You are on page 1of 20

STRUKTUR DAN

MEKANISME KERJA
JANTUNG

Wan Muhammad Faris Bin Wan Yusoff
102013533
Kelompok F10

Kasus
Dalam kasus yang dibahas iaitu dimana seorang
perempuan berusia 66 tahun dibawa ke IGD RS karena
menderita sesak nafas disertai bengkak pada tungkai.
Setelah melakukan pemeriksaan, dokter yang merawat
mendiagnosa perempuan tersebut menderita gangguan
pada jantung

Dipercayai menderita gangguan pada jantung .Rumusan Masalah • Seorang perempuan berusia 66 tahun menderita sesak nafas disertai bengkak pada tungkai.

Hipotesis • Pasien menderita sesak nafas disertai bengkak pada tungkai karena menderita kegagalan jantung. .

Analisis Masalah Pemeriksaan Gangguan Struktur Darah pada Jantung Jantung Pemeriksaan Pendarahan Jantung Ekstremitas Inferior Sirkulasi Pulmonal Mekanisme Kerja dan Sistemik Jantung .

Struktur Jantung .

Pembuluh Darah pada Jantung .

Katup-katup Jantung .

Lapisan Jantung .

Aktifitas Listrik Jantung .

..

Sirkulasi Pulmonal dan Sistemik .

Pemeriksaan Penunjang Jantung: Pemeriksaan dengan cara auskultasi .

Elektrokardiografi .

• Hasil abnormal dapat menunjukkan penyakit katup jantung. • Sebuah echocardiogram memungkinkan dokter untuk melihat jantung berdetak. cardiomyopathy. Hal ini juga menunjukkan katup jantung dan struktur lainnya. efusi perikardial dan kelainan jantung lainnya .Echokardiografi • Echocardiogram adalah tes yang menggunakan gelombang suara untuk membuat gambar jantung.

.

dan kelelahan. Pengujian dapat dilakukan jika seseorang memiliki gejala seperti pembengkakan pada kaki (edema). Kedua zat disekresikan sebagai respon terhadap perubahan tekanan yang terjadi dengan gagal jantung. . • B-type natriuretic peptide (BNP) dan N-terminal pro-BNP- (NT-pro-BNP). sesak napas. mendiagnosa. dan mengevaluasi tingkat keparahan gagal jantung.Pemeriksaan Darah • Tes NT-pro BNP: BNP dan NT-proBNP dapat digunakan untuk membantu mendeteksi. kesulitan bernapas.

. Semakin banyak kerusakan yang ada untuk jantung. Protein ini dilepaskan ketika otot jantung telah rusak.• Tes Troponin I dan Troponin T: Tes troponin mengukur kadar protein tertentu yang disebut troponin T dan troponin I dalam darah. seperti serangan jantung. semakin besar jumlah troponin T dan I akan ada di dalam darah.

•Kesimpulan .

Terima Kasih .