Latar Belakang Masalah
Kecemasan saat berbicara di depan umum merupakan keadaan yang wajar, bahkan dikatakan sebagai bagian dari pengalaman berbicara di depan umum. Namun ketika kecemasan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap performa maka hal ini menjadi suatu masalah karena ketika performa terganggu hal tersebut menunjukkan ketidakmampuan diri dalam menghadapi situasi. Hal ini dapat berakibat pada pembentukan rasa rendah diri, dimana

dia akan cepat memutuskan untuk pulang saja. Tetapi. D (58). bila ada sesuatu yang dibutuhkan di rumah. begitu dia melihat saya kesulitan memperoleh tempat parkir. ia kelihatan cemas. saya akan menyarankannya untuk membeli. panik dan banyak keluar keringat. apalagi bila melihat kemacetan lalu lintas atau melihat kerumunan .Contoh Kasus Keluhan Tn. ³Saya sering ingin membawa istri untuk berekreasi atau jalan-jalan ke mal untuk sekadar melihatlihat. Namun.

yang berarti takut.Definisi ‡ Kata fobia berasal dari bahasa Yunani. phobos. dan interaksi dengan orang lain yang secara otomatis dapat membawa perasaan-perasaan selfconsciousness. dan perasaan inferior. judgement. ‡ Menurut DSM-IV. . fobia sosial adalah ketakutan yang tidak beralasan atau ketakutan yang berlebihan terhadap situasi sosial. evaluasi.

Faktor biologis ‡ ‡ ‡ Predisposisi genetik analisis pedigree/silsilah keluarga Iregularitas fungsi neurotransmitter Abnormalitas dalam jalur otak 2.Sebab-sebab 1. Faktor sosial-lingkungan ‡ ‡ ‡ Pemaparan terhadap peristiwa yang mengancam/traumatis Mengamati respon takut pada orang lain Kurangnya dukungan sosial .

seperti prediksi berlebih tentang ketakutan. Faktor kognitif-emosional ‡ Konflik psikologis yang tidak terselesaikan ‡ Faktor-faktor kogntif. sensitivitas kecemasan. keyakinan yang irasional. Faktor behavioral ‡ Classical conditioning ‡ Operant conditioning ‡ Extinction 4. dan self-efficacy yang rendah. sensitivitas berlebih tehadap ancaman. .Lanjutan 3.

Faktor spiritual Fobia sosial disebabkan oleh kurangnya rasa percaya akan adanya perlindungan yang selalu diberikan oleh Allah SWT. fobia sosial juga dapat disebabkan oleh kurangnya mendekatkan diri kepada Allah SWT sehingga individu tersebut rentan memiliki prasangka atau pikiran negatif terhadap orang lain.Lanjutan 5. . Selain itu.

Hal ini menyebabkan terjadinya konflik dan ansietas. . fobia sosial atau hysteria-ansietes merupakan manifestasi dari konflik Oedipal yang tidak terselesaikan. terdapat pula rasa takut terhadap kastrasi.Pendekatan menurut aliran-aliran  Psikodinamika Menurut Freud. ego berusaha menggunakan mekanisme-pertahanan represi yaitu membuang jauh dari kesadaran. Akibatnya. Selain adanya dorongan seksual yang kuat untuk melakukan incest.

Mekanisme Serotonergik . 1995). Teori Neurotransmiter a. Kognitif Pendekatan ini menyatakan bahwa inti dari fobia sosial adalah hasrat yang kuat untuk menyampaikan kesan diri yang baik kepada orang lain dan ditandai dengan rasa tidak aman mengenai kemampuan yang dilakukan (Clark & Wells.  Biologis 1. Mekanisme Dopaminergik b.

Gejala-gejala  Palpitasi jantung  Banyak  Gangguan perut  Kerongkongan mengeluarkan keringat  Gemetaran  Panas-dingin  Pusing terasa tersekat  Diare  Otot menjadi tegang  Gelisah .

‡ Fobia sosial tipikal bermula pada masa kanak-kanak atau remaja dan seringkali diasosiasikan dengan riwayat rasa malu . biasanya pada usia 13 tahun. Diagnosis bahwa seseorang mengalami fobia sosial jika orang tersebut memiliki gejala setidaknya selama 6 bulan.Onset fobia sosial ‡ Fobia sosial biasanya dimulai pada masa kanak-kanak atau remaja.

Kessler dkk.  Fobia ini memiliki tingkat komorbiditas tinggi dengan berbagai gangguan mood dan penyalahgunaan alkohol (Crum & Pratt. 2001... 1999.  Estimasi . 2000). 1997). 1994.Prevalensi prevalensi seumur hidup untuk fobia sosial berkisar antara 3% sampai 13% (APA. Jansen dkk. Lecrubier & Weiler.

Buspirone 4. Selective serotonin reuptake inhibitors (SSRIS) 2. Benzodiazepines 3. Monoamine oxidase inhibitors (MAOIS)  Terapi Kognitif Terapis membantu klien untuk bisa memandang situasi secara rasional dengan cara mengumpulkan bukti-bukti . Propranolol (Beta-Blockers ) 5.Terapi  Medication (terapi obat) 1.

 Virtual Reality Exposure Melalui proses pemaparan terhadap suatu seri stimuli virtual yang makin bertambah menakutkan dan hanya bila ketakutan sudah berkurang pada langkah terdahulu. . orang belajar untuk mengatasi ketakutan dengan cara yang sama dengan seandainya mereka mengikuti program pemaparan gradual terhadap stimuli fobik dalam situasi aktual.

1995). Hope.Lanjutan  Terapi CBT Rangkaian terapi yang dilakukan adalah melakukan assessment independent dan self report terhadap klien. dan dihubungkan dengan homework assignments (Heimberg. Setelah pelatihan tersebut dilakukan maka seluruh rangkaian assessment . & Mattia. exposure yang diulang terhadap simulasi dari situasi yang ditakuti dalam tiap sesi. Kemudian diikuti dengan pelatihan dalam hal restrukturisasi keterampilan kognitif. Juster.

Terapis dapat membantu membimbing mereka selama percobaan pada pemaparan. Terapi Pemaparan Klien mendapatkan instruksi untuk memasuki situasi sosial yang makin penuh stres dan untuk tetap tinggal dalam situasi tersebut sampai dorongan untuk kabur sudah menjadi berkurang. . dan secara bertahap menarik dukungan langsung sehingga klien mampu untuk menghadapi sendiri situasi tersebut.

Prevensi Fobia sosial dapat dicegah dengan cara memberikan pola asuh yang dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan keberanian pada anak sehingga anak mampu beradaptasi dan membina hubungan sosial yang baik dengan orang lain. .

2000. 2000).. makin besar gangguan fungsinya (Stein. maju dalam karier atau bertahan dalam pekerjaan yang membutuhkan interaksi dengan orang lain.Kualitas Hidup  Fobia sosial dapat mempunyai pengaruh besar pada fungsi sehari-hari dan kualitas hidup seseorang (Leiboitz dkk.. Stein & Kean. Makin banyak jumlah situasi yang ditakuti. Olfson dkk. 2000. .  Fobia sosial dapat menghalangi orang untuk menyelesaikan sasaran pendidikannya.

´ ‡ Q. hindarilah jauh-jauh sangka menyangka. Yunus: 36 Artinya: ³Kebanyakan mereka hanya mengikuti dugaan. Al-Hujuraat: 12 Artinya: ³Hai orang-orang yang beriman. sedikit persangkaan sudah merupakan dosa.Dalil-dalil ‡ Q. S. tidak berarti sama sekali bila berhadapan dengan yang haq. Dugaan. S. S. Allah sungguh Maha Mengetahui segala yang mereka lakukan. ‡ Q. Yunus: 62 .

penyalahgunaan alkohol atau obat.Prognosis  Fobia sosial cenderung menjadi kronik. .  Anak yang memiliki kegiatan sekolah dan aktivitas sosial memiliki prognosis yang lebih baik. Bila tidak diobati dapat menjadi komorbiditas dengan gangguan lain seperti depresi.

Kesimpulan  Fobia sosial merupakan gangguan mental yang ditandai dengan kecemasan ketika berhadapan dengan situasi sosial atau melakukan performa di depan umum. .  Fobia sosial dapat menjadi suatu masalah yang serius karena berpengaruh pada keberfungsian fisik maupun psikologis.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful