You are on page 1of 26

KEGIATAN PEMBELAJARAN 4.

PENGEMBANGAN PENILAIAN
PEMBELAJARAN DI SD

dan 3. penilaian sikap. . penilaian keterampilan. peserta dapat mengembangkan instrumen 1. 2. Tujuan Setelah mempelajari modul implementasi pembelajaran dan mengerjakan Lembar Kerja (LK) secara berkolaboratif. penilaian pengetahuan dalam bentuk soal HOTS.

. penilaian sikap. 2. penilaian pengetahuan dalam bentuk soal HOTS. penilaian keterampilan. dan 3. Indikator Pencapaian kompetensi Peserta dapat memahami cara mengembangkan instrumen: 1.

Skenario Implementasi penilaian Implementasi keterampilan penilaian (180’) Implementasi pengetahuan penilaian (180’) sikap (90’) .

Proses Pembelajaran Mengerjakan Presentasi Penguatan LK .

LEMBAR KERJA .

LK 4.2 Penilaian Pengetahuan Lembar Kerja (LK) ini akan memandu Saudara dalam menyusun instrumen penilaian pengetahuan. LK 4. 2. 3.1 Penilaian Sikap atau Karakter LK ini dimaksudkan untuk menambah wawasan dan keterampilan Saudara dalam menyusun instrumen sikap atau karakter. . LK 4. Penugasan 1.3 Penilaian Keterampilan Lembar Kerja (LK) ini akan memandu Saudara dalam menyusun instrumen penilaian Keterampilan.

LK 4. Fasilitator menggunakan model teknik Think-pair-share (Cooperative Learning) untuk menyusun indikator masing-masing aspek sikap. Fasilitator membentuk kelompok beranggotakan 4-5 orang. . Setiap individu mengerjakan tugas menyusun indikator aspek sikap sesuai tugas. 3.1 berisi kisi-kisi penilaian sikap. masing-masing kelompok memiliki tugas mengembangkan instrumen sikap dengan aspek yang berbeda.1 Penilaian Sikap atau Karakter 1. 4. Fasilitator menyiapkan LK 4. 2.

6. Setiap kelompok mempresentasi hasil kerja kelompok. Konfirmasi hasil kerja kelompok.) 5. .. Dua pasang berkumpul membentuk kelompok (berempat) menyusun pernyataan sesuai dengan indikator yang disepakati.1 Penilaian Sikap atau Karakter (Lanjutan . 7. Secara berpasangan mendiskusikan indikator sikap sesuai pembagian mapel. 8.. LK 4.

Fasilitator menggunakan model jigsaw (cooperative learning).2b tentang implementasi penilaian pengetahuan. setiap kelompok beranggotakan 5 (lima) orang mengerjakan LK 4. 2. Tahap awal. . 3. fasilitator membagi kelompok.2a dan 4.2 Penilaian Pengetahuan 1. LK 4. Masing-masing anggota membagi tugas menyusun instrumen penilaian pengetahuan.

7. Tahap ahli. setiap ahli kembali ke kelompok awal untuk mempresentasikan hasil. Tahap serangkai. 5.2 Penilaian Pengetahuan (Lanjutan . LK 4. Konfirmasi dari fasilitator . 6. Dengan menggunakan LK 4..2c.. masing-masing anggota kelompok yang memiliki tugas yang sama berkumpul untuk membahas kisi-kisi dan instrumen penilaian pengetahuan mapel yang sama.) 4. peserta melakukan telaah soal yang telah disusun oleh anggota kelompok yang lain. .

3. Fasilitator menggunakan model Two Stay Two Stray (Cooperative Learning) oleh Spencer Kagan 1992. Masing-masing kelompok berdiskusi mengerjakan LK 4. LK 4. 4. .3 yakni menyusun instrumen penilaian keterampilan sesuai dengan pembagian mapel. Pembagian kelompok beranggotakan 6 (enam) orang. Setiap kelompok menulis hasil diskusi pada kertas plano dan memajangnya. 2.3 Penilaian Keterampilan 1.

Anggota yang selesai bertamu menyampaikan hasil kunjungan di kelompok semula. Jika sudah selesai mereka mengunjungi kelompok yang berbeda. Konfirmasi dari fasilitator. 2.3 Penilaian Keterampilan (Lanjutan . 3. Sedangkan dua anggota yang lain bertamu ke kelompok lain. LK 4. . Dua orang anggota kelompok menjadi tuan rumah yang akan mempresentasikan hasil kerjanya...) 1.

PENGUATAN .

dan gotong royong . • Penilaian sikap dikaitkan dengan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang meliputi: religius. integritas. mandiri. Penilaian Sikap • Penilaian sikap pada jenjang SD mencakup sikap spiritual dan sikap sosial berdasarkan rumusan kompetensi dari KI-1 dan KI-2. nasionalis.

id/ .go.Penguatan Pendidikan Karakter Sumber: http://cerdasberkarakter.kemdikbud.

konseptual. prosedural dan metakognisi dalam berbagai tingkatan proses berpikir. . Penilaian Pengetahuan Penilaian pengetahuan (KD dari KI-3) dilakukan dengan cara mengukur penguasaan peserta didik yang mencakup dimensi pengetahuan faktual.

menjodohkan. benar- Tes Tertulis salah. melengkapi. dan di rumah . dan tanya jawab Pengetahuan Tugas yang dilakukan secara individu atau Penugasan kelompok di sekolah. di luar sekolah. uraian Penilaian Tes Lisan Perintah. Skema Penilaian Pengetahuan Pilihan ganda. isian. kuis.

penilaian proyek. dan portofolio. Penilaian Keterampilan Penilaian keterampilan (KD dari KI-4) dilakukan dengan teknik penilaian kinerja. .

Penilaian Keterampilan Mengukur capaian Kinerja pembelajaran berupa keterampilan proses dan/hasil (produk) Penilaian Mengetahui kemampuan siswa dalam mengaplikasikan Proyek pengetahuannya melalui Keterampilan penyelesaian suatu tugas dalam periode/waktu Rekaman penilaian autentik Portofolio yang memperkuat kemajuan dan kualitas pekerjaan peserta didik .

menyatakan kembali (restate). Penyusunan Soal HOTS Soal-soal Higher Order Thinking Skill atau HOTS merupakan instrumen pengukuran yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi. . atau merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite). yaitu kemampuan berpikir yang tidak sekedar mengingat (recall).

. dan 5. 4. Soal HOTS pada Konteks Penilaian Soal-soal HOTS pada konteks penilaian mengukur kemampuan: 1. menelaah ide dan informasi. 2. transfer satu konsep ke konsep lainnya. 3. melihat/mencari kaitan dari berbagai informasi yang berbeda- beda. menggunakan informasi untuk menyelesaikan masalah. memproses dan menerapkan informasi.

2. . Berbasis permasalahan kontekstual. dan 3. Menggunakan bentuk soal beragam. Mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi. Karakter Soal HOTS 1.

Menulis butir pertanyaan sesuai dengan kisi-kisi soal. 4. Menyusun kisi-kisi soal. . Menganalisis KD yang dapat dibuat soal-soal HOTS. dan 5. Membuat pedoman penskoran (rubrik) atau kunci jawaban. 3. Memilih stimulus yang menarik dan kontekstual. Langkah-Langkah Penyusunan Soal HOTS 1. 2.

TERIMA KASIH .