You are on page 1of 12

Fitri

20172123012

APA itu Metabolisme Karbohidrat?? .

Metabolisme berasal dari bahasa Yunani. proses ini merupakan pertukaran zat ataupun suatu organism dengan lingkungannya. yaitu “metabole” yang berarti perubahan.Pengertian Karbohidrat  Secara Alamiah Karbohidrat merupakan hasil sintesis CO2 dan H2O dengan bantuan sinar matahari dan zat hijau daun (klorofil) melalui fotosintesis. . Zat makanan ini merupakan sumber energi bagi organisme heterotroph yaitu makhluk hidup yang memperoleh energi dari sumber senyawa organik di lingkungannya.  Sedangkan Metabolisme adalah suatu proses kimiawi yang terjadi di dalam tubuh semua makhluk hidup.

mudah berdifusi. rasanya manis.  Polikasarida : Polimer yang tersusun dari ratusan hingga ribuang satuan monokasarida yang dihubungkan dengan ikatan glikosidik (ikatan yang menyatukan dua monosakarida sehingga membentuk disakarida).  Disakarida : Mudah larut dalam air. mudah berdifusi. dapat pecah/diubah oleh enzim pencernaanya. rasanya manis dapat mengkristal. tidak berubah oleh enzim pencernaanya. dapat mengkristal. .Karateristik Karbohidrat Karateristik karbohidrat ada 3 yaitu sebagai berikut :  Monokasarida : Mudah larut dalam air.

karbohidrat mengalami proses hidrolisis (penguraian dengan menggunakan molekul air). Metabolisme itu sendiri terdiri dari 2 proses yaitu Anabolisme (pembentukan molekul) Katabolisme (penguraian molekul) Pada proses pencernaan makanan. Proses pencernaan karbohidrat terjadi dengan menguraikan polisakarida menjadi monosakarida. baik secara mekanis maupun kimiawi.Proses Pencernaan Terjadinya Karbohidrat Metabolisme itu proses yang berlangsung dalam organisme. .

ada terdapat di setiap makhluk hidup untuk proses metabolisme ini. . tanaman menyimpan energi dengan membentuk karbohidrat dari karbodioksida dan air melalui fotosintesis. Glukosa dan bentuk karbohidrat lainnya memiliki tempatnya masing-masing di dalam proses metabolik antarspesies. Bentuk karbohidrat terpenting adalah glukosa. biasanya dalam bentuk pati atau lipid. yaitu suatu senyawa gula sederhana (monosakarida). Contohnya.

bentuk energi yang paling umum digunakan oleh sel).Macam-macam Metabolisme Karbohidrat  Glikolisis sebagai reaksi berantai mengkonversi glukosa atau glikogen menjadi piruvat atau laktat. dengan produksi energi ATP (Adenosine Triphospate. .

 Fase membutuhkan energi  Fase melepaskan energi  Pada fase ini. Karena fase ini terbagi menjadi dua dan membentuk terjadi dua kali.Fase membutuhkan energi dan Fase melepaskan energi .  Pada fase ini. .6. beberapa reaksi. maka proses ini membuat 3 gula glyceraldehyde-3-phospate. dan 2 kelompok fosfat terikat pada glukosa ini. melalui ‘modifikasi’ yang tidak stabil (fruktosa-1. . Reaksi ini membuat 2 molekul bisfosfat). setiap gula glyceraldehyde-3- Kelompok fosfat ini kemudian membuat gula phospate dikonversi menjadi piruvat. . memungkinkan gula ‘modifikasi’ ini ATP dan 1 molekul NADH. molekul glukosa disusun kembali. ATP dan 2 NADH secara keseluruhan.

atau siklus asam trikarboksilat. atau siklus Krebs adalah pusat pengendali dalam respirasi seluler.  Tahap awal dari siklus ini adalah. mempercepat atau memperlambat reaksi berdasarkan kebutuhan energi se . Siklus Asam Sitrat Siklus asam sitrat. acetyl CoA bergabung dengan molekul penerima oksaloasetat (4 karbon) untuk membentuk molekul sitrat (6 karbon). Siklus ini terjadi setelah Glikolisis dan menggunakan acetyl coenzim A (CoA). Enzim yang mengkatalisasi reaksi ini adalah kunci utama dalam mengatur siklus asam sitrat. Kemudian. dibuat dari oksidasi piruvat. sebagai bahan awalnya. molekul sitrat ini melepaskan 2 karbonnya dalam bentuk karbon dioksida dan memproduksi molekul NADH.

ada juga cabang alternatif dari Glikolisis untuk memproduksi gula yang menyusun DNA dan RNA.Selanjutnya . Jika produk dari Glikolisis diolah kembali melalui respirasi seluler untuk memproduksi energi. (Baca: Peran DNA dan RNA dalam Sintesa Protein) .. Jalur yang disebut Jalur Fosfat Pentosa ini unik karena tidak ada energi dalam bentuk ATP yang diproduksi dan digunakan dalam jalur ini.  Jalur Fosfat Pentosa  Jalur fosfat pentosa atau pentose phosphate pathway adalah jalur metabolik yang berjalan secara pararel dengan Glikolisis.

Rumus Kimia Karbohidrat .