PENGERTIAN FILSAFAT ISLAM , EPISTEMOLOGI DAN AKSIOLOGI DALAM ISLAM
 

OLEH : AGUS MAHFUDIN , S . Th . I , M . Si
   

UNIVERSITAS PESANTREN TINGGI DARUL ‘ ULUM ( UNIPDU )
 

JOMBANG , 14 MARET 2010


3. Kata Filsafat diucapkan ‘Falsafah’ dalam bahasa Arab. Philosophia terdiri dari kata philos dan sophia. Jadi secara etimologi. Kata philos berarti cinta dan kata sophia yang berarti kebijaksanaan. tetapi juga dapat diartikan sebagai pengetahuan. . PENGERTIAN FILSAFAT ISLAM  1. Orang yang cinta kepada pengetahuan disebut “Philosophos” atau “Failasuf” dalam ucapan Arabnya. dan berasal dari bahasa Yunani Philosophia yang berarti ‘cinta kepada kebijaksanaan/pengetahuan. Mencintai pengetahuan adalah orang yang menjadikan pengetahuan sebagai usaha dan tujuan hidupnya. 2. philosophia berarti cinta kebijaksaan/ pengetahuan.

(Hana Fakhuri Khalil Jari dalam Tarikh Al- falsafah . Perkataan “Filsafat” digunakan oleh orang Arab dalam masa ke-emasan Islam. 6. yaitu antara tahun 878 – 950 M.5. yang biasa dinamakan juga “zaman-terjemah”. Penamaan disiplin ilmu antara Filsafat Islam dan Filsafat Arab: Ø FilsafatIslam : Islam tidak hanya agama tetapi juga  mengandung unsur budaya dan  peradaban (An-Najat dan As- Syifa  Ø FilsafatArab gunakan   dari Ibn Sina) : Karena bahasa yang di dan  dalam pengungkapkannya adalah bahasa Arab.

S. Manusia dan Alam yang di sinari ajaran Islam dalam suatu aturan pemikiran yang logis dan sistematis. Kata Shopia oleh orangArab di ganti dengan kata Hikmah. 7. Kenabian.…الية‬     . Filsafat Islam adalah pembahasan meliputi berbagai soal alam semesta dan bermacam masalah manusia atas dasar ajaran-ajaran keagamaan yang turun bersama lahirnya agama Islam 6. 2:269 :               ‫. Filsafat Islam : Hasil pemikiran Filsuf tentang Ketuhanan. sesuai Q. Pembentukan kata Filsafat menjadi kata Indonesia diambil dari kata Barat Fil dan Safat dari kata Arab.5. 8.

Kalam yang di maksud adalah Firman Allah 2. Dalil-dalil akal melebihi penggunaan dalil naqli 3. Ilmu Kalam 2. Ushul Fiqh 3. Tasawuf 4. Obyek Filsafat Islam adalah akal untuk mengkaji Allah. Dan Ilmu Pengetahuannya lainnya   Hubungan Filsafat Islam dengan Ilmu Kalam 1. Alam dan Manusia 4.Beberapa cakupan dalam Filsafat Islam: 1. Obyek Ilmu Kalam adalah dalil akidah yang terterah dalam wahyu untuk mengkaji Allah dan Sifatsifatnya 5.   .

5. Adanya unsur-unsur kefilsafatan dalam ajaran Tasawuf 2. 4. baik dengan jalan ibadah atau melalui ilham dan intuisi 6.  Hubungan Filsafat Islam dengan Tasawuf 1. baik fisika maupun metafisika yang dikaji dengan mempergunakan argumentasi akal dan logika. . Objek Filsafat Islam membahas segala sesuatu yang ada. Objek Tasawuf pada dasarnya mengenal Allah. 3.

Adanya konsep Ijtihad dalam sumber hukum dalam Islam 2. 3. Ijtihad adalah suatu usaha dengan mempergunakan akal dan prinsip kelogisan untuk mengeluarkan ketentuan-ketentuan hukum dari sumbernya 4. .  Hubungan Filsafat Islam dengan Ushul Fiqh 1.

. Hakekat Filsafat Islam  1. Hakekat Filsafat Islam ialah aqal dan al-Quran. Filsafat Islam adalah aqal dan al-Quran dalam hubungan yang bersifat dialektis. Aqal dan al-Quran tidak dapat dipahami secara struktural 3. 2.

manusia dan kebudayaan. 3. Objek kajian Filsafat Islam dalam tema besar adalah mencakup Tuhan. Perbedaannya terletak pada subjek yang mempunyai komitmen Qur’anik 2. baik yang material maupun yang ghaib. . 4. Tema besar itu hendaknya dapat dijabarkan lebih spesifik sesuai dengan perkembangan zaman. alam. 6. Objek Filsafat Islam ialah objek kajian filsafat pada umumnya yaitu realitas. 5.  OBJEK FILSAFAT ISLAM 1.

  EPISTEMOLOGI DALAM FILSAFAT ISLAM 1. ilmu tentang pengetahuan. Manusia tidak lah memiliki pengetahuan yang sejati. epistemologi berarti kata. percakapan. Secara etimologis. Epistemologi disebut "teori pengetahuan". sedangkan kata logos berarti kata. Kata episteme berarti pengetahuan. pikiran. pikiran. . percakapan. yang terdiri dari kata episteme dan logos. Jadi. istilah epistemology berasal dari bahasa Yunani. atau ilmu. 2. Bersangkutan dengan pertanyaan-pertanyaan tentang pengetahuan 3. maka dari itu kita dapat mengajukan pertanyaan “bagaimanakah caranya kita memperoleh pengetahuan”? 4.

 AKSIOLOGI DALAM FILSAFAT ISLAM  1. Bagaimana kaitan antara cara penggunaan pengetahuan tersebut dengan kaidah-kaidah moral? c. . Bagaimana penentuan objek yang ditelaah berdasarkan pilihan-pilihan moral? d. Aksiologi menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti: a. Bagaimana kaitan antara metode pengetahuan dengan norma-norma moral/profesional? 2. Untuk apa pengetahuan itu digunakan? b. Aksiologi adalah pembahasan mengenai nilai moral pengetahuan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful