CYCLONE

INDUSTRI MINYAK KELAPA SAWIT

DESI FUJANITA 08401006 2A

MATERI
‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Pendahuluan tentang industri Bahan baku Proses pembuatan Peralatan yang dibutuhkan Alat yang akan dibahas Spesifikasi alat Cara kerja alat Kelebihan dan kekurangan alat

PENDAHULUAN
Kelapa sawit sebagai tanaman penghasil minyak sawit dan inti sawit merupakan salah satu primadona tanaman perkebunan yang menjadi sumber penghasil devisa non migas bagi Indonesia. Cerahnya prospek komoditi minyak kelapa sawit dalam perdagangan minyak nabati dunia telah mendorong pemerintah Indonesia untuk memacu pengembangan areal perkebunan kelapa sawit.

.

BAHAN PENUNJANG ‡ H3PO4 atau Asam fosfat ‡ Bleaching Earth ‡ Air . sedangkan minyak inti sawit (Palm Kernet Oil) berasal dari inti buah kelapa sawit.BAHAN BAKU ‡ Minyak kelapa sawit (Palm Oil) berasal dari serabut kelapa sawit. ‡ CPO atau minyak sawit mentah didapat dari hasil pengepresan serabut (fiber) kelapa sawit.

.

.

ALAT-ALAT YANG DIBUTUHKAN .

Plat 3.HEAT EXCHANGER Terdiri dari 3 jenis. yaitu: 1. Shell and Tube . Spiral 2.

Tangki CPO 2. Tangki Vetsil (FFA) 4. Tangki Tanah Pemucat (BE) .TANGKI Tangki yang digunakan yaitu: 1. Asam Fosfat (H3PO4) 3.

PACKED COLUMN ‡ Deodorizer bagian kolom menampung minyak hasil pemucatan yang akan dipisahkan vetxsil (FFA). . air. dan zat volatil lainnya.

VESSEL ‡ FLASH VESSEL ‡ SPLASH VESSEL Berfungsi untuk menjaga laju kinetika fluida (vessel FFA dan minyak). .

.MIXER ‡ Digunakan untuk mencampur minyak sawit mentah dengan asam fosfat sehingga asam fosfat akan menyerap fosfolipid.

FILTER ‡ FILTER NIAGARA ‡ FILTER KAIN .

.POMPA Pompa digunakan untuk mengalirkan minyak dan mengatur laju minyak yang mengalir dalam pipa.

TAHUKAH ANDA?? ‡ Cyclone separator adalah alat yang menggunakan prinsip gaya sentrifugal dan tekanan rendah karena adanya perputaran untuk memisahkan materi berdasarkan perbedaan massa jenis dan ukuran. .

CYCLONE ‡ HYDROCYCLONE ‡ GAS CYCLONE .

‡ ‡ ‡ . Gaya gravitasi menyebabkan partikel-partikel tersebut jatuh ke sisi kerucut menuju tempat pengeluaran.Bagaimana Prinsip Kerjanya?? ‡ ‡ Gas atau aliran fluida diinjeksikan melalui pipa input. menciptakan vortex. Bentuk kerucut cyclone menginduksikan aliran gas atau fluida untuk berputar. Partikel dengan ukuran atau kerapatan yang lebih kecil keluar melalui bagian atas dari cyclone melalui pusat yang bertekanan rendah. Partikel dengan ukuran atau kerapatan yang lebih besar didorong ke arah luar vortex.

 Gaya sentrifugal timbul saat partikulat di dalam udara masuk ke puncak kolektor silindris pada suatu sudut dan diputar dengan cepat mengarah ke bawah seperti pusaran air. .CYCLONE  Cyclone membuat suatu gaya sentrifugal yang berfungsi untuk memisahkan partikulat dari udara kotor. Aliran udara mengalir secara melingkar dan partikulat yang lebih berat mengarah ke bawah setelah menabrak ke arah dinding cyclone dan meluncur ke bawah.

.

3. . Pipa outlet gas pada bagian atas. 2. Silinder vertikal dengan bagian bawah berbentuk corong (conical).Cyclone atau centrifugal separator adalah dust collector yang prinsipnya terdiri dari: 1. Pipa outlet pada bagian bawah untuk mengeluarkan partikulat.

.

HYDROCYCLONE ‡ Hydrocyclone adalah suatu alat yang berfungsi untuk memisahkan padatan atau gas dari cairan berdasarkan perbedaan gravitasi setiap komponen. .

.

CARA KERJA ‡ Hydrocyclone bekerja dengan cara memutar zat yang dimasukan di dalam ruang dalam yang berkontur. sementara material yang lebih ringan diarahkan ke ruang penampungan di bagian atas. Material yang lebih berat dialirkan ke bawah melalui jalur spiral di sepanjang dinding ruangan. .

.

KEUNGGULAN HYDROCYCLONE ‡ Biaya yang dikeluarkan relatif lebih murah ‡ Tidak memerlukan sumber energi yang terpisah ‡ Biaya perawatan yang murah ‡ Mudah diterapkan dalam berbagai dunia industri ‡ Pemasangan yang cepat ‡ Kemungkinan kesalahan dalam pemasangan relatif kecil. .

HYDROCYCLONE DALAM INDUSTRI .

HYDROCYCLONE DALAM INDUSTRI .

.MULTICYCLONE Ketika harus menangani volume gas dalam jumlah besar dan efisiensi tinggi maka digunakan beberapa cyclone dengan diameter kecil yang biasanya dipasang bersama membentuk multicyclone.

Multicyclone .

Multicyclone Advantages: Lebih efisien daripada single-cyclone separator (90single(9095%). .

Memakai tempat yang lebih besar dibanding 2. Cenderung yang kecil. Memakai singlesingle-cyclone.Multicyclone DISADVANTAGE 1. kecil.Cenderung terjadi penyumbatan karena diameter 1. 2. .

pada axial flow cyclones materi masuk melalui bagian atas cyclone dan dipaksa untuk bergerak membentuk sudut pada bagian atas. . ‡ Namun. ‡ Axial flow cyclones lebih banyak digunakan. materi masuk dari celah pada sisi yang berada pada posisi menyudut dengan badan cyclone. ‡ Pada dasarnya.Bentuk-bentuk Cyclone ‡ Dua bentuk utama dari cyclone adalah axial dan tangensial cyclone. ‡ Pada tangential cyclones. keduanya beroperasi dengan prinsip kerja yang sama.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful