You are on page 1of 26

Kelompok 2

 Ayu Lestari
 Resi Fatari
 Gilang Ramadhan
 Dyah Ayu Salimah
 Ardian Cipta N
 Sulistiawati

Perubahan iklim
Merupakan fenomena alam yang
terjadi dibumi dewasa ini, keadaan ini
harus kita waspadai karena
dampaknya yang dapat merugikan bagi
kehidupan dimuka bumi ini. Oleh
sebab itu, kita harus berupaya untuk
menjaga dan melestarikan bumi ini
agar tidak terjadi lagi kerusakan yang
parah yang bisa menyebabkan
perubahan iklim.

Dengan kata lain. dan lain sebagainya. Sedangkan pengertian perubahan iklim menurut Enviromental Protection Agency (EPA) adalah perubahan iklim secara signifikan yang terjadi pada periode waktu tertentu. radiasi sinar matahari. Perlu diketahui bahwa suhu bumi perubah satu derajat dalam tempo 100 tahun terakhir. Pengertian perubahan iklim menurut Wikipedia adalah perubahan yang terjadi secara signifikan mengenai pola cuaca yang dihitung berdasarkan angka statistik dalam rentang waktu puluhan hingga ratusan tahun lamanya. tekanan tektonik. pola angin. erupsi gunung berapi. . Banyak faktor yang mempengaruhi terjadi perubahan iklim seperti proses biologis. dan masih banyak lagi. perubahan iklim juga bisa diartikan sebagai perubahan suhu yang drastis. curah hujan.

adalah aktivitas manusia. emisi gas rumah kaca ke atmosfir terus meningkat drastis. para pakar iklim terus mencemaskan dampak pemanasan global. Dalam tiga dekade terakhir. lapisan es di lautan sekitar kutub menyusut sekitar 990 ribu kilometer persegi. dalam tiga dekade terakhir. Pasalnya. Yang terutama diamati dan diteliti adalah kawasan Kutub Utara. Lapisan Es Terus Menipis Pengukuran yang dilakukan 300 pakar iklim dari delapan negara yang lokasinya berbatasan dengan Kutub Utara menunjukan.Pemanasan Global dan Lapisan Es di Kutub Bumi Kawasan kutub kini mengalami pemanasan global lebih cepat dari kawasan lain di dunia. lapisan es di Kutub Utara terus menyusut drastis dalam 30 tahun terakhir ini. khususnya yang menimpa kedua kutub bumi. Dalam beberapa dekade terakhir. Sejak beberapa dekade terakhir. Disebutkan. Para pakar iklim juga yakin. pemicu pemanasan drastis di kawasan kutub. kawasan kutub kini mengalami pemanasan global lebih cepat dari kawasan lain di dunia. lapisan es di lautan sekitar kutub menyusut sekitar 990 ribu kilometer persegi. .

Peneliti iklim dari Institut Max-Planck untuk meteorologi di Hamburg. sekitar 500 pakar iklim mendiskusikan kemungkinan dampak yang bakal muncul dari penyusutan lapisan es di Kutub Utara tersebut. dalam sebuah konferensi ilmiah di Hamburg. di musim panas berikutnya seluruhnya kembali mencair. sekitar akhir abad ini. Tidak Ada Lagi Es Pada Musim Panas di Kutub Utara Sinyal apa yang dilontarkan dari penyusutan drastis lapisan es di lautan Kutub Utara itu? Tentunya bukan pertanda yang baik bagi ekosistem. menurut perhitungan. . Akan tetapi. Jochem Marotzke mengatakan. lapisan es itu pada setiap musim panas akan mencair seluruhnya. Memang di musim dingin lapisan es kembali terbentuk. Karena itulah.

Pemicu drastisnya penyusutan lapisan es adalah pemanasan global yang dipicu aktivitas manusia. sampai semuanya mencair. diperkirakan akan terus berlanjut hingga tahun 2080 mendatang. Permukaan Laut Akan Meningkat Laju penyusutan lapisan es di lautan sekitar kutub. Dalam 20 tahun terakhir ini. permukaan air laut sudah naik rata-rata delapan centimeter. Dampaknya adalah meningkatnya permukaan air laut global. diperkirakan permukaan air laut akan naik rata-rata 90 centimeter. . Jika semua lapisan es mencair.

Dalam jangka panjang. sebagian juga akan lenyap. artinya sampai abad mendatang. jika suhu rata-rata global naik antara tiga sampai empat derajat Celsius. Diperhitungkan adanya pemanasan antara 8 sampai 10 derajat Celsius. ketimbang kawasan lainnya di dunia. Kutub Utara memanas dua kali lebih cepat. Pemanasan Global Terus Berlanjut Lebih lanjut peneliti iklim Jochem Marotzke meramalkan terus berlanjutnya pemanasan global. lapisan es abadi di Greenland akan mencair seluruhnya. Kota-kota besar di kawasan pantai. Sebagai akibatnya. permukaan air laut global akan naik rata-rata tujuh meter. . Perhitungan menunjukan. di kawasan lintang Kutub Utara. Semua negara kepulauan kecil akan tenggelam. Dampaknya bagi manusia akan sangat besar.

Sejauh ini dapat diamati. Karena itulah dampak pemanasan global di Kutub Selatan tidak sekuat seperti yang melanda Kutub Utara. terjadi peningkatan lapisan es di lautan sekitar Antartika. Peneliti dari Institut Alfred Wegener di Bremerhaven. Menurut data. bagaimana kondisi di Kutub Selatan? Diketahui di kawasan Antartika terdapat iklim serta arus laut yang berbeda dari sistem yang mempengaruhi Kutub Utara. Christian Haas bahkan mengamati dampak sebaliknya. Kutub Selatan Berbeda Jika di Kutub Utara diamati penyusutan drastis lapisan es. di Kutub Selatan relatif tidak terjadi pencairan laisan es. dalam 30 tahun terakhir ini. .

“ Demikian dijelaskan Christian Haas. Penyebabnya. dengan persyaratan iklim yang berbeda-beda untuk setiap bagian kawasannya. suhu di kawasan Kutub Selatan juga akan meningkat. dan menyebabkan peningkatan volume lapisan es. yang mengangkut air dengan suhu lebih hangat. kawasan antartika amat besar. Jadi di sana. antara pemanasan samudra dengan mencairnya lapisan es. salju di kawasan tersebut dapat terakumulasi lebih banyak. Apakah fenomena ini juga akan mencairkan lapisan es di Antartika? Menanggapi pertanyaan ini. . “Kawasan timur antartika lebih tebal dan tinggi. terdapat kaitan lebih erat. Sementara kawasan barat Antartika. sangat terpengaruh oleh arus Circum-Antartika. para pakar iklim melontarkan pendapat yang berbeda-beda. Karena itu. Suhu Juga Akan Naik di Kutub Selatan Akan tetapi dalam dekade mendatang.

Berikut adalah peta keadaan dunia setelah seluruh es mencair: AFRIKA .

Namun beberapa kota akan tenggelam seluruhnya seperti kota Dakar dan kota Bissau. Kuwait. Alexandria. dan Dubai . Benua Afrika hanya mengalami sedikit perubahan. Melihat jauh ke Utara kita akan melihat beberapa kota di Timur Tengah ikut tenggelam seperti Baghdad.

ASIA .

Kemudian lebih dari 600 juta orang di China akan kehilangan tempat tinggalnya dan yang paling parah Negara Bangladesh akan benar-benar terhapus dari peta. Tokyo dan Seoul akan tenggelam. Beberapa kota besar seperti Jakarta. Singapura. . Bentuk pulau Sumatra dan Kalimantan pun tidak akan seperti dulu lagi. Bangkok.

Australia .

. Tidak begitu banyak perubahan di benua Australia kecuali munculnya sebuah teluk baru yang menjorok hingga mencapai ke tengah-tengah benua kangguru itu.

Eropa .

. Bahkan seluruh negara Belanda akan tinggal menjadi sejarah. Stockholm. dan Helsinki tenggelam.Venice dicaplok laut Adriatik. Copenhagen. London tinggal kenangan.

Amerika Utara .

. pun sebagian besar akan tenggelam.C. Tampa. Miami. Bila di Pesisir Barat negara bagian California akan menjadi “kepulauan” maka di Pesisi Timur akan ada banyak kota yang tenggelam seperti New York. dan Boston. . Bahkan ibukota Amerika Serikat. Washington D. Pesisir Timur Amerika akan mengalami dampak yang lebih parah daripada Pesisir Barat Amerika.

Amerika Selatan .

 Sungai Amazon akan melebar sehingga seolah-olah membelah negara Brazil. sebagian Paraguay juga akan tenggelam. Hanya kota- kota di pesisir Barat lah yang lebih beruntung karena terletak di dataran tinggi. . Buenos Aires akan tenggelam.

Antartika .

Sejatinya Antartika bagian Timur memiliki lapisan es yang paling tebal sehingga mungkin disinilah letak es paling akhir di dunia sebelum seluruhnya mencair . Antartika bagian Timur memiliki lebih banyak daratan daripada Antartika bagian Barat. Kita akan melihat dataran di Antartika untuk pertama kalinya.

Mencairnya gletser-gletser dunia mengancam ketersediaan air bersih.000 meter kubik! Para ilmuwan NASA kini telah menyadari bahwa cairnya gletser. Gletser-gletser dunia saat ini mencair hingga titik yang mengkhawatirkan! NASA mencatat bahwa sejak tahun 1960 hingga 2005 saja. jumlah gletser-gletser di berbagai belahan dunia yang hilang tidak kurang dari 8. hingga meningkatnya level air laut merupakan bukti- bukti bahwa planet bumi sedang terus memanas. Dan dipastikan bahwa umat manusialah yang bertanggung jawab untuk hal ini. cairnya es di kedua kutub bumi. meningkatnya temperatur bumi secara global. . Dan sayangnya itulah yang terjadi saat ini. dan pada jangka panjang akan turut menyumbang peningkatan level air laut dunia.

.

 Beberapa prediksi awal yang pernah dibuat sebelumnya memperkirakan bahwa seluruh es di kutub akan lenyap pada tahun 2040 sampai 2100. pelabuhan.5 kali luas kota Surabaya) di Antartika runtuh. . Tetapi data es tahunan yang tercatat hingga tahun 2007 membuat mereka berpikir ulang mengenai model prediksi yang telah dibuat sebelumnya  Seorang ahli iklim NASA membuat prediksi baru yang sangat mencengangkan: HAMPIR SEMUA ES DI KUTUB UTARA AKAN LENYAP ANTARA TAHUN 2008 – 2012!  Tanggal 6 Maret 2008. sebuah bongkahan es seluas 414 kilometer persegi (hampir 1. dan dataran rendah di seluruh dunia.Beberapa Prediksi tntg Mencairnya Kutub  Es di Greenland yang telah mencair hampir mencapai 19 juta ton. Level permukaan laut akan naik sampai dengan 7 meter! Cukup untuk menenggelamkan seluruh pantai.  Para ahli memperkirakan apabila seluruh Greenland mencair.