IVc Guru Madya Guru Utama (* 5 14 Wajib 1 penlit (maks golongan IVc golongan IVd 2/thn) + 1 jurnal ISSN + 1 buku ISBN/BSNP Guru Utama Guru Utama 5 20 sda golongan IVd golongan IVe 19 . Jml A.

2. disesuaikan dengan jumlah guru dan lokasi guru yang akan melaksanakan presentasi. 3. yang bersangkutan diwajibkan melakukan presentasi ilmiah.KETERANGAN: 1. . akademisi dan pejabat setempat. Penyelenggaraan kegiatan presentasi dilakukan oleh LPMP setempat. Waktu dan tempat pelaksanaan presentasi akan ditetapkan oleh tim penilai. di samping harus memiliki 5 (lima) angka kredit dari subunsur pengembangan diri dan 14 (empat belas) angka kredit dari subunsur publikasi ilmiah dan/atau karya inovatif. Presentasi ilmiah dilakukan secara lisan dan terbuka dihadapan Tim Penilai Tingkat Pusat. Guru yang akan naik jabatan dari Guru Madya golongan ruang IV/c ke Guru Utama golongan ruang IV/d.

. dan g) tindak lanjut yang telah dilakukan dari hasil pengembangan diri. Makalah tersebut harus menjelaskan tentang: 1) Uraian rinci dari setiap macam kegiatan pengembangan diri yang telah dilakukan. meliputi: a) nama kegiatan pengembangan diri. Guru yang akan melakukan presentasi diwajibkan membuat makalah yang menjelaskan secara ringkas dan lengkap semua kegiatan PKB yang telah dilakukan. d) berapa lama kegiatan dilaksanakan. f) hasil yang diperoleh guru yang bersangkutan. b) waktu dan tempat kegiatan. e) nama penyelenggara kegiatan. c) tujuan kegiatan.4.

merupakan bagian persyaratan wajib untuk kenaikan jabatan dari Guru Madya golongan ruang IV/c ke Guru Utama golongan ruang IV/d. Hasil presentasi yang ditetapkan oleh tim penilai. Di samping makalah di atas. 4. 2) Uraian rinci dari setiap macam publikasi an/atau karya inovatif yang telah dilakukan. guru yang bersangkutan wajib menyiapkan tayangan (misalnya dalam bentuk ”power point”) yang akan disajikan pada presentasi dengan durasi sekitar 30 menit dilanjutkan dengan adanya diskusi terkait dengan materi paparan. . 5. meliputi: a) macam publikasi dan/atau karya inovasi. dan b) abstrak atau ringkasan penjelasan hasil publikasi dan/atau karya inovatif.

diberikan angka kredit sebagai berikut. Jumlah Guru Pembagian Angka Kredit yang Melakukan Penulis Penulis Penulis Penulis Kegiatan Utama Pembantu I Pembantu II Pembantu III 2 Orang 60% 40% 3 orang 50% 25% 25% 4 orang 40% 20% 20% 20% .Besaran nilai angka kredit untuk kegiatan publikasi ilmiah dan/atau karya inovatif yang dilakukan secara bersama oleh beberapa guru.

Jml A. -- golongan IIIa golongan IIIb Guru Pertama Guru Muda 4 Bebas pada jenis golongan IIIb golongan IIIc karya publikasi ilmiah & karya inovatif Guru Muda Guru Muda 6 Bebas pada jenis karya golongan IIIc golongan IIId publikasi ilmiah& karya inovatif Guru Muda Guru Madya 8 Minimal terdapat 1(satu) golongan IIId golongan IVa laporan hasil penelitian Guru Madya Guru Madya 12 Minimal terdapat 1(satu) golongan IVa golongan IVb lapor-an hasil penelitian dan 1 (satu) Artikel yang dimuat di jurnal yang ber- ISSN Guru Madya Guru Madya 12 Sda golongan IVb golongan IVc .K. Macam Publikasi Dari Pangkat ke Pangkat Publiikasi Ilmiah/Karya ilmiah/Karya Inovatif yang Wajib Inovasi Ada Guru Pertama Guru Pertama .

Macam Publikasi Dari Pangkat ke Pangkat Publiikasi Ilmiah/Karya ilmiah/Karya Inovatif yang Wajib Inovasi Ada Guru Madya Guru Utama (* 14 Minimal terdapat golongan IVc golongan IVd 1(satu) lapor-an hasil penelitian dan 1 (satu) Artikel yang dimuat di jurnal yang ber. Jml A.K.ISSN dan 1 (satu) buku pelajaran atau buku pendidikan yang ber-ISBN Guru Utama Guru Utama 20 Sda golongan IVd golongan IVe .

MACAM DAN JENIS KEGIATAN PKB .

Diklat Fungsional : kegiatan guru dalam mengikuti pendidikan atau pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan keprofesian guru yang bersangkutan dalam kurun waktu tertentu . Kegiatan pengembangan diri meliputi: 1. PENGEMBANGAN PENILAIAN DIRI PENGEMBANGAN DIRI Pengembangan Diri adalah : upaya guru utuk meningkatkan profesionalisme diri agar memiliki kompetensi sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dan perkembangan pengetahuan. A. dan/ atau seni. teknologi.

dan kegaiatan ilmiah lainnya baik sebagai pembahas maupun peserta. Keikutsertaan dalam kegiatan ilmiah seperti seminar. c. Kegiatan Kolektif ini dapat berupa: a.KKKS/MKKS dan asosiasi profesi guru) dan bertujuan untuk meningkatkan keprofesian guru yang bersangkutan. Kegiatan kolektif lain yang sesuai dengan tugas dan kewajiban guru . diskusi panel. Lokakarya atau kegiatan bersama seperti IHT/KKG/MGMP. Kegiatan Kolektif Guru adalah kegiatan guru dalam mengikuti kegiatan pertemuan ilmiah atau mengikuti kegiatan pertemuan ilmiah atau mengikuti kegiatan bersama yang dilakukan guru baik di sekolah (seperti IHT/KKG/MGMP. KKKS/MKKS dan asosiasi profesi guru dalam menusun perangkat kurikulum dan/atau pembelajaran b. 2.

Contoh Pengembang Diri: 1.Peningkatan kompetensi lain yang terkait dengan pelaksanaan tugas- tugas tambahan atau tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah . Pelaksanaan penilaian proses dan hasil pembelajaran peserta didik 5. evaluasi. perencanaan pendidikan. Pengembangan dan pemanfaatan teknologi informatika dan komputer (TIK) dalam pembelajaran 6. Penulisan publikasi ilmiah 9. Peningkatan kompetensi profesional dalam menghadapi tuntutan teori terkini 8. Penyusunan kurikulum dan bahan ajar 3. Pengembangan karya inovatif 10. Penyusunan RPP. Pengembangan metode mengajar 4.Peningkatan kemampuan untuk mempresentasi hasil karya 11. 2. dan sebagainya. Inovasi proses pembelajaran 7. program kerja.

sedangkan Kepala Sekolah Oleh Kepala Dinas Pendidikan sebagai atasan langsung 2. Laporan pelaksanaan kegiatan . Surat tugas melakukan kegiatan PD dari Kepala Sekolah atau atasan langsung. Fotocopi sertifikat Kelulusan mengkuti kegiatan pengembangan diri yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah dan atasan langsung 3. bagi guru disahkan oleh Kepala Sekolah.BUKTI FISIK PENGEMBANGAN DIRI: 1.

d 640 jam 21 6 d. Lamanya antara 30 s.d 480 jam 22 3 e. Lamanya antara 481 s. Lamanya antara 641 s.d 80 jam 24 1 .d 180 jam 23 2 f.d 960 jam 20 9 c. Lamanya antara 81 s. Lamnya antara 181 s.1 Diklat Fungsional a.Besaran Angka Kredit Kegiatan Pengembangan Diri NO KEGIATAN KODE AK 1. Lamanya lebih dari 960 jam 19 15 b.

Lokakarya atau kegiatan bersama ( seperti kelompok kerja guru) 25 0. loqium dan diskusi panel) 1. Keikut sertaan pada kegiatan ilmiah (seminar.1 c. Kegiatan kolektif lain yang sesuai dengan tugas dan kewajiban guru 28 0.15 untuk penyusunan perangkat kurikulum dan atau pembelajaran b. Menjadi peserta pada kegiatan ilmiah 27 0.2 2.NO KEGIATAN KODE AK 1. Menjadi pembahasa pada kegiatan ilmiah 26 0.1 .2 Kegiatan Kolektif a.

gagasan ulasan atau tujuan ilmiah. 2. Publikasi hasil penelitian atau gagasan inovatif pada bidang pendidikan formal: a. antara lain dapat berupaka laporan PTK . Laporan hasil penelitian: Laporan hasil penelitian PUBLIKASI ilmiah berisikan laporan hasil penelitian yang dilakukan guru pada bidang pendiidkan yang telah dilaksanakan guru di sekolah/madrasah dan sesuai dengan tupoksi. PUBLIKASI ILMIAH Publikasi ilmiah pada Kegiatan PKB terdiri dari tiga kelompok : 1. Presentasi pada forum ilmiah Guru sebagai pemrasaran atau pembahas pada pertemuan ilmiah. Prasaran ilmiah yaitu sebuah tulisan berbentuk makalah yang berisi ringkasan laporan penelitian. B. Untuk itu seorang guru membuat prasaran ilmiah.

d. berupa ide. Artikel Ilmiah Artikel ilmiah dalam bidang pendiidkan adalah tulisan yang berisikan gagasan atau tinjauan ilmiah dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran disatuan pendidikan yang dimuat di jurnal ilmiah. c. . Tinjauan Ilmiah Makalah tinjauan ilmiah adalah PUBLIKASI guru yang berisi ide/gagagsan penulis dalam upaya mengatasi berbagai masalah pendidikan formal dan pembelajaran yang ada di satuan pendiidkan (disekolah/madrasahnya). atau gagasan pengalaman penulis yang menyangkut bidang pendiidkan satuan pendidikan penulis bersangkutan.b. Tulisan Ilmiah Popular Karya ilmiah populer adalah tulisan yang dipublikasikan di media massa. Yang lebih banyak mengandung isi pengetahuan.

buku pengayaan dan atau pedoman guru a. Diktat adalah catatan tertulis suatu mata pelajaran atau bidang studi yang dipersiapkan guru untuk mempermudah/memperkaya materi mata pelajaran/ bidang studi ayang disampaikan oleh guru dalam proses kegiatan belajar mengajar . baik sebagai buku utama atau pelengkap.3. Buku Pelajaran adalah buku berisi pengetahuan untuk bidang ilmu atau mata pelajaran tertentu dan diperuntukkan bagi siswa pada suatu jenjuang pendidikan atau sebagai bahan pegangan mengajar guru. Modul/ Dikat Pembelajaran Modul adalah materi pelajaran yang disusun dan disajikan secara tertulis sedemikian rupa sehingga pembacanya dapat menyerap sendiri materi tersebut. Buku dapat ditulis secara individu atau kelompok. Publikasi buku teks pelajaran. b.

tertentu. . baik pegangan utama guru. juga untuk memberikan informasi pengetahuan dalam bidang kependidikan . kependidikan. atau sebagai atau sebagai bahan pegangan mengajar bahan pegangan mengajar guru.c. Sasaran Siswa pada jenjang Tidak hanya pada siswa Pembaca pendidikan tertentu. Tujuan Membantu siswa dalam Tidak hanya membantu siswa dalam memahami mata pelajaran memahami mata pelajaran tertentu. Buku dalam Bidang Pendidikan Perbedaan antara buku pelajaran dan buku dalam bidang pendidikan adalah sebagai berikut: Aspek Buku Pelajaran Buku (dalam bidang) Pendidikan Isi Berisi pengetahuan untuk Berisi pengetahuan yang bidang ilmu atau mata terkait dengan bidang pelajaran tertentu. baik pegangan maupun pelengkap namun dimaksudkan utama maupun pelengkap. pada jenjang pendidikan tertentu.

Isi rencana kerja tersebut paling tidak meliputi upaya dalam meningkatkan/ memperbaiki kegiatan perencanaan. Aspek Buku Pelajaran Buku (dalam bidang) Pendidikan Penulis Guru atau kelompok guru Guru atau kelompok guru yang bertugas dan atau yang berkemampuan berkemampuan terhadap terhadap isi buku. Buku Pedoman Guru Buku Pedoman Guru adalah buku tulisan guru yang berisi rencana kerja tahunan guru. . e. isi buku d. Karya Terjemahan Karya terjemahan adalah tulisan yang dihasilkan dari penerjemahan buku pelajaran atau buku dalam bidang pendidikan dari bahasa asing atau bahasa daerah ke Bahasa Indonesia. pelaksanaan. Pada rancangan itu harus pula disajikan rencana kegiatan PKB yang akan dilakukan. atau sebaliknya dari Bahasa Indonesia ke bahasa asing atau bahasa daerah. dan evaluasi proses pembelajaran.

2.2 atau diskusi ilmiah.2. Laporan Hasil Penelitian No Kegiatan Kode AK 2.a Pemrasaran/nara sumber pada seminar 29 0.1.2.1.Besaran angka kredit: Makalah presentasi pada forum ilmiah No Kegiatan Kode AK 2.a Berupa buku yang diterbitkan ber-ISBN 31 4 diedarkan secara nasional atau ada pengakuan dari BSNP.b Pemrasaran/nara sumber pada kolokium 30 0. .e Berupa makalah hasil penelitian dan telah 35 4 diseminarkan di sekolah penulis. 2.2 atau lokakarya.

2. 2.Laporan hasil Penelitian yang dimuat di Jurnal Ilmiah ata diterbitkan sebagai Buku tingkat Nasional No Kegiatan Kode AK 2. 2. 2. 2.2.a Berupa buku yang diterbitkan ber-ISBN 31 4 diedarkan secara nasional atau ada pengakuan dari BSNP.d Berupa tulisan (artikel ilmiah) dimuat di 34 1 jurnal ilmiah tingkat abupaten/kota.2.2.2.e Berupa makalah hasil penelitian dan telah 35 4 diseminarkan di sekolah penulis. .b Berupa tulisan (artikel ilmiah) dimuat di 32 3 jurnal ilmiah tingkat nasional yang terakreditasi.c Berupa tulisan (artikel ilmiah) dimuat di 33 2 jurnal ilmiah tingkat provinsi.

dan kata yang mampu memberi makna transendental baik spriritual maupun intelektual bagi manusia dan kemanusiaan. bunyi. Menemukan Teknologi Tepatguna. . Menemukan/Menciptakan Karya Seni Menemukan/menciptakan karya seni adalah proses perefleksian nilai-nilai dan gagasan manusia yang diekspresikan secara estetika dalam berbagai medium seperti rupa. 2. atau metodologi tertentu dan dimanfaatkan untuk pendidikan atau masyarakat sehingga pendidikan terbantu kelancarannya atau masyarakat terbantu kehidupannya. 3. sistem. KARYA INOVATIF 1. gerak. Karya Teknologi Tepat Guna yang selanjutnya disebut karya sains/teknologi adalah karya hasil rancangan/ pengembangan/percobaan dalam bidang sains dan/atau teknologi yang dibuat atau dihasilkan dengan menggunakan bahan.

Mengikuti pengembangan penyusunan standar. c) Subunsur Membuat Alat Praktikum Alat praktikum adalah alat yang digunakan untuk praktikum sains. 4. b) Subunsur Membuat Alat Peraga Alat peraga adalah alat yang digunakan untuk memperjelas konsep/teori/cara kerja tertentu yang dipergunakan dalam proses pembelajaran atau bimbingan. pedoman. dan sejenisnya. soal. teknik. ilmu sosial.3. Kegiatan penyusunan standar/pedoman/soal yang diselenggarakan oleh instansi tingkat nasional atau provinsi. humaniora. matematika. dan keilmuan lainnya. bahasa. . Membuat/Memodifikasi Alat Pelajaran/Peraga/ Praktikum a) Subunsur Membuat Alat Pelajaran Alat pelajaran adalah alat yang digunakan untuk membantu kelancaran proses pembelajaran/ bimbingan pada khususnya dan proses pendidikan di sekolah/ madrasah pada umumnya.

IV/d GURU UTAMA • GOL.JABATAN FUNGSIONAL GURU PERMENPAN NO. IV/b dan IV/c • GOL. IV/e . IV/a GURU MADYA • GOL. III/b • GOL. III/c GURU MUDA • GOL. III/a GURU PERTAMA • GOL. 16 TAHUN 2009 • GOL. III/d • GOL.

KERANGKA PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN BAGI GURU .

Jabatan. 6 dari karya ilmiah Penata III/d 100. minimum 4 dari Tingkat I pengembangan diri. Pangkat. 8 dari karya ilmiah . 4 dari karya ilmiah Guru Muda Penata III/c 100. Golongan Ruang. minimum 3 dari Pertama pengembangan diri Penata Muda III/b 50. minimum 3 dari pengembangan diri. dan Persyaratan Angka Kreditnya Jabatan Pangkat Gol/ Ruang Persyaratan Angka Kredit Guru Penata Muda III/a 50. minimum 3 dari Tingkat I pengembangan diri.

. . 14 dari karya ilmiah Guru Pembina IV/d 200. minimum 5 dari Utama Utama Madya pengembangan diri. minimum 5 dari Utama Muda pengembangan diri. minimum 4 dari Madya pengembangan diri. Pangkat. 20 dari karya ilmiah Pembina IV/e - Utama . minimum 4 dari Tingkat I pengembangan diri. 12 dari karya ilmiah Pembinaan IV/c 150. 12 dari karya ilmiah Pembina IV/b 150.Jabatan. (Lanjutan) Guru Pembina IV/a 150..

UNSUR UTAMA  Pendidikan (formal dan diklat)  Pembelajaran/pembimbingan dan tugas tertentu  Pengembangan keprofesian berkelanjutan (pengembangan diri dan publikasi ilmiah dan/atau karya inovatif) .

. UNSUR PENUNJANG  Memperoleh gelar/ijazah yang tidak sesuai dengan bidang yang diampunya  Memperoleh penghargaan/tanda jasa  Melaksanakan kegiatan yang mendukung tugas Guru (antara lain: membimbing siswa dalam praktik kerja nyata/praktik industri/ ekstrakurikuler dan sejenisnya. menjadi tim penilai angka kredit. menjadi pengurus/anggota aktif organisasi profesi/kepramukaan. dan/atau menjadi tutor/pelatih/instruktur).

melakukan evaluasi tahunan berkoordinasi dengan koordinator PKB sekolah 48 . berkoordinasi dengan KKG/MGMP/MGBK. bersama koordinator PKB kab/Kota melakukan evaluasi tahunan)  Koordinator PKB Kabupaten/Kota: (menerima rincian kebutuhan PKB yang belum terpenuhi di sekolah. berkoordinasi dengan koordinator PKB kab/Kota. membuat rekomendasi kepada kepala sekolah.Peran Individu dalam Pelaksanaan PKB  Koordinator PKB di Sekolah: (mengumpulkan hasil evaluasi diri. menetapkan kebutuhan PKB guru di sekolah. berkoordinasi dengan penyedia jasa pelatihan. berkoordinasi untuk menentukan kebutuhan PKB bagi semua sekolah. menyusun dan melaksanakan PKB tingkat Kab/Kota.

FORMAT PKB .

Pengembangan Karya Innovatif 2. (dilakukan sendiri dan/atau dilakukan dengan orang lain di sekolah dan/atau KKG/MGMP. dsb) 6. Bantuan lain yang saya perlukan untuk mengatasi kendala tersebut Tanda tangan Guru: Tanda tangan Koordinator PKB: . Keberhasilan saya dalam melaksanakan tugas saya selama 1 tahun terakhir (ditinjau dari Siswa dan Guru sendiri) 4.Format 1: Hasil evaluasi diri terhadap kompetensi guru. Kendala yang saya hadapi dalam melaksanakan tugas saya selama 1 tahun terakhir (berkaitan dengan penguasaan kompetensi) 5.a. Pengembangan Karya Ilmiah c. untuk perencanaan kegiatan PKB Nama Sekolah: Nomor Standar Sekolah: Kecamatan: Kabupaten/Kota: Provinsi: Nama Guru: Tahun Ajaran: Nama Koordinator PKB : Tanggal: 1. Pengembangan Diri b. Pengembangan kompetensi yang masih saya butuhkan *Gunakan format suplemen yang tersedia dan rencanakan 1 tahun y.d. Hasil/dampak dari usaha tersebut 3. Usaha yang saya lakukan untuk mengembangkan kompetensi saya selama 1 tahun terakhir: a.

12. Penilaian dan evaluasi 3 B. 3 nasional 9. dan masyarakat D. konsep dan pola pikir keilmuan yang 13. Pedagogik 1. Pengembangan kurikulum 2 4. Menguasai karakteristik peserta didik 3 2. Bersikap inklusif. sosial dan kebudayaan 8. Pengembangan potensi peserta didik 3 6. NO KOMPETENSI NILAI *) A. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik 2 3. Profesional Penguasaan materi. Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan 2 10. Komunikasi dengan peserta didik 2 7. Etos kerja. serta tidak diskriminatif 4 Komunikasi dengan sesama guru. orang tua. Sosial 11. tanggung jawab yang tinggi. hukum. struktur. 3 peserta didik. Mengembangkan keprofesionalan melalui tindakan yang reflektif 2 Jumlah (Hasil penilaian kinerja guru) 38 3/16/2012 Kemdikbud 51 . Kepribadian Bertindak sesuai dengan norma agama. Kegiatan pembelajaran yang mendidik 4 5. tenaga kependidikan. 4 mendukung mata pelajaran yang diampu 14. rasa bangga menjadi guru 1 C. bertindak obyektif.

…………………………………. 16 Tahun 2009 dengan menggunakan rumus.. selanjutnya ditetapkan sebutan dan ……. ………………. 2. ……… Berdasarkan hasil konversi ke dalam skala nilai sesuai dengan peraturan tersebut. Guru yang dinilai Penilai Kepala Sekolah (…………………………) (……………………………) (………………………………) 3/16/2012 Kemdikbud 52 ... FORMAT PENGHITUNGAN ANGKA KREDIT PK GURU Nilai PK GURU (Pembelajaran) Nilai PK GURU ……… Nilai PK GURU (100)   100 Nilai PK GURU tertinggi Konversi nilai PK GURU ke dalam skala 0 – 100 sesuai Permenneg PAN & RM No.. Perolehan angka kredit (pembelajaran) yang dihitung berdasarkan rumus Angka Kredit per tahun = (AKK – AKPKB – AKP) x (JM/JWM) x NPK 4 …….4. prosentase angka kreditnya ....

Publikasi Karya (g) (e) angan Diri Ilmiah Inovatif 1 2 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 .. Format Suplemen Nama Guru : …………………………………………………………. Nilai Kebutuhan PKB (d) Peniian Kemajuan Persetujuan (f) Nilai Kompetensi Kepala No Formatif Target Sumatif (a) Sekolah (b) (c) Pengemb. Koordinator PKB : ………………………………………………………….

a) dilakukan (1.2 diisi dengan angka 1=LPMP. 3=Asosiasi Profesi. 1. 4=LPTK dan 5=Service provider lainnya.e) yang belum (1.d. 1. 1.a. 2=P4TK.e.e.c.1 dan 2 diisi dengan tanda check ().e.2) sendiri sekolah sekolah Pddk untuk yang sama Kegiatan Pelaksana dipertimbang- kan) PD PI KI PD PI KI PD PI KI PD PI KI PD PI KI PD PI KI PD PI KI 1 2 3 Nama dan Nama dan tanda Nama dan tanda tanda tangan tangan Ketua tangan Koordinator KepSek Komite Sekolah PKB tingkat sekolah Catatan: Kolom 1.d) dilakukan dengan dilakukan koordinasikan guru inator dilakukan di oleh guru guru lain di oleh oleh Dinas PKB KKG/MGMP (1.b) dilakukan oleh pihak di luar dapat dipenuhi Nama (1.c) sekolah/KKG/MGMP (diajukan/di- Nama Koord (1. Format 2: Rencana Final Kegiatan PKB tingkat sekolah (Diisi oleh Koordinator PKB tingkat sekolah) Nama Sekolah: Nomor Standar Sekolah: Kecamatan: Kabupaten/Kota: Provinsi: Tahun Ajaran: Tanggal: (1) (2) Rencana kegiatan PKB Kebutuhan (1.b.e. sedangkan kolom 1. 1. .1) (1.

.

.

TERIMAKASIH .