You are on page 1of 10

BATU GINJAL

Disusun Oleh:
STIKES MAHARANI MALANG
POLTEKES MALANG
PSIK UB
AKPER PAMENANG KEDIRI

????? .APA ITU BATU GINJAL...

. PENGERTIAN. penyumbatan aliran kemih atau infeksi. 2012).. . arif. (muttaqin. perdarahan. Batu ginjal adalah massa keras seperti batu yang terbentuk di sepanjang saluran kemih dan bisa menyebabkan nyeri.

dehidrasi dan urat. PENYEBAB TERJADINYA BATU GINJAL Adanya kelainan Kurangnya mengkonsumsi air saluran kemih Kurang bergerak Kekurangan cairan didalam tubuh karena Kelebihan ion litogenik (fosfor. oksalat dan kalsium) kepanasan .

TANDA DAN GEJALA Mual dan muntah Ada darah Nyeri didalam pinggang yang air kemih amat sakit Nyeri perut dan hilang bagian timbul Sering bawah berkemih namun air Nyeri saat kencing berkemih sedikit Perut Peningkat menggele an suhu mbung Menggigil Tubuh (demam) cepat lelah / Demam kelelahan .

KOMPLIKASI Batu saluran kemih dapat menimbulkan penyulit berupa obstruksi dan infeksi saluran kemih. miksi tiba-tiba berhenti. Batu yang dibiarkan di dalam saluran kemih dapat menimbulkan infeksi. Manifestasi obstruksi pada saluran kemih bagian bawah adalah retensi urine atau keluhan miksi yang lain sedangkan pada batu saluran kemih bagian atas dapat menyebabkan hidroureter atau hidronefrosis. . pielonefrosis. urosepsis dan kerusakan ginjal permanen (gagal ginjal). Nyeri saat miksi. abses ginjal.

PENATALAKSANAAN ESWL/Lithotripsi Istirahat cukup Metode Endourologi Pengangkatan Batu Perbanyak masukan cairan air putih Pengangkatan Bedah Diet rendah kalsium Nefrolitotomi dan rendah garam .

hunkwe. kentang. Lemak : minyak. nasi. roti 4 potong. ubi. makanan ½ gelas sehari. b. mentega. dan margarine d. Sumber protein nabati : kacang-kacangan kering 25 gr. selai. tempe. tahu. agar-agar. tapioca. 50 gr atau telur 2 butir sehari dan susu c. Sumber hidrat arang.MAKANAN YANG BOLEH DIBERIKAN a. dari tepung maizena. singkong. kue. atau oncom 50 gr/hari e. Sumber protein hewani : daging. dan sirop. Sayuran : semua jenis sayuran paling sedikit 300 gr/hari .

. benar Mengkonsumsi cukup Hindari vitamin C makanan bergizi Olahraga teratur berlebih lebih dari 1000 g per hari Hindari peningkatan suhu lingkungan yang mendadak yang dapat menyebabkan keringat berlebih dan dehidrasi. Pencegahan Diet rendah protein. Melakukan personal Minum banyak air putih hygiene yang baik dan nitrogen dan garam putih 2 –3 lt/sehari.

TERIMAKASIH  .