You are on page 1of 10

PROPOSAL PENELITIAN Disusun Oleh: FATIH HENGGAR PANGGALIH 20140420020 PROGRAM STUDI AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS 2017 .

JUDUL PENELITIAN PENGARUH PENERAPAN SISTEM PAJAK ONLINE DAN KEADILAN SISTEM PERPAJAKAN PADA KEPATUHAN WAJIB PAJAK (STUDI KASUS PADA UMKM WILAYAH YOGYAKARTA) .

LATAR BELAKANG  Bank syariah adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha berdasarkan prinsip Syariah  Bank syariah sendiri telah ada sejak tahun 1990-an  sejak tahun 1992 Indonesia memperkenalkan dual banking system atau bisa disebut juga “sistem perbankan ganda”  Melalui UU No. 23 tahun 1999. akad ijarah. pemerintah memberikan kewenangan kepada Bank Indonesia untuk dapat menjalankan tugasnya berdasarkan prinsip syariah. . akad salam. akad istishna. dan akad qardh. akad musyarakah. yaitu akad wadiah. akad murabahah. sedangkan pihak lainnya menjadi pengelola.  Ada 8 macam pembiayaan pada perbankan syariah.  al-mudharabah adalah akad kerjasama usaha antara dua pihak dimana pihak pertama (shahibul maal) menyediakan seluruh (100%) modal. akad mudharabah.

LATAR BELAKANG  fakta di lapangan. jumlah pembiayaan mudharabah selalu lebih kecil daripada jumlah pembiayaan murabahah. yang merupakan pembiayaan dengan prinsip jual beli. sedangkan untuk pembiayaan murabahah adalah sekitar 58% di setiap tahunnya  Neneng (2010) menjelaskan rendahnya pembiayaan dengan skema mudharabah disebabkan karena adanya resiko yang tinggi yang terkandung dalam mudharabah  Penelitian ini penting karena Bank Indonesia sendiri sebagai regulator telah menyarankan agar perbankan syariah untuk mengurangi pembiayaan dengan skema murabahah (jual beli) . Pembiayaan mudharabah hanya mendapatkan jumlah sekitar 16% di setiap tahunnya.

dan tingkat bagi hasil. CAR. Batasan Masalah Penelitian • Penelitian ini membatasi pengujian faktor yang mempengaruhi rendahnya pembiayaan mudharabah pada sistem perbankan ganda dalam penerapan FDR. . • Ruang lingkup penelitian hanya pada perbankan sistem ganda di wilayah Yogyakarta. ROA. NPF.

Rumusan Masalah Penelitian  Untuk menguji Apakah penerapan financing to deposit ratio berpengaruh Positif pada rendahnya pembiayaan mudharabah pada sistem perbankan ganda ?  Untuk menguji Apakah penerapan non performing financing berpengaruh Positif pada rendahnya pembiayaan mudharabah pada sistem perbankan ganda ?  Untuk menguji Apakah penerapan return on assets berpengaruh Positif pada rendahnya pembiayaan mudharabah pada sistem perbankan ganda ?  Untuk menguji Apakah penerapan capital adequacy ratio berpengaruh Positif pada rendahnya pembiayaan mudharabah pada sistem perbankan ganda ?  Untuk menguji Apakah penerapan tingkat bagi hasil berpengaruh Positif pada rendahnya pembiayaan .

Manfaat Penelitian  Manfaat Praktis 1. Bagi perbankan . Bagi Akademisi 2.

LANDASAN TEORI Teori Stewardship .

ROA.4.3. Gilang (2013) Riyadi Slamet (2015) Yulianto Agung (2014) VS Wibowo (2013) Prasetyo p (2013) Putra (2015) H1. CAR. dan tingkat bagi hasil.5: penerapan FDR. dan tingkat bagi hasil berpengaruh positif pada pada rendahnya pembiayaan mudharabah pada sistem perbankan . CAR. NPF.2. Penelitian Terdahulu dan Penurunan Hipotesis  Hubungan Penerapan penerapan FDR. ROA. NPF.