MAGMA

Pengertian Magma : adalah cairan atau larutan silikat pijar yang terbentuk secara alamiah bersifat mobil , suhu antara 900-1200 derajat Celcius atau lebih yang berasal dari kerak bumi bagian bawah .

Magma dalam kerak bumi .

2. MnO. 3. S. V.Na2O. Al2O9.Senyawa yang bersifat non volatil dan merupakan senyawa oksida dalam magma terdiri dari SiO2 . Ni. H2S. Unsur-unsur lain atau unsur jejak : Rb. Co.Senyawa volatil .K2O. . SO2 dsb. CO2. Ba. FeO. TiO2. P2O5. HCL. terdiri dari fraksi-fraksi gas CH4. Pb. CaO. Sr.Komposisi kimia magma 1. Li. Fe2O9. Cr.

EVOLUSI MAGMA Magma dapat berubah menjadi magma lain oleh proses-proses : 1. Sinteksis : pembentukan magma baru karena proses asimilasi dengan batuan samping 3. Anateksis : proses pembentukan magma dari peleburan batuan pada kedalaman yang sangat besar . Hibridisasi : Pembentukan magma baru karena pencampuran 2 magma yang berlainan 2.

DEFFERENSI MAGMATIK : adalah semua proses yang mengubah magma dari keadaan awal yang homogen dalam skala besar menjadi massa batuan beku dg komposisi yang berfariasi .

Cristal settling /gravitational settling ialah pengendapan kristal karena grafitasi dari kristal berat Ca. Cristal flotation 5. 3. Diffusion . Liquid immisibility 4. Fragsinasi : ialah pemisahan kristal dari larutan magma karena proses kristalisasi berjalan tidak setimbang atau kristal-kristal pada waktu pendinginan tidak mengikuti perkembangan (perubahan temperatur dan tekanan yang menyolok dan tiba-tiba). Fe yang memperkaya magma pada bagian waduk. Vesiculation 6.Proses-proses diferensiasi magma meliputi 1. 2. Mg.

Skema differesiasi magma .

Golongan mineral putih atau felsik mineral .REAKSI BOWN ‡ Suatu skema yang menunjukkan urutan kristalisasi dari mineral pembentuk batuan ‡ Terdiri dari : 1. Golongan mineral hitam atau mefik mineral 2.

1992) .SKEMA YANG MENUNJUKKAN SERIE REAKSI Bown (William .

Urutan kristalisasi mineral tidak selalu menunujukkan successive crystalitation tetapi juga overlapping Mineral utama dalam batuan diantaranya : Kel. Batuan ultra basa: -Olivin : olivin piroksen -Olivin Plagioklas : Olivin. .plagioklas-piroksen -Piroksen : piroksen-plagioklas Kelompok Batuan Intermediet : Piroksen-hornblende-plagioklas Hornblende-plagioklas Hornblende-plagioklas-biotit-kwarsa Kelompok batuan intermediet asam : Hornblende-biotit-orthoklas-plagioklas Hornblende-biotit-muskovit-plagioklas-kwarsa Biotit-muscovite.orthoklas-dsb.

KOMPOSISI MINERAL A. Mineral yang terbentuk langsung dari kristalisasi magma. . Mineral utama : adl. dan kehadirannya sangat menentukan dalam penamaan batuan.

seri feldspar alkali terdiri dari sanidin. seri plagioklas terdiri dari albit.5-2. yaitu:  Miniral kwarsa (Si O2)  Kelompok feldspar.7). bitownit.Na)AlSiaOa. . dan anortit.Berdasarkan warna dan densitas dapat dikelompokkan menjadi: a) Mineral Felsic (meneral berwarna terang dengan densitas rata-rata 2. terdiri dari nevelin. adularia. labradorit. andesin. anorthoklas. sodalit. terdiri dari seri feldsfar alkali (K.  Kelompok feldspatoid (Na. oligoklas. dan mkroklin. leusit. orthoklas. K Alumina silikat).

0-3. . Mineral mafic (mineral-mineral feromagnesia dengan warna gelap dan densitas rata-rata 3. Aktinolit.b). Muskovit. dan Forsterite  Kel. tremolit. Glaukopan dsb. Hornblende. dan Diopsite. Hipersten. Biotit. plogopit  Kelompok Ampibol : Cumingtonit.  Kelompok Mika . Piroksen : terdiri dari Enstantite. Rieberkit. Pegionit.6) Yaitu :  Kel. Augit. Olivin : Fayalith.

MINERAL SEKUNDER ‡ Merupakan mineral ubahan dari mineral utama.reaksi hidrotermalmaupun hasil metamorfose terhadap mineral utama. .B. dapat dari hasil pelapukan.

dapat terbentuk dari hasil ubahan mineral plagioklas. penin. . magnesit. dan piroksen) Kelompok klorit. (proklor. krisotil)umumnya terbentuk dari ubahan mineral mefic (terutama kelompok olivin.Mineral sekunder terdiri dari: Kelompok kalsit (kalsit.siderit). Kelompok serpentin (antigorit.talk) umumnya terbentuk dari hasil ubahan mineral kelompok mineral plagioklas Kelompok sericit. (kaolin. sebagai ubahan mineral plagioklas Kelompok mineral kaolin . holosyte) umumnya ditemukan sebagai hasil pelapukan batuan beku. dolomit.

spene. Termasuk golongan ini adalah : Hematit. Walaupun kehadirannya cukup banyak tidak mempengaruhi penamaan batuan. kromit. muskovit. rutile. zeolit. dll. MINERAL TAMBAHAN Mineral-mineral yang terbentuk dari kristalisasi magma. umumnya dalam jumlah sedikit . magnetit. .C. apatit.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful