You are on page 1of 10

KELOMPOK 3

NAMA:

1. Adelia Feranika 8. Khoirun Nikmah
2. Dyahayu Shinta K.M 9. Laily Dwi Nur S
3. Eka Puspa Marlena 10. Nur Amalina
4. Etiek Nafisa 11. Risky Putri C
5. Fenny Cahaya 12. Santi Pratiwi
6. Fikrotus Shofa 13. Siti Nor Aisyah
7. Fina Audina S 14. Zuliana

Wirausaha di lingkup yang lebih besar d. Wirausaha dalam menghasilkan produk barang dan jasa dilingkungan bidang keperawatan b. Kegagalan wirausaha sebagai bekal . Wirausaha dilingkungan kampus c. Makna kegagalan wirausaha e.Wirausaha Di Bidang Keperawatan a. Wawancara dan evaluasi kegagalan wirausaha (Laporan Evaluasi) f.

A.dan mempertukarkan produk yang bernilai kepada pihak lain. . Wirausaha Dalam Menghasilkan Produk Barang Dan Jasa Dilingkungan Bidang Keperawatan Enterpreneur / kewirausahaan adalah suatu proses dan menejerial yang membuat individu atau kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan .menawarkan .

Wellness coach b. Wirausaha yang menghasilkan barang: 1. Menjual obat-obat herbal . Konsultan keperawatan 2. pelatihan perawatan lansia dan anak 4. Menjaga pelatihan babysister. Terapi komplementer (akupuntur dan herbal) 3. Menjual barang-barang medis 2.a. Wirausaha yang menghasilkan produk jasa: 1.

Wirausaha Di Lingkungan Kampus  Workshop  Pelayanan  Seminar  Latihan berjualan bagi mahasiswa .B.

terapi herbal medik)  Menjadi pelayan penyuluhan kesehatan .C. Wirausaha Di Lingkup Yang Lebih Besar  Membuka pelayanan perawatan kesehatan  Menjadikan konsultan keperawatan  Membuka pelayanan terapi komplementer (seperti akupuntur medik. terapi hiperbolik.

Analisalah kegagalan dari sudut manapun. 2. Setiap kegagalan pasti disertai dengan peluang-peluang akan sesuatu yang lebih besar. Kegagalan tidaklah pernah menjadi bab terakhir dari buku kehidupan anda kecuali anda menyerah. 3. Orang yang meresikokan segalanya untuk mencoba mencapai sesuatu yang benar-benar layak lalu gagal sama sekali bukanlah pecundang yang memalukan. Sesuatu yang layak itu tak pernah tercapai tanpa resiko gagal. Kegagalan itu hanyalah kemunduran sementara. belajar di mana bahayanya dan bagaimana caranya untuk menghindarinya. Makna Kegagalan Wirausaha 1. maka akan anda temukan benih-benih untuk mengubah kegagalan itu menjadi sukses. . Kegagalan adalah peluang untuk belajar bagaimana caranya mengerjakan segalanya dengan lebih baik.D. Hal yang terbaik dapat di lakukan dengan kegagalan adalah belajar sebisanya. 4.

Aspek Teknis/Operasi 5. Aspek Pasar dan Pemasaran 3. yaitu : 1. Aspek Hukum 2. Evaluasi dalam proses manajerial merupakan usaha untuk membandingkan antara hasil yang kita peroleh dengan target yang telah kita tentukan dalam proses perencanaan. menilai hasil. Wawancara Dan Evaluasi Kegagalan Wirausaha (Laporan Evaluasi) A) Pengertian Proses memonitoring. Aspek Manajemen/ Organisasi 6. ada 7 (tujuh) aspek yang perlu diperhatikan dalam proses evaluasi usaha. Aspek Ekonomi Sosial 7.E. Evaluasi terutama harus dilakukan jika telah terjadi transaksi antara produsen dengan konsumen. B) Secara teoritis. Aspek Dampak Lingkungan . Aspek Keuangan 4. dan melakukan tindak-lanjut rencana dan kegiatan perusahaan / kelompok.

Suatu kegiatan wirausaha yang mendasarkan evaluasi perkembangan usahanya menggunakan cash-flow akan dapat dengan lebih mudah mengontrol perkembangan usaha yang dilakukannya. Seperti diketahui saat ini semua transaksi yang dilakukan dengan menggunakan kredit pada transaksi barang maka jumlah modal uang yang harus disediakan oleh pelaku wirausaha biasanya minimal sampai 3 (tiga) kali dari jumlah modal uang yang seharusnya dikeluarkan untuk satu kali proses produksi ! . Cash-flow menjadi tolok ukur utama apakah sebuah kegiatan usaha dapat berjalan dengan lancar atau bahkan berkembang atau juga mati. secara praktis kredit akan memberikan beban modal yang lebih besar dan banyak kepada pelaku wirausaha. Selain ragam kredit yang sangat banyak.C) Kenapa Jika arah kegiatan yang dilakukan benar maka tujuan yang akan dicapai dapat diprediksi keberhasilannya. jika evaluasi atas kegiatan usaha juga disertakan dengan unsur kas yang berupa kredit maka evaluasi dan kontrol atas usaha menjadi semakin sulit. Sebaliknya. Hal utama yang menjadi fokus evaluasi dalam satu kegiatan wirausaha adalah ”cash-flow” atau aliran kas tunai.

karena keberhasilan dan kegagalan adalah prinsip dalam bisnis.Pantang bagi wirausaha untuk menyerah terhadap tantangan dan ancaman yang ada.F. .Dalam berwirausaha harus mengambil hikmah untuk melakukan kerja keras dan terus melakukan kegiatan yang positif.Sebaliknya tantangan dan ancaman dalam bisnis harus dijadikan peluang yang menghasilkan keuntungan. Kegagalan Wirausaha Sebagai Bekal Wirausaha tidak lepas dari kegagalan.