You are on page 1of 38

Pengantar Bisnis

BAGIAN II MEMULAI SUATU BISNIS
BARU
Oleh:
-Freya Annisa Rizal (1110533003)
-Putri Chairani (1510531032)
-Rizka Silvia Marsya
-Violsie Fahtian (1510531033)
-Windi Dwi Cahyani

Materi:
BAB 5 MEMILIH
BENTUK KEPEMILIKAN
BISNIS

KEPEMILIKAN PERSEORANGAN

 Karakteristik Bentuk Kepemilikan Perseorangan yang

Berhasil
 Keuntungan Kepemilikan Perseorangan
 Kerugian Kepemilikan Perseorangan
 Pengambilan Keputusan: Memilih Bentuk Bisnis

Kepemilikan Perseorangan

PERSEKUTUAN  Keuntungan Persekutuan  Kerugian Persekutuan  Korporasi  Perusahaan Kewajiban Terbatas (LLC)  Pengambilan Keputusan: Memilih Bentuk Bisnis Persekutuan .

PERSEROAN TERBATAS  Bagaimana Para Pemegang Saham Mendapatkan Penghasilannya  Perseroan Tertutup versus Perseroan Terbuka  Keuntungan Perseroan Terbatas  Kerugian Perseroan Terbatas .

 Membandingkan Berbagai Bentuk Kepemilikan  Bagaimana Kepemilikan Dapat Berubah  Pengambilan Keputusan: Memilih Bentuk Bisnis Perseroan Terbatas .

PENGARUH KEPEMILIKAN TERHADAP PENGEMBALIAN DAN RISIKO  Dampak Kepemilikan pada Pengembalian Investasi  Pengembalian atas Ekuitas (ROE)  Dampak Kepemilikan terhadap Risiko .

KERJASAMA TIM LINTAS FUNGSI: SUMBER-SUMBER RISIKO DIANTARA FUNGSI-FUNGSI BISNIS  Pengambilan Keputusan: Memutuskan Apakah Menambah Sekutu atau Mengurangi Risiko .

MEMPEROLEH KEPEMILIKANATAS BISNIS YANG SUDAH BERJALAN  Mengambil Alih Kepemilikan sebuah Bisnis Keluarga  Membeli Bisnis yang Sudah Berjalan  Waralaba .

Salah satu cara yang umum digunakan oleh seorang pengusaha untuk melakukan bisnis di luar negeri adalah dengan membeli waralaba yang dibuat oleh perusahaan AS dinegara asing.Pizza Hut. .dan KFC memiliki waralaba disejumlah negara asing.BISNIS GLOBAL: KEPEMILIKAN BISNIS DI LUAR NEGERI Berbagai peluang di negara lain telah mendorong banyak pengusaha di Amerika Serikat selama beberapa tahun terakhir ini untuk mendirikan bisnis bisnis di luar negeri. Contohnya : McDonald’s.

Para sekutu yakin bahwa dapat mengelola bisnis toko sepeda mereka sendiri dan mereka tidak ingin membagi keuntungan yang diperoleh. Pengambilan Keputusan: Waralaba Sebuah perusahaan sepeda terkenal dikota tersebut telah menanyakan kepada ketiga sekutu Rugged Bike Shop apakah mereka ingin mengubah bisnis toko sepeda mereka yang baru menjadi sebuah waralaba rantai toko.mereka menolak penawaran Franchisor. .Oleh karena itu.namun mereka harus mengalokasika sebagian keuntungan yang telah diperoleh kepada Franchior. Franchisor akan memberikan panduan.

BAB 6 KEWIRASWASTAAN DAN PERENCANAAN BISNIS .

MENCIPTAKAN SUATU BISNIS BARU  Berbagai Sumber Online untuk Menciptakan suatu Bisnis Memulai suatu bisnis kecil dapat menjadi sebuah proses yang rumit.Beragam situs memberikan saran mengenai bisnis. . Internet telah menjadikan proses diatas lebih mudah. Pendanaan umumnya telah tersedia melalui lembaga keuangan lokal dan relatif sulit untuk diperoleh.

Pro dan Kontra Menjadi seorang Pengusaha Keuntungan menjadi seorang pengusaha : Sebagai seorang pengusaha. Kerugian menjadi seorang pengusaha : Memiliki kemungkinan menanggung kerugian dalam jumlah besar dan bahkan dapat menghilang seluruh investasi Anda didalam bisnis Meskipun dapat mengendalikan bisnis.ada kemungkinan dapat memperoleh keuntungan besar dari bisnis Dapat menjadi pimpinan bagi diri sendiri Memiliki kepuasan bekerja disuatu bisnis yang diciptaka sendiri dan mendapatkan imbalan pekerjaan dalam bentuk laba bisnis yang lebih tinggi. .harus memastikan fungsi-fungsi bisnis telah berjalan dengan baik.

Pengusaha harus bersedia untuk menerima risiko kehilangan investasi bisnis mereka.dan kemudian mencoba untuk memuaskan kebutuhan terebut.  Kreativitas.  Inisiatif.mereka dapat mendeteksi adanya kebutuhan para pelanggan akan barang/jasa yang belum ada. Pengusaha mengetahui cara meningkatkan kepuasan pelanggan.para pengusaha perlu memiliki ambisi dan kegigihan. Profil Pengusaha  Toleransi risiko. Pengusaha harus bersedia mengambil inisiatif guna memastikan ide mereka terlaksana.mereka dapat menyadari adanya tantangan dan langsung berhadapan dengannya. Untuk mengambil inisiatif. .

MENILAI KONDISI PASAR  Permintaan Permintaan akan kebanyakan produk sebagian dipengaruhi oleh kondisi perekonomian secara umum karena konsumen cenderung membeli lebih banyak barang dan jasa ketika perekonomian sedang kuat dan mereka memiliki cukup penghasilan. .

 Persaingan Setiap bisnis memiliki pangsa pasar (market share) . Ketika persaingan dalam suatu pasar mengalami peningkatan. yaitu menunjukkan volume penjualan dalam bentuk presentase dari total penjualan dalam pasar tertentu.maka hal tersebut dapat mengurangi pangsa pasar setiap perusahaan.  Survei Bisnis Kecil: Persaingan .yang akibatnya akan mengurangi jumlah unti terjual oleh setiap perusahaan dalam pasar.

mereka harus mempertimbangkan segmen-segmen dalam negara asing yang menjadi perhatian mereka. Contohnya:Mengenditifikasi Segmen Pasar   .BISNIS GLOBAL: MENILAI SUATU PASAR DARI SUDUT PANDANG GLOBAL Ketika perusahaan-perusahaan AS bergerak di bidang bisnis internasional.

. Biaya tenaga kerja akan lebih tinggi pada industri- industri. Kondisi Tenaga Kerja Beberapa pasar memiliki karakteristik tenaga kerja yang spesifik. Memahami lingkungan ketenagakerjaan dalam suatu industri dapat membantu seorang pengusaha mengestimasikan beban tenaga kerja dan memutuskan apakah suatu bisnis baru dapat menghasilkan produk dengan biaya yang lebih rendah dari pada perusahaan-perusahaan lain yang sudah ada.

Sebagai contoh pengurangan peraturan di bidang industri perbankan yang baru-baru ini telah memungkinkan bank dapat lebih bebas menjalankan jenis-jenis bisnis yang lain  Rangkuman Kondisi Pasar . Kondisi Peraturan dan Perundang-undangan Perusahaan-perusahaan yang telah beroperasi di dalam suatu industri juga harus memonitor peraturan industri karena mereka dapat berubah dari waktu ke waktu.

MENGEMBANGKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF  Keunggulan-keunggulan Penting *Menghasilkan Produk secara Lebih Efisien. *Menghasilkan Produk yang Bermutu Lebih Tinggi  Menggunakan Internet untuk Menciptakan Keunggulan Kompetitif *Keuntungan Bisnis Berbasis Web .

dibutuhkan sebuah perusahaan untuk memeriksa pembayaran kartu kredit dan memastikan bahwa pelanggan tersebut menggunakan kartu kredit yang sah. *Kedua. Pengeluaran-Pengeluaran Bisnis Berbasis Web *Terdapat biaya pengembangan sebuah situs Web dan pemasangan sistem karenabelanja di situs tersebut untuk menerima pesanan. .

Jadi suatu bisnis baru dapat menggunakan analisis SWOT untuk menilai kekuatannya sendiri (seperti harga yang lebih murah atau harga yang lebih tinggi) dan kelemahan- kelemahan. weakness (kelemahan). opportunity (peluang) dan threats (ancaman). sekaligus juga peluang-peluang eksternal dan ancaman-ancaman yang dihadapinya . Menggunakan Analisis SWOT untuk Mengembangkan Keunggulan Kompetitif Singkatan SWOT berasal dari kata strength (kekuatan).

yaitu uraian terinci mengenai produk atau jasa. Mereka akan perlu mengembangkan rencana bisnis (business plan) . pemasaran yang dibutuhkan untuk menjual produk atau jasa tersebut. . maka mereka dapat memutuskan untuk menciptakan bisnis tertentu.MENGEMBANGKAN RENCANA BISNIS Setelah pengusaha menilai pasar dan mempertimbangkan keunggulan-keunggulan kompetitifnya. dan penandaan yang dibutuhkan. sumber daya yang dibutuhkan untuk produksi.

 Penilaian Lingkungan Bisnis -Lingkungan Ekonomi -Lingkungan Industri -Lingkungan Global  Rencana Manajemen -Struktur organisasi -Produksi .

 Rencana Pemasaran -Pasar target -Karakteristik produk -Penentuan harga -distribusi -promosi .