You are on page 1of 12

GDH II

KASUS LANSIA
Disusun Oleh :
1. Dian Irianita Br Manik 22030115120048
2. Ninuk Haryanti 22030115120052
3. Rohmatul Ummah 22030115120062

Program Studi S1 Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro
2017

KARAKTERISTIK YANG TERJADI .

DATA ANTROPOMETRI .

A tinggal 1 atap bersama 2 orang anaknya yang sudah berkeluarga. karena tergantung musim panen. Riwayat penyakit yang pernah di derita adalah maag dan tidak mempunyai alergi . Ny. Aktivitas yang lainnya dalah beres-beres rumah dan kadang memasak. A sudah meninggal sekitar 3 bulan yang lalu. GAMBARAN KASUS Ny. Suami Ny. Pendidikan terakhir nya adalah SD(Sekolah Dasar). Kebutuhan Ny. . Makanan kesukaannya adalah daging ayam dan telur ayam. A seorang lansia berumur 62 tahun. Ny. A dipenuhi oleh anak-anaknya dan hasil pertaniannya. sedangkan cemilan kesukaannya adalah kerupuk dan singkong goreng. Memiliki berat badan 47. A mempunyai 9 orang anak. Penghasilannya <500 rb / bulan. A dirumah merawat cucu.8 kg dan 145 cm. sedangkan anaknya bekerja sebagai karyawan pabrik. Ny. Ny. 8 anaknya sudah berkeluarga dan 1 anak masih kuliah. A seorang petani jagung dan padi. Jika tidak ke kebun atau sawah. A adalah 3 kali sehari. A berprofesi sebagai petani. Ny. Kebiasaan makan Ny.

KERANGKA SEBAB AKIBAT .

. Fe.A dipengaruhi oleh faktor usia. vitamin B1. dan vitamin A. ANALISIS PENYEBAB MASALAH Defisiensi zat gizi makro dan mikro. kebiasaan makan. Zat gizi makro yang dimaksud adalah serat. dan jenis makanan yang di kosnumsi. vitamin C. sedangkan zat gizi mikronya meliputi kalsium. aktivitas fisik. Masalah zat gizi yang di alami oleh Ny.

B. ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH 1. REKOMENDASI MENU  Meningkatkan asupan serat  Meningkatkan asupan kalsium  Meningkatkan asupan Fe  Meningkatkan asupan vitamin A. KONSELING DAN EDUKASI GIZI .C dan D 2.

MITOS Kurangi Konsumsi Bayam dan Kacang-kacangan .

Zat gizi mikro yang dimaksud ialah kalsium. Hal tersebut dapat menjadi penyebab defisiensi zat gizi mikro Ny.A berada pada cut-off normal. Ny.A yaitu Fe.8 kg dan 145 cm. Ny. Kekurangan zat gizi tersebut disebabkan oleh kurang bervariasinya makanan yang dimakan oleh Ny. Berdasarkan analisis anamnesa makanan. Yang pertama usia. dan vitamin A. vitamin C.A berumur 62 tahun dan telah mengalami menopause. Fe. faktor usia mempengaruhi tingkat konsumsi seseorang. . Ny. Hal tersebut dapat menjadi penyebab defisiensi zat gizi mikro Ny.A mengalami defisiensi zat gizi mikro dan makro.A memiliki berat badan 47. vitamin B1. PEMBAHASAN Ny. Kebiasaan makan Ny.A masih kurang. Teh manis mengandung Tanin. sedangkan cemilan kesukaan Ny. Hal ini diketahui melalui anamnesa makanan Ny. kebiasaan makan juga dapat mempengaruhi tingkat asupan Ny.A mengkonsumsi teh manis setiap hari. Tanin merupakan salah satu zat gizi yang menghambat penyerapan teh manis. A adalah 3 kali sehari. Berdasarkan anamesa makanan. vitamin C dan vitamin A. A kurang mengkonsumsi sayur dan buah tiap harinya. Makanan kesukaan Ny. Selain itu.A. Masalah zat gizi ini dipengaruhi oleh beberapa faktor.A.A seorang lansia berumur 62 tahun. faktor asupan sangat berpengaruh langsung terhadap tingkat kosumsi zat gizi seseorang. Ny.A adalah kerupuk dan singkong goreng. Ny.A yaitu vitamin B1.A menggunakan FOOD FREQUENCY QUESTIONNAIRE (FFQ)yang menunjukkan bahwa tingkat konsumsi sayur dan buah Ny. Yang kedua ialah makanan. Berdasarkan analisis data antropometri Ny. Sayur dan buah merupakan makanan sumber tinggi vitamin. Hal tersebut dapat menjadi penyebab menurunnya kadar kalsium karena adanya penurunan hormon estrogen. Zat gizi makro yang dimaksud ialah serat.A adalah daging ayam dan telur ayam.

.A mengalami defisiensi zat gizi makro dan mikro. Defisiensi zat gizi makro dan mikro diketahui melalui analisis anamnesa makanan menggunakan FOOD FREQUENCY QUESTIONNAIRE (FFQ). G adalah dengan memberikan rekomendasi menu dan melakukan Konseling- Edukasi Gizi. Hal ini dapat diintervensikan kepada Ny. Dari data recall dan wawancara terhadap responden.A selaku penyedia makanan di rumah Ny. diketahui bahwa penyebab masalah gizi tersebut juga diengaruhi karena faktor lain seperti usia. Hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah Tn.A dan juga anggota keluarga yang tinggal bersama Ny.A. KESIMPULAN DAN SARAN KESIMPULAN Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa Ny. SARAN Saran dari penulis untuk Ny.A adalah memvariasikan jenis makanan.

REKOMENDASI MENU .

DOKUMENTASI .