PERIKLANAN

DEFINISI PERIKLANAN 

Iklan ialah promosi barang, jasa, perusahaan dan ide yang harus dibayar oleh sebuah sponsor. Pemasaran melihat iklan sebagai bagian dari strategi promosi secara keseluruhan. Komponen lainnya dari promosi termasuk publisitas, relasi publik, penjualan, dan promosi penjualan.



Iklan tulis mulai dikenal sejak zaman Yunani kuno. Ketika itu, iklan berisi mengenai budak-budak yang melarikan diri dari tuannya atau mengenai penyelenggaraan pertandingan Gladiator, pada masa ini iklan hanyalah berupa surat edaran. Beberapa waktu kemudian barulah muncul metode periklanan yang ditulis dengan tangan dan dengan kertas yang lebih besar di Inggris. Iklan pertama yang dicetak di Inggris ditemukan pada Imperial Intelligencer Maret 1648. Sampai tahun 1850-an, di Eropa iklan belum sepenuhnya dimuat di suratkabar. Kebanyakan masih berupa pamflet, leaflet, dan brosur. Iklan majalah pertama muncul dalam majalah Harper tahun 1864.[1]

 

Iklan baris (bahasa Inggris: Classified advertising) adalah salah satu cara promosi barang dan jasa yang umumnya ditemukan di koran. Cara ini merupakan pengembangan dari promosi iklan yang mengutamakan daya tarik dengan gambar dan dengan informasi yang lebih lengkap dan terinci. Iklan baris mengutamakan informasi yang paling inti yang perlu diketahui oleh peminatnya. Karena itu biasanya iklan baris hanya memuat informasi seperlunya dan hanya membutuhkan beberapa baris saja. Biasanya koran-koran mensyaratkan iklan baris minimal 2-3 baris.

Misalnya. motor. tetapi juga media lainnya.    Karena tidak menggunakan gambar sebagai daya tariknya. barang-barang yang dijual pun diklasifikasikan lebih jauh: tanah. Perkembangan teknologi media di masa kini membuat iklan baris tidak lagi terbatas pada koran. Karena ukurannya jauh lebih kecil daripada iklan biasa. rumah. dibeli. dll. kelompok barang yang dijual dipasang dalam baris yang berbeda dengan kelompok barang yang dicari. dan diambil. iklan baris umumnya lebih murah daripada iklan-iklan lain. seperti internet . iklan baris dimuat secara berkelompok sesuai dengan isinya. mobil. Penjual atau pembeli biasanya memberikan nomor telepon atau alamat rumah di mana barang itu dapat dilihat. sehingga koran-koran umumnya dapat menerima iklan baris untuk segera dimuat dalam penerbitan esok harinya. Pemuatannya pun jauh lebih sederhana karena tidak membutuhkan art-work atau ilustrasi grafis. Selanjutnya.

e-society. banyak istilah baru yang menggunakan awalan e-xxx. Kata e dalam epemasaran ini berarti elektronik (electronic) yang artinya kegiatan pemasaran yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik lewat Internet atau jaringan syber. Dengan munculnya teknologi Internet dalam beberapa tahun ini. dll. . Pemasaran Internet atau e-pemasaran (Bahasa Inggris: Internet marketing atau e-marketing atau online-marketing) adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media Internet atau jaringan www. e-business. seperti halnya: e-surat. e-gov.

 Banyak orang beranggapan bahwa pemasaran Internet adalah segala hal yang berhubungan dengan mencari uang di Internet. . yang sebetulnya hal ini tidak benar. Perlu diketahui bahwa ratusan bahkan ribuan program mencari uang di Internet adalah kegiatan yang dilarang dan merupakan scam alias menipu yang hanya menguntungkan untuk orang-orang tertentu saja.

Pemasaran internet atau e-pemasaran ini secara umum meliputi kegiatan pembuatan desain web (web design). pencarian prospek atau pembeli dan penulisan kalimat-kalimat pemasaran atau copywriting. promosi perusahaan lewat mesin pencari informasi (search engine). periklanan dengan menggunakan baner. surat elektronik atau e-surat (e-mail). dll. . periklanan lewat e-surat (email advertising). advertensi interaktif (interactive advertising). Kegiatan pemasaran Internet umumnya meliputi atau berkisar pada hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan. pemasaran afiliasi (affiliate marketing).

lipstik misalnya. yang telah ada di pasaran dan telah mapan pun masih tetap melakukan promosi secara besarbesaran agar produknya tetap laku. Sementara itu.  Reklame adalah media periklanan besar. disertai dengan slogan. pada masa sekarang ini bisa muncul dalam beragam merek. Satu jenis alat kecantikan baru. Kemunculan produk baru yang selalu ditandai dengan beredarnya berbagai bentuk iklan ini adalah suatu hal yang wajar. . Reklame berisi iklan yang ditujukan untuk dilihat pejalan kaki maupun pengendara kendaraan bermotor yang melewatinya. khususnya bila lipstik tersebut adalah produk baru suatu perusahaan. yang biasa ditempatkan pada area yang sering dilalui. Reklame umumnya berisi ilustrasi yang besar dan menarik. produk lipstik lain. misalnya pada sisi persimpangan jalan raya yang padat.

. mengiming-imingi konsumen agar produk yang diiklankan laku terjual sesuai harapan yang ingin dicapai.  Akibat dari persaingan. Dari sisi fotografi hal ini tentu saja bagaikan suatu tantangan untuk membuat gambar yang menjadi sarana utama dalam beriklan. mengambil simpati. yang terjadi adalah "perang produk" berupa perlombaan atau adu kekuatan serta strategi dalam berpromosi dan beriklan yang intinya lebih untuk saling berebut simpati konsumen. Fotografi memang selalu menjadi ujung tombak dalam mempromosikan suatuproduk untuk memikat. Yang paling beruntung dengan terjadinya "perang produk" ini adalah bidang periklanan. juga fotografi yang keberadaannya sangat berperan dalam dunia periklanan.

Apakah itu dengan foto sederhana yang cukup terang dan jelas saja atau foto yang artistik dan abstrak atauimajinatif. hampir bisa dipastikan tak lepas dari foto sebagai salah satu media penyampai gagasan. selebaran. Lihat saja brosur.  Di samping itu pada masa sekarang. label. yang menjadikan seseorang yang melihatnya terkesima . kemasan dan lain-lain yang sering kita saksikan. olah citra digital untuk menciptakan segala bentuk gambar (manipulasi) dengan memanfaatkan komputer juga ikut-ikutan berlomba menciptakan karya gambar yang memikat. atau penyampaikomunikasi antara produsen dan konsumennya. Olah digital juga seolah-olah telah ikut berpesta-pora memperebutkan kue iklan yang menantang.

SEJARAH PERIKLANAN  Metode iklan pertama yang dilakukan oleh manusia sangat sederhana. berisi tentang budakbudak yang lari dari majikannya atau memberitahu akan berlangsungnya pertandingan gladiator. Beberapa waktu kemudian mulai muncul metode iklan dengan tulisan tangan dan dicetak di kertas besar yang berkembang di Inggris. Iklan tulis mulai dikenal pada jaman Yunani Kuno. Pemilik barang yang ingin menjual barangnya akan berteriak di gerbang kota menawarkan barangnya pada pengunjung yang masuk ke kota tersebut. Iklan pada jaman ini hanya berupa surat edaran. .

sistem manajemen periklanan modern seperti posisi manajer iklan mulai diterapkan. Pada abad ke-18.Periklanan di Indonesia . Iklan majalah pertama muncul dalam majalah Harper tahun 1864. Pada masa-masa itu. Iklan pertama yang dicetak di Inggris ditemukan pada Imperial Intelligencer Maret 1648. beberapa toko di Eropa mulai berfungsi sebagai agen yang mengumpulkan iklan untuk suratkabar. periklanan berkembang seiring perkembangan pers yang juga ditandai berkembangnya perusahaan periklanan dengan fungsi sederhana. Sampai tahun 1850an. dan brosur. perusahaan periklanan meningkatkan fungsi dengan menawarkan konsultasi dan jasa periklanan lain. Setelah 1880an. leaflet. Pada peralihan menuju abad ke-20. Pada abad ke-19 mulai dikenal pembelian ruang iklan melalui agen perseorangan (menyalurkan lagi ke perusahaan periklanan). di Eropa iklan belum sepenuhnya dimuat di suratkabar. Kebanyakan masih berupa pamflet.

Pemanfaatan iklan menunjang pemasarannya antara lain dilakukan oleh surat kabar Bientang Timoor dengan iklan yang berbunyi: ³Siapa siapa njang biasa trima soerat kabar bernama Bientang Timoor soeka diteroeskan ini taon 1865. harganja f.15. RTS Masli dalam pengantar buku Reka Reklame menjelaskan bahwa iklan pertama di Indonesia hanya berupa sebuah pengumuman mengenai kedatangan kapal dagang Bataviaasche Nouvelles tahun 1744.bole lekas dikirimkan sama njang kloewarken itoe soratkabar´ . . dikasi taoe njang oewangnja itoe soerat kabar.

biro reklame mulai bermunculan walau tidak bertahan lama karena masalah perekonomian. Cahaya. Pada jaman ini. kematian. digunakan pula iklan display. Iklan juga sempat menjadi sarana propaganda Jepang di Indonesia. pernikahan. menengah. dan kecil (dimiliki oleh orang Tionghoa dan bumiputera).Pada awal abad 20. . Biro reklame pada masa itu dapat dikelompokkan dalam kategori besar (biasanya dimiliki oleh orang Belanda). dan Pemimpin´. Iklan tersebut berisi promosi perusahaan komersial. serta perjalanan). Iklan yang dikeluarkan semakin beragam ( pencarian kerja. Biro reklame Indonesia kembali bangkit sekitar 1930-1942. Selain brosur. Berbagai poster dan selebaran mengkampanyekan Jepang sebagai ³Pelindung. beredar iklan brosur untuk pertama kalinya. Pertumbuhan iklan di Indonesia sangat dipengaruhi oleh modal swasta di sektor perkebunan dan pertambangan pada tahun 1870.

Perusahaan ini dianggap sebagai perintis periklanan modern di Indonesia dengan pelayanan menyeluruh seperti media planning. pembangunan atau perbaikan sekolah dan mengaktifkan BPKKP. 4 Tahun 1967. batik. Pada tahun 1963. tawaran kursus dan tak ketinggalan iklan bioskop yang menayangkan film Jepang. account management. Iklan ini tercatat sebagai iklan layanan masyarakat pertama dalam sejarah periklanan Indonesia. dan bidang lain. pada masa itu tetap banyak iklan lain seperti pasta gigi.Saat ini. pertahanan kemerdekaan. berdiri perusahaan periklanan InterVista Ltd yang dikelola (sekaligus didirikan) oleh Nuradi. mantan diplomat yang pernah bekerja di perusahaan periklanan SH Benson cabang Singapura. Pasca kemerdekaan. Asosiasi perusahaan periklanan ini terwakili pula dalam keanggotaan Dewan Pers yang secara resmi dituangkan dalam UU No. .  Namun. riset. muncul iklan himbauan untuk menyumbangkan dana bagi kepentingan perjuangan. berbagai perusahaan periklanan di Indonesia tergabung dalam suatu asosiasi yaitu PPPI.

TUJUAN IKLAN  Advertising. is a powerful educational tool capable of reaching and motivating large audiences. in its non-commercial guise. "Advertising justifies its existence when used in the public interest .it is much too powerful a tool to use solely for commercial .

yakni : comercial advertising. ada beberapa jenis iklan. Dilihat dari tujuannya. . corporate advertising. dan public service advertising purposes.

Iklan komersial ini sendiri terbagi menjadi beberapa macam a. Comercial Advertising. Iklan komersial adalah iklan yang bertujuan untuk mendukung kampanye pemasaran suatu produk atau jasa. Perhatian utama dalam jangka panjang adalah memposisikan merek serta membangun pangsa pikiran dan pangsa pasar. Digunakan untuk membangun merek. . Hal itu dilakukan dengan mengkomunikasikan nilai merek dan manfaat produk. Iklan Strategis. Iklan ini mengundang konsumen untuk menikmati hubungan dengan merek serta meyakinkan bahwa merek ini ada bagi para pengguna.

b. Iklan Taktis Memiliki tujuan yang mendesak. . Iklan ini dirancang untuk mendorong konsumen agar segera melakukan kontak dengan merek tertentu. Pada umumnya iklan ini memberikan penawaran khusus jangka pendek yang memacu konsumen memberikan respon pada hari yang sama.

Iklan Corporate merupakan bentuk lain dari iklan strategis ketika sebuah perusahaan melakukan kampanye untuk mengkomunikasikan nilai-nilai korporatnya kepada Public. peluncuran merek dagang atau logo perusahaan yang baru atau mengkomunikasikan kepedulian perusahaan terhadap lingkungan sekitar . mempunyai nilai berita dan biasanya selalu dikaitkan dengan kegiatan yang berorientasi pada kepentingan masyarakat. Iklan Corporate akan efektif bila didukung oleh fakta yang kuat dan relevan dengan masyarakat. komitmen perusahaan kepada pengawasan mutu. Iklan Corporate sering kali berbicara tentang nilai-nilai warisan perusahaan.2. Corporate Advertising Iklan yang bertujuan membangun citra suatu perusahaan yang pada akhirnya diharapkan juga membangun citra positif produkproduk atau jasa yang diproduksi oleh perusahaan tersebut.

misalnya masalah kebersihan lingkungan. pernyataan atau himbauan kepada masyarakat untuk melakukan atau tidak melakukan suatu tindakan demi kepentingan umum atau merubah perilaku yang ³tidak baik´ supaya menjadi lebih baik. Public Service Advertising.3. Iklan Layanan Masyarakat merupakan bagian dari kampanye social marketing yang bertujuan menjual gagasan atau ide untuk kepentingan atau pelayanan masyarakat. mendorong penghargaan terhadap perbedaan pendapat. Biasanya pesan Iklan Layanan Masyarakat berupa ajakan. . keluarga berencana. dan sebagainya.

Mengidentifikasi manfat-manfaat bagi pelanggan yang dapat digunakan sebagai daya tarik pemasangan iklan. believable (dapat dipercaya) dan distinctive (khas). yakni strategi pesan . Menciptakan daya tarik khusus yang akan digunakan dalam kampanye pemasangan iklan. Ini mencakup tampilan iklan. Daya tarik iklan harus memiliki tiga sifat yakni meaningful (berarti). . Strategi Pesan. a. Menciptakan konsep kreatif yang kuat.      Efektivitas penyampaian pesan ditentukan beberapa hal. tone dan format pesan. meliputi langkah-langkah sebagai berikut Memutuskan pesan umum apa yang akan dikomunikasikan.pelaksanaan pesan.

Bukti atau dukungan testimonial. Gaya ini menunjukkan satu atau lebih orang khas yang menggunakan produk dalam situasi normal. Gaya ini menampilkan sumber yang sangat dapat dipercaya dan disukai yang mendukung produk tersebut. Pelaksanaan Pesan bisa dalam berbagai gaya di antaranya : Potongan kehidupan ( slice of life ). Gaya ini menunjukkan satu lebih orang atau tokoh orang atau kartun yang menyanyikan lagu tentang produk tersebut. Gaya ini menunjukkan keahlian perusahaan dalam menghasilkan produk. Musikal ( musical ). Gaya ini menciptakan tokoh yang mewakili produk. Gaya ini emnciptakan suasana hati atau citra di sekitar produk. b. Keahlian tehnis ( technical espertise). Gaya ini menunjukkan kecocokan sebuah produk dengan gaya hidup tertentu. Fantasi. Gaya hidup ( life style ). Bukti ilmiah ( scientific evidence ). Simbol kepribadian (personality symbol). Gaya ini menciptakan fantasi di sekitar produk atau kegunaannya. . Gaya ini menampilkan hasil survei atau buku ilmiah tentang keunggulan produk. Suasana hati atau citra ( mood or image ).

Iklan yang dibuat harus menggunakan kata-kata yang mudah dan terutama menarik perhatian. harus cukup kuat agar bisa menarik perhatian audience. Beberapa hal yang harus dilihat. bagian utama tulisan iklan. harus sederhana tetapi kuat dan meyakinkan. Perubahan kecil pada format design iklan misalnya. .      c. Ilustrasi ( illustration ). konsumen cenderung mudah mengingat sebuah produktone iklannya yang menarik. Format. Teks (copy). Judul ( headline) harus secara eefektif menarik orang yang tepat bersedia membaca teksnya. Tone dalam iklan jelas diperlukan. unsure yang juga berdampak besar pada kualitas penayangan iklan. dalam penentuan format iklan adalah. d. bisa melahirkan dampak sangat besar. Riset menunjukkan.

yakni kebiasaan media pelanggan sasaran. jenis pesan ( pesan dengan jenis berbeda sering memerlukan media berbeda pula). sifat produk yang relevan dengan media yang dipilih. Memilih sarana media khusus Memutuskan penentuan waktu media .MEMILIH MEDIA PEMASANGAN IKLAN        Meliputi empat langkah utama yakni: Memutuskan jangkauan. Perencana pesan iklan harus memahami jangkauan. Memilih jenis media utama Ada sejumlah factor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih media. frekuensi dan dampak. dan biaya. frekuensi dan dampak masing-masing media utama sebelum memutuskan memilih media mana yang akan digunakan.

memutuskan mengganti saluran saat iklan ditayangkan. Sehingga pemasar perlu jeli memilih dan menentukan epsan iklan yang disampaikan.     Strategi pemasangan iklan meliputi dua unsure utama yakni menciptakan pesan iklan. menghibur dan bermanfaat´. Sehingga jangan sampai biaya besar tidak mencapai hasil yang diharapkan. Iklan yang disajikan harus merupakan ³suguhan imaginative. Menciptakan Pesan Iklan Pesan iklan yang efektif menentukan efektif tidaknya iklan tersebut diluncurkan dan menapat tanggapan memuaskan dari audience. karena biaya iklan nyatanya memang sangat tinggi. sebagian besar penonton televise misalnya. Strategi pemasangan iklan perlu difahami dan diterapkan dengan baik. Kenyataan menunjukkan. Iklan yang dibutuhkan saat ini adalah iklan yang tidak melulu menjual. tapi juga menghibur. . interaktif. dan memilih media tempat memasang iklan.

. sekadar informasi atau bahkan digunakan untuk kepentingan politik. dan akhirnya melebar ke semua belahan penjuru dunia. Iklan televise juga lebih variatif. untuk memutarkan spot produk mereka selama 20 detik sebelum penayangan pertandingan baseball antara Brooklyn Dodgers dan Philadelphia Phillies. Iklan televisi. iklan televisi bisa murni iklan comercial. grafis dan sound effect. sponsorsip. Baik dari tujuan. politik. saat ini untuk durasi yang sama bisa mencapai pululan juta rupiah. Tarifnya pun terus melejit.IKLAN TELEVISI     A television advertisement is a span of television programming produced and paid for by an organisation that conveys a message Iklan televisi. seperti yang dijelaskan sebelumnya memiliki kelebihan lewat efek sudio visualnya. Iklan melalui televisi bisa benar-benar komersil. Saat ini. jenis maupun penampilannya sesuai dengan kemajuan teknologi animasi. pertama kali ada 1 Juli 1941 di Amerika Serikat saat Bulova Watch Company membayar 9$ kepada New York City NBC. Kemunculan iklan pertama tersebut terus disusul iklan-iklan lainnya. Dan ini berdampak pula pada proses penangkapan pesan dan pengambilan keputusan konsumen ( penonton televise ). atau bahlan promo acara/program televisi. Jika tahun 1941 untuk 20 detik hanya 9$.

Bisa internet. sms (mobile access). sehingga proses pengambilan keputusan oleh konsumen pun bisa lebih mudah dipersuasi. Iklan interaktif bisa menggunakan berbagai pilihan media. sampai televise interaktiv. Iklan interaktif jika dikemas dengan baik akan dengan sangat mudah meningkatkan kontal personal dan langsung dengan konsumen. Manfaat iklan interaktif buat pengiklan di antaranya: Bisa memaksimalkan iklan 30 detik untuk ³mengikat konsumen´ Meningkatkan brand Menjual langsung produk Menciptakan promosi dalam waktu bersamaan .IKLAN INTERAKTIF        Interactive Advertising is the use of interactive media to promote and/or influence the buying decisions of the consumer in an online and offline environment.

QUADRANT LAYOUT Bentuk tampilan iklan yang gambarnya dibagi menjadi empat bagian dengan volume/isi yang berbeda. ketiga 12%.BEBERAPA CONTOH LAYOUT IKLAN    COMIC STRIPS LAYOUT Penyajian iklan yang dirancang secara kreatif sehingga merupakan bentuk media komik. Misalnya kotak pertama 45%. . (mempunyai perbedaan yang menyolok apabila dibagi empat sama besar). dan keempat 38%. REBUS LAYOUT Susunan lay out iklan yang menampilkan perpaduan gambar dan teks sehingga membentuk suatu cerita TWO MORTISES LAYOUT Penyajian bentuk iklan yang penggarapannya menghadirkan dua inset yang masing-masing memvisualkan secara diskriptif mengenai hasil penggunaan/detail dari produk yang ditawarkan. kedua 5%. lengkap dengan captions nya.

. biasanya membentuk sudut antara 40-70 derajat BLEED LAYOUT Sajian iklan dimana sekeliling bidang menggunakan frame (seolah-olah belum dipotong pinggirnya). VERTICAL PANEL LAYOUT Tata letaknya menghadirkan garis pemisah secara vertical dan membagi lay out iklan tersebut. Catatan: Bleed artinya belum dipotong menurut pas cruis (utuh) kalau Trim sudah dipotong.     INFORMAL BALANCE LAYOUT Tata letak iklan yang tampilan elemen visualnya merupakan suatu perbandingan yang tidak seimbang. Posisi bentuk L nya bisa tebalik. dan dimuka bentuk L tersebut dibiarkan kosong ALPHABET LAYOUT Tata letak iklan yang menekankan pada susunan huruf atau angka yang berurutan atau membentuk suatu kata dan diimprovisasikan sehingga menimbulkan kesan narasi (cerita). ANGULAR LAYOUT Penyajian iklan dengan susunan elemen visualnya membentuk sudut kemiringan. BRACE LAYOUT Unsur-unsur dalam tata letak iklan membentuk letter L (L-Shape).

yaitu desain iklan tersebut seolaholah bagian per bagian (gambar atau teks) berada di dalam skala grid SIRCUS LAYOUT Penyajian iklan yang tata letaknya tidak mengacu pada ketentuan baku. Komposisi gambar visualnya. Penyajian bisa berupa Text-Rap/warna spot color yang berbentuk gambar ilustrasi atau pantulan sinar seadanya dengan tehnik fotografi .      JUMBLE LAYOUT Penyajian iklan yang merupakan kebalikan dari sircus lay out. yaitu komposisi beberapa gambar dan teksnya disusun secara teratur TYPE SPECIMEN LAYOUT Tata letak iklan yang hanya menekankan pada penampilan jenis huruf dengan point size yang besar. Pada umumnya hanya berupa Head Line saja. FRAME LAYOUT Suatu tampilan iklan dimana border/bingkai/frame nya membentuk suatu naratif (mempunyai cerita) SILHUETTE LAYOUT Sajian iklan yang berupa gambar ilustrasi atau tehnik fotografi dimana hanya ditonjolkan bayangannya saja. bahkan kadang-kadang teks dan susunannya tidak beraturan. GRID LAYOUT Suatu tata letak iklan yang mengacu pada konsep grid.

dimana masing-masing bidangnya sejajar dengan bidang penyajian dan memuat gambar/copy yang saling berpadu sehingga membentuk suatu komposisi yang konseptual MULTI PANEL LAY OUT Bentuk iklan dimana dalam satu bidang penyajian dibagi menjadi beberapa tema visual dalam bentuk yang sama (square/double square semuanya). yaitu: penyajian iklan yang mengacu pada bentuk-bentuk square/landscape/portait. .    PICTURE WINDOW LAYOUT Tata letak iklan dimana produk yang diiklankan ditampilkan secara close up. Bisa dalam bentuk produknya itu sendiri atau juga bisa menggunakan model (public figure) COPY HEAVY LAYOUT Tata letaknya mengutamakan pada bentuk copy writing (naskah iklan) atau dengan kata lain komposisi lay out nya didominasi oleh penyajian teks (copy) MONDRIAN LAYOUT Mengacu pada konsep seorang pelukis Belanda bernama Piet Mondrian.

tetapi informasi yang disajikan harus yang tidak menuntut selalu up to date 3. dan tingkar keterbacaan bagus. Liputan pasar masal. Televisi. kecepatan waktu. Personal. pesn cepat berlalu. kualitas reproduksi jelek. dampak relative rendah. Fleksibel. daya tarik tinggi karena faktor audio visual. Selektivitas tinggi. prestise dan kredibel. Hanya audio. citra surat hádala sampah masih tinggi 5. kulaitas reproduksi tinggi. selektivitas posisi tinggi. perhatian mendengar rendah. Biaya absolute besar. paparan berlangsung cepat. di antaranya: 1. khalayak mengendalikan trepan. 8. pemindahan tangan khalayak kecil 2. keterpaparan berulang tinggi. 4. Surat langsung. persaingan pesan rendag. 6. fleksibel. biaya relative lebih rendah.Khalayak terpisah secara demografi kecil. diterima secara luas. masa edar lama. Radio. Selektivitas geografis demografis tinggi. biaya rendah. Dipasarkan masal. Biaya perpaparan tinggi. selektivitas khalayak tinggi.METODE DAN MEDIA IKLAN                  Terdapat beberapa metode dan media advertising. masa edar pendek. . Fleksibilitas. selektivitas khalayak kurang. biaya rendah. kesemerawutan tinggi. tidak ada persaingan iklan pada media yang sama. selektivitas geografis dan demografis tinggi. Biaya mahal dan tidak ada jaminan posisi. liputan pasar local yang bagus. Penerimaan local bagus. Internet. tingkat kepercayaan tinggi. Majalah. Brosur. cepat.Kekurangannya. 7. Luar Ruang . kemampuan interaktif. Selektvitas khalayak rendah. Koran.

menentukan budgetbnya dan menentukan lama-nya waktu kampanye produk-nya. Advertising Agency (Biro Iklan) Pengiklan menyewa sebuah biro iklan karena biro iklan biasanya lebih mengerti mengenai strategi dan konsep kreatif. Pengiklan mempunyai tugas untuk mementukan target audiencenya. Pengiklan juga yang akan mempekerjakan biro iklan untuk mengkomunikasikan pesan yang ingin disampaikan kepada target audience. memilih media yang akan digunakan. 2. terdapat 5 pemain yang memegang peranan penting: 1. pengetahuan mengenai media dan lain sebagainya sehingga pesan yang akan disampaikan pengiklan dapat disampaikan dengan baik ke target audience. The Advertiser ( pengiklan ) Adalah orang yang ingin menyampaikan pesan kepada pasar.Dalam periklanan. .

. Dibagi macam :-Freelance( fotografer. Misalnya pengiklan hanya membutuhkan jasa pembuatan website atau brosur.  Full Services Advertising Agency Usaha periklanan yang berskala besar yang memberikan pelayanan secara lengkap bekerja berdasarkan kontrak bukan per-project.  Medium Advertising Agency Sebuah usaha periklanan yang berskala menengah dan mempunyai jasa pelayanan yang lengkap namun pengiklan boleh memilih pelayanan yang mereka inginkan saja. Biasanya sebuah biro iklan dikontrak untuk satu masa kampanye  Relodex Advertising Agency Bentuk usaha periklanan yang flexible yang tidak memiliki staff yang tetap. desainer dll. Bekerja berdasarkan project.Biro iklan sendiri terdiri dari beberapa tipe yaitu:  Independent Creative Services Jasa kreatif sampai ke produksi. Biasanya terdiri dari beberapa professional yang sudah memiliki pekerjaan tetap di biro iklan lain. )-Biro Kreatif( bukan perorangan tetapi sebuah team kerja. copywriter.

copywriters dan lainnya. In House Advertising Agency Bentuknya hanya berupa divisi dalam sebuah perusahaan. consultant media dan para designer professional yang bekerja sendiri seperti photographer.     Media Broker Usaha periklanan yang memfokuskan diri pada penyediaan ruang dan waktu pada media. Mereka adalah freelance. The Target Audience Adalah sasaran dari pengiklan dan biro iklan. . Biasanya digunakan pada department store / mall atau perusahaan yang mempunyai event berkala dalam jangka waktu yang dekat The Media Adalah tempat atau waktu yang akan digunakan oleh biro iklan untuk menyampaikan pesannya ke target audience. Semua strategi dan konsep selalu dimulai dari konsumen atau target market. Media yang akan digunakan (bisa lebih dari satu) akan menyampaikan pesan secara konsisten sesuai dengan konsep kreatif biro iklan Vendors Adalah sekelompok pendukung biro iklan.

periklanan memegang kunci penting. Bauran komunikasi pemasaran (marketing communication mix/promotion mix) merupakan ramuan sekaligus penerapan lima alat promosi utama perusahaan untuk mencapai tujuantujuan pemasaran. kontribusi advertising bagi perusahaan jelas tidak dapat disepelekan. instead promotional money is spent on other promotion options such a personal selling through a sales team Bicara soal manfaat. terutama dalam hal pelaksanaan promosi perusahaan. advertising/periklanan merupakan bagian dari promotion mix/ bauran promosi.   While worldwide advertising is an important contributor to economic growth. Di dalam aktivitas perusahaan. Bahkan. individual marketing organizations differ on the role advertising plays. . For some organizations little advertising may be done.

bingkisan. Hubungan masyarakat. . Ikut serta atau mengadakan acara-acara tertentu yang sifatnya tidak murni profit orientes dengan instansi lain. setiap bentuk presentasi dan promosi non personal yang memerlukan biaya tentang gagasan. atau iklan luar ruangan seperti pesamangan billboard. kupon belanja. presentasi personal oleh tenaga penjualan sebuah perusahaan dengan tujuan menghasilkan transaksi penjualan dan membangun hubungan dengan pelanggan. pameran dagang dan promosi insentif. discount. membangun hubungan baik dengan public internal/eksternal) untuk membangun atau bahkan meningkatkan image baik perusahaan.Yang termasuk lima alat promosi itu sendiri adalah :      Pemasangan iklan. Meliputi pajangan-pajangan di sejumlah titik/lokasi penting pemasaran. Pemasaran langsung. hubungan langsung dengan pelanggan yang ditargetkan secara tepat dengan tujuan mendapatkan tanggapan sesegera mungkin untuk menciptakan hubungan baik dengan pelanggan yang langgeng. spanduk dan poster. catalog. Mencakup presentasi penjualan. atau jasa oleh sponsor yang jelas. insenstif-insentif jangka pendek untuk mendorong pembelian atau penjualan sebuah produk/jasa. Promosi penjualan. Penjualan personal. pasang poster di kios-kios. iklan via internet dll. Meliputi telemarketing. Misalkan dengan menggelar acara malam bhskti sosial atau penggalangan dana. pemasangan iklan khusus. Bisa melalui iklan media massa yang ada . barang.

JENIS-JENIS IKLAN Secara garis besar. yaitu: Iklan konsumen Iklan bisnis ke bisnis atau iklan antarbisnis Iklan perdagangan Iklan eceran Iklan keuangan Iklan langsung Iklan lowongan kerja        . iklan dapat digolongkan menjadi tujuh kategori pokok.

Barang konsumen. bangunan tempat tinggal. yakni barang yang penjualannya bisa berulang-ulang sebagai kebutuhan sehari-hari (seperti. sabun. perhiasan. dengan bantuan penyebaran literatur penjualan. shampoo. Barang tahan lama. bahan makanan. penyelenggaraan pameranpameran dan promosi penjualan secara berkala.   IKLAN KONSUMEN Terdapat dua macam barang yang umum dibeli masyarakat yaitu. serta iklan bioskop dalam keadaan lebih terbatas.). radio. dsb. . yakni jenis barang yang harganya mahal dan sifatnya tahan lama (seperti. televisi. wahana iklan luar ruangan. dsb. mobil.) Media utama bagi iklan barang konsumen adalah koran-koran bertiras banyak.

fasilitas pabrik dan mesin. serta seminar dan demonstrasi teknik.   IKLAN ANTARBISNIS Kegunaan iklan antarbisnis adalah mempromosikan barangbarang dan jasa non-konsumen. literatur dan katalog teknik. dan lain-lain. pasokan alat tulis kantor. suku cadang dan assesori-assesori. Produk yang diiklankan adalah barang antara yang harus diolah atau menjadi unsur produksi. jasa kiriman pos. serta jasa-jasa seperti asuransi. pameranpameran dagang. komponen. Media utama bagi iklan antarbisnis antara lain jurnal-jurnal perdagangan dan teknik. Termasuk disini adalah pengiklan bahan-bahan mentah. Artinya baik pemasang maupun sasaran iklan sama-sama perusahaan. .

Media utama yang digunakan adalah kiriman pos. eksportir/importir. dan para pedagangbesar dan kecil. para agen. radio. dan lain-lain. Kegunaan iklan ini untuk memberikan informasi kepada para pedagang tentang barang-barang yang tersedia untuk dijual kembali. syarat atau promosi penjualan. misalkan potongan harga. televisi. apakah dengan mengingatkan mereka pada merek-merek terkenal. atau tak jarang mengumumkan hal-hal khusus untuk membantu para pengecer menjajakan barang-barang tersebut.Barang-barang yang diiklankan itu adalah barang-barang untuk dijual kembali. .   IKLAN PERDAGANGAN Iklan ini ditujukan bagi kalangan distributor. pedagang-pedagang kulakan besar. memperkenalkan barang-barang baru.

siaran iklan di televisi. untuk menjual stok suatu toko. dan katalog-katalog. Ada distributor eceran yang menunjuk dealer untuk barang-barang tertentu. atau mengumumkan penawaran khusus. selebaran iklan di jendeladan ruang dalam toko. selebaran iklan di pintu masuk kacadepan toko. yakni merangsang orang-orang yang lalu lalang didepan toko tersebut untuk masuk ke dalam. misalnya saja dealer mobil. Iklan mengenai makanan kaleng bermutu tinggi. restoran atau pialang asuransi. memikat para konsumen dengan janji-ianji tertentu dan berkenaan dengan toko atau para pengecer di jajaran depan distribusi. meningkatkan apa yang biasa disebut sebagai ¶store traffic¶. atau jus minuman yang bermutu sering kita lihat di pasar swalayan itu tidak dibuat oleh pihak pengelola pasar swalayan yang bersangkutan. Ada 3 kegunaan iklan eceran tersebut. bisa juga mempromosikan barang-barang yang musiman sifatnya. koran harian lokal. Contoh yang paling mencolok adalah iklan-iklan yang dilancarkan oleh pasar swalayan atau pun toko-toko serba ada berukuran besar. . gerai penjualan) yang menjual produk tadi kepada para konsumen. poster-poster. dan iklan itu biasanya ditempatkan disemua lokasi (toko. Media bagi iklan eceran biasanya adalah koran mingguan lokal. melainkan oleh perusahaan yang membuat makanan atau minuman kemasan itu.kiriman pos. Iklan ini dibuat dan sebarluaskan oleh pihak pemasok atau perusahaan/pabrik pembuat produk. mempopulerkan perusahaan. menjual barang-barang yang eksklusif bagi toko tertentu.    IKLAN ECERAN Karakteristik dan sifat iklan ini ditengah-tengah iklan perdagangan dan iklan konsumen. yaitu. Contoh lain iklan di pompa bensin. siaran niaga di radio. untuk menampilkan pola pemilihan produk yang cermat.

pemasokan art-work. semua biaya ditanggung pemasok. .  IKLAN BERSAMA Dukungan Iklan ini diberikan oleh pihak perusahaan/pabrik kepada para pengecer produkproduknya. dan daftar distributor. Iklan kerjasama ini bisa dalam pemakaian logo. atau iklan industri/iklan dagang misalnya perusahaan gelas. pembiayaan bersama. Ini bisa disebut juga jenis kerjasama iklan baik dalam bentuk promosi bersama (joint promotion) misalnya roti dan mentega.

Media utama yang dipilih tentunya bergantung dari khalayak yang hendak dituju.asuransi. baik dalam bentuk asuransi. surat obligasi. Iklan ini digunakan untuk menghimpun dana pinjaman atau menawarkan modal. penjualan saham. surat utang. atau dana pensiun. . IKLAN KEUANGAN Iklan keuangan secara umum meliputi iklaniklan untuk bank. jasa tabungan. dan investasi.

Bentuk iklannya antara lain iklan kolom. Jenis-jenis iklan rekrutmen terdiri dari 2 jenis. dan iklan yang berasal dari lembaga. jurnal perdagangan. radio. teknik dan profesional. yaitu iklan yang diisi para pencari kerja dengan menyertakan identitas atau kotak pos. televisi dan media lainnya seperti surat kabar nasional. IKLAN LOWONGAN Iklan ini bertujuan untuk merekrut calon pegawai atau karyawan. terbitan-terbitan gratis. . pers daerah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful