You are on page 1of 10

PROSEDUR PEMBERIAN

K R E D I T C I C I L A N P E G AWA I PA D A B A N K N A G A R I
CABANG PEMBANTU KANTOR GUBERNUR

DISUSUN OLEH :
ORYZAE FAHTIAN (13.02.0054)

. Namun masih banyak yang belum mengetahui bagaimana prosedur kredit kredit cicilan pegawai. dunia Perbankan akan menyediakan peminjaman dana kepada nasabah dalam bentuk Kredit Cicilan Pegawai. sehingga masyarakat banyak kekurangan dalam kehidupannya. Perekonomian di Indonesia saat ini masih dalam keadaan memburuk. LATAR BELAKANG Di daerah Sumatera Barat pada khususnya sebagian besar penduduknya bekerja sebagai pegawai. Oleh karena itu.

LANDASAN TEORI Kredit berasal dari kata Yunani. “credere” yang artinya percaya. Percaya berarti kepercayaan si Pemberi kredit kepada si Penerima kredit bahwa pinjaman yang diberikan akan dikembalikan sesuai dengan perjanjian dalam jangka waktu tertentu. . Pemberian kredit oleh Bank akan dianalisis terlebih dahulu agar Bank yakin bahwa kredit yang diberikan benar benar akan digunakan sesuai dengan tujuan pemgembalian kredit oleh si penerima kredit.

LANDASAN TEORI Tujuan Kredit  Mencari keuntungan  Sebagai Alat Stabilitas Ekonomi  Membantu Usaha Nasabah  Untuk Meningkatkan Daya Guna Uang  Untuk Meningkatkan Pemerataan Pendapatan .

PROFIL PERUSAHAAN Berdirinya kantor cabang pembantu juga merupakan strategi Ekpansi Bank. Bank Nagari Cabang Pembantu Kantor Gubernur dengan tujuan pendiriannya adalah untuk melayani kebutuhan masyarakat terhadap jasa perbankan. Dalam rangka memperluas jangkauan pelayanannya. .

Sudirman no 51 Padang. Populasi dan Sampel Polulasi dalam penelitian ini adalah karyawan pada Bank Nagari Cabang Pembantu Kantor Gubernur yaitu bagian analisis kredit yang berjumlah 1 Orang. METODE PENELITIAN 1. 2. Sampel dalam penelitian ini adalah karyawan pada Bank Nagari Cabang Pembantu Kantor Gubernur yaitu bagian analisis kredit yang berjumlah 1 Orang. Objek penelitian Penelitian di Bank Nagari Cabang Pembantu Kantor Gubernur yang berlamat di Jln. .

Wewenang dan keputusan 5. Perjanjian Kredit 6. Pengajuan Permohonan 2. Dokumen Kredit 7. Pelunasan kredit . Rekomendasi 4. Identifikasi Permohonan 3. PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT CICILAN PEGAWAI 1. Realisasi Kredit 8.

 Prosedur Pemberian Kredit Cicilan Pegawai pada Bank Nagari Cabang Pembantu Kantor Gubernur dimulai dari bagian administrasi menjelaskan mengenai formulir permohonan kepada nasabah. nasabah akan menyerahkan kembali formulir yang telah diisi dan menyerahkan syarat-syarat yang diajukan ke bagian administrasi. PENUTUP Kesimpulan  Pada Bank Nagari Cabang Pembantu Kantor Gubernur pemberian kredit dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan cara nasabah datang sendiri kebank atau dengan cara prospek (dicari).  Keputusan atas permohonan kredit berdasarkan kepala wewenang pimpinan atau kepala seksi kredit yang berhak mengambil keputusan berupa menolak atau menyetujui setiap permohonan kredit .

PENUTUP Saran  Meningkatkan keahlian dan keterampilan pegawai Bank Nagari Cabang Pembantu Kantor Gubernur dalam mengoperasikan. Untuk itu kualitas SDM di bagian kredit perlu ditingkatkan agar pelayanan cepat dengan analisis yang baik.  Waktu permohonan pengajuan kredit sampai calon debitur mendapat informasi bahwa kredit itu disetujui hendaknya dipersingkat. Hal ini perlu di perhatikan agar prosedur pemberian kredit cicilan pegawai berjalan lancar. .  Menambah tenaga operasional dalam menangani nasabah yang begitu banyak.