KODE ETIK KEPERAWATAN

By: Yulius Tiranda,S.kep,.Ns

Pengertian Kode Etik Adalah perangkat ketentuan moral yg digunakan sebagai rambu didalam melakukan suatu tindakan. karena hanya berpengaruh pada mereka yg tunduk dan mengakuinya. Sifatnya tidak selalu mengikat dan relatif. .

2. klien. Sebagai aturan dasar terhadap hubungan antara perawat. ERB. tenaga kesehatan. Masyarakat dan profesi sebagai standar yang mengeluarkan perawat yang tidak menaati peraturan dan untuk melindungi perawat yang menjadi pihak tertuduh secara tidak adil Sebagai dasar pengembangan kurikulum pendidikan keperawatandan untuk mengorientasikan lulusan baru pendidikan keperawatan dalam memasuki jajaran praktik keperawatan profesional Membantu masyarakat dalam memahami perilaku keperawatan profesional . 4. 1990) 1.TUJUAN KODE ETIK KEPERAWATAN (KOZIER. 3.

jenis kelamin. warna kulit. keyakinan. Pelayanan keperawatan ditujukan kepada individu. Keperawatan tetap menghargai hidup dan hak manusia serta tidak membedakan status kewarganegaraan. suku. keluarga dan masyarakat serta mengkoordinasikan asuhan keperawatan dengan berbagai pihak terkait. dan mencegah kekambuhan. usia. Kebutuhan keperawatan bersifat universal.KONSEP ETIK DALAM KEPERAWATAN Tanggung jawab utama perawat ada 4 lingkup: meningkatkan kesehatan. politik maupun sosial. . mencegah penyakit. memulihkan kesehatan.

2. 1973) 1. 3. Perawat melaksanakan pelayanan dgn menghargai hakikat manusia dan keunikan klien. tidak sesuai etik atau tidak resmi . keadaan pribadi atau hakikat masalah kesehatan Perawat menyelamatkan hak klien dgn memelihara hak klien Perawat menyelamatkan klien atau masyarakat bila asuhan dan keamanan kesh klien dijamah oleh org yg tidak berwenang. tidak membedakan sos-ekonomi.KODE ETIK PERAWAT INTERNATIONAL ( COUNCIL OF NURSES.

7. 6.4. 8. 5. Perawat b·tgg jwb atas kegiatan dan pertimbangan keperawatan thd seseorang Perawat membina kompetensi keperawatan Perawat menggunakan pertimbangan akan kualifikasi kompetens yg orang akan diminta konsultasi atau diberi tgg jwb dan menerima delegasi tugas Perawat turut serta dlm usaha profesi untuk mengadakan dan membina keadaan tugas tenaga kerja yg memungkinkan untuk mencapai kualitas keperawatan yg tinggi Perawat turut serta dlm kegiatan pengembangan profesi ilmu pemgetahuan .

Untk memeperoleh keutuhan kesh masy. 9. 10. Perawat turut serta dalam usaha profesi untuk melindungi klien dari informasi yg salah dan penyajian yg salah untuk memelihara integrasi keperawatan Perawat berkolaborasi denga anggota perofesi kesehatan dan warga lain dlm meningkatka usaha nasional dan masy. .Lanjutan«.

.KODE ETIK KEPERAWATANINDONESIA ( PPNI. 2000) Dalam melaksanakan tugas profesional yg berdaya guna dan berhasil guna. perawat mampu dan ikhlas m·berikan pelayanan yg bermutu dgn memelihara dan meningkatkan integritas pribadi yg luhur dgn ilmu dan keterampilan yg memenuhi standar serta kesadaran bahwa pelayanan yg diberikan merupkn bagian kesehatan scr menyeluruh ( holistik).

4. jenis kelamin. aliran politik dan agama yang dianut serta kedudukan sosial. kesukuan. 2. Tanggung jawab utama perawat adalah kepada mereka yang membutuhkan asuhan keperawatan. . umur. warna kulit. 3. Perawat wajib merahasiakan segala sesuatu yang dikehendaki sehubungan dengan tugas yang dipercayakan kepadanya kecuali jika diperlukan oleh yang berwenang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.Perawat dan Klien 1. adat istiadat dan kelangsungan hidup beragama klien. keunikan klien dan tidak terpengaruh oleh pertimbangan kebangsaan. Perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan senantiasa memelihara suasana lingkungan yang menghormati nilai-nilai budaya. Perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan menghargai harkat dan martabat manusia.

Perawat dlm melaksanakan kewajibannya bagi indv dan masy senantiasa dilandasi dgn rasa tulus ikhlas sesuai dgn martabat dan tradisi luhur perawatan . klg dan masyarakat Perawat dlm melaksanakan pengabdian dlm bidang perawatan senantiasa memelihara suasana lingkungan yg menghormati nilai budaya.Tanggung jawab perawat terhadap individu. keluarga dan masyarakat    Perawat dlm melaksanakan pengabdiannya senantiasa b·pedoman pd tagg jwb yg pangkal tolaknya bersumber pd adanya kebutuhan thd perawatan untuk individu. adat istiadat dan kelangsungan hidup beragama dari indv. klg dan masy.

Lanjutan..  Perawat senantiasa menjalin hub kerjasama yg baik dgn indv dan masy dlm mengambil prakarsa dan mengadakan upaya kesh khususnya serta upaya kesejahteraan pd umumnya sbg bagian dr tugas kewajibannya bg kepentingan masyarakt. .

.Tanggung jawab perawat thd tugas Perawat senantiasa memelihara mutu pelayanan perawatan yg tinggi disertai kejujuran profesional dlm menerapkan pengetahuan serta keterampilan perawatan sesuai dgn tugas yg dipercayakan kpdnya Perawat wajib merahasiakan segala sesuatu yg diketahui sehub dgn tugas yg dipercayakn kpdnya Perawat tidak akan m·pergunakan pengeth dan ketrmpl prwtn utk 7an yg b·tentangan dg norma kemanusiaan.

Lanjutan«. keagamaanm warna kulit. umur. Perwt dlm melaks tugas dan kewajibannya berusaha dg penuh kesadaran agar tidak terpengaruh oleh pertimbangan kebangsaan. jenis kelamin. .. kesukuan. politik. kedudukan sosial Perwt mengutamakan perlindungan dan keselamatan pasien dlm melaks tugas perawatan serta matang dlm mempertimbangkan kemampuan atau mengalihtugaskan tgg jwb yg ada hub dg perawatan.

Tanggung jawab perawat dng sesama perawat dan profesi kesh lainnya Perawat memelihara hub yg baik antar sesama prwt dan tenaga kesh lainnya. . baik dlm memelihara keserasian suasana lingk kerja maupun dlm mencapai tujuan pelayanan kesh scr keseluruhan Perwat senantiasa menyebarluaskan pengetahuan. keterampilan dan pengalamanya kpd sesama prwt serta menerima penget dan pengalaman dr profesi lain dlm rangka meningkatkan kemampuan dlm bid perwtn.

ketrmpl.Tanggung jawab perawat thd profesi     Perawat selalu berusaha meningkatkan kemampuan profesional scr sendiri atau bersama-sama dg jalan menambh ilmu penget. Perwt berperan dlm pembakuan pendidikan dan pelayanan perwtn serta menerapkannya dlm kegiatan pelayanan dan pddkan perwtn Prwt bersama2 membina dan memelihara mutu oganisasi profesi perwtn sbg sarana pengabdiannya . dan pengalaman yg bermanfaat bg p·kembangan perwtn Prwt selalu menjunjung tinggi nama baik profesi prwtn dg menunjukan tingkah laku & kepribdian luhur.

bangsa dan tanah air Perawat senantiasa melaksanakan ketentuan sbg kebijaksanaan yg digariskan oleh pemerintah dlm bidang kesh dan prwtn Perawat senantiasa berperan aktif dlm menyumbangkan pikiran kpd pemerintah dlm rangka meningkatkan yan kesh kpd masy .Tanggung jawab perawat thd pemerintah.

.. Apakah masih ada perawat yang memberikan pelayanan asuhan keperawatan kurang memperhatikan nilai-nilai dan etika? Apakah nilai professional dan personal perawat dalam kehidupan profesinya sudah dapat diterapkan dengan kaidah etika profesi? Bagaimana caranya supaya etik dan moral perawat tetap terjaga dengan baik selama menjalankan tugasnya ? ...............Discussion......

..The End.... ..