DEFINISI: CLOUD COMPUTING : Awan (Internet) : Proses komputasi 

Penggunaan teknologi komputer untuk pengembangan berbasis Internet dengan piranti lunak lengkap dan sistem operasional juga tersedia secara online.  Dengan kata lain, internet dan semua yang terkait dengannya, menjadi terminal pusat.
´Cloud computing is a flexible, cost-effective and proven delivery platform for providing business or consumer IT services over the Internetµ (IBM Corporation, 2009)

storage. expertise in. Awan berisi komputer yang semuanya saling tersambung. server. or control over the technology infrastructure in the cloud that supports them.´ (Stevan Greve) cloud computing ini bisa diartikan sebagai suatu model yang memungkinkan jaringan dapat diakses dengan mudah sesuai dengan kebutuhan di berbagai lokasi. aplikasi dan services dalam satu wadah. Jadi semuanya disambungkan ke 'cloud'. Dari situlah berasal istilah 'cloud'. atau awan itu. Model ini memungkinkan untuk mengumpulkan sumber daya komputasi seperti network. Users need not have knowledge of. ´Cloud computing is a style of computing in which dynamically scalable and often virtualized resources are provided as a service over the internet.µ .Definisi Cloud Computing (cont¶d) "Internet bisa dianggap awan besar.

Mengapa Cloud Computing. Zoho. dan SalesForce. . Perusahaan pun tak perlu memiliki pengetahuan serta merekrut tenaga pakar dan tenaga pengontrol infrastruktur di ´cloudµ yang mendukung mereka. Sebuah perusahaan tak perlu lagi mengalokasikan anggaran untuk pembelian dan perawatan infrastruktur dan software. Microsoft. Perusahaan yang menyediakan layanan semacam ini adalah Google.  Artinya sebuah perusahaan tak perlu lagi memiliki atau mendirikan infrastruktur lantaran sudah ada perusahaan lain yang menyediakan ´penampungµ di cloud alias Internet.. Amazon. ?? Ini adalah sebuah model layanan berbasis Internet untuk menampung sumber daya sebuah perusahaan.

12-Aug-11 .

12-Aug-11 .

Melalui konsep komputasi awan ini model bisnisnberubah: dari TI sebagai investasi berubah menjadi TI sebagai utility.Perusahaan juga tidak perlu membeli lisensi / software Ekstrimnya. storage. . dan aplikasi bisnis. yang sifatnya rutin dan cenderung tetap. yang sifatnya hanya sekali pada saat membeli. Membeli akan menimbulkan CapEx ² Capital Expenditure. jaringan. perusahaan tersebut juga tidak perlu memiliki departemen IT untuk memonitor server.Memiliki teknologi atau menyewa? menyewa? Menyewa akan menimbulkan biaya yang disebut OpEx ² Operasional Expenditure. Dari sebelumnya TI sebagai aset dan dibiayai capital expenditure (capex) menjadi biaya operasional rutin yang dibiayai melalui operational expenditure (opex) sehingga tidak memberatkan keuangan perusahaan Perusahaan pengadopsi teknologi ini tidak perlu membeli peralatan / hardware. namun disertai dengan biaya-biaya lain seperti pemeliharaan maupun biaya depresiasi capital. Dari membeli software menjadi cara berlangganan.

Commercial clouds .

Cloud Anatomy Application Services(services on demand) † † † Gmail. VMWare. Google Appengine IBM Blue house. GoogleCalender Payroll. Sun Parascale and more Platform Services (resources on demand) † † Infrastructure as services(physical assets as services) † . Intergation. connectivity etc AWS. CRM etc Sugarm CRM. HR. Information. IBM Virtual images. Microsoft Azure Platform. Amazon EC2. Boomi. IBM Lotus Live Middleware. CastIron. Messaging.

Cloud Computing .layers Layers Architecture .

Yang cukup terkenal adalah layanan dari situs Force. dimana disini yang ditawarkan adalah software atau suatu aplikasi bisnis tertentu. Software as a Service (SaaS) : berada satu tingkat diatas PaaS dan IaaS.Com.Com. Platform as a Service (PaaS) : konsepnya hampir serupa dengan IaaS. layanan Disaster Recovery Center.Konsep Dalam Cloud Computing Infrastructure as a Service (IaaS) : konsep tertua dimana pengimplementasiannya banyak dilakukan mulai dari penggunaan atau penyewaan jaringan untuk akses Internet.Com serta layanan dari para vendor server. . Service-Now. Namun Platform disini adalah penggunaan operating system dan infrastruktur pendukungnya. Contoh yang paling mutakhir adalah SalesForce. Google Apps. dsb. dsb.

Dan karena arsitektur aplikasi SaaS yang bersifat multi tenant.com dan masih banyak lagi. Secara teknis. dengan harga yang sangat terjangkau. hingga invoicing online.com. memaksa penyedia untuk hanya menyediakan fitur yang bersifat umum. tidak spesifik terhadap kebutuhan pengguna tertentu. Layanan akunting online pun tersedia. dari mulai layanan word processor seperti Google Docs. tetapi cukup membayar biaya sesuai pemakainnya saja.com.pelanggan tidak memiliki kendali penuh atas aplikasi yang mereka sewa. Contoh SaaS yaitu layanan CRM online Salesforce. Hanya fitur-fitur aplikasi yang telah disediakan oleh penyedia saja yang dapat disewa oleh pelanggan.Sayangnya untuk pasar dalam negeri sendiri.Software as a Service SaaS merupakan evolusi lebih lanjut dari konsep ASP (Application Service Provider) . project management. menyediakan layanan SaaS yang cukup beragam.0 (Robbins. model aplikasi ini memanfaatkan web-based interface yang diakses melalui web browser dan berbasis teknologi Web 2. seperti yang diberikan oleh Xero. Jadi. masih sangat sedikit yang mau berinvestasi untuk menyediakan layanan SaaS ini.com nya dapat dijadikan contoh untuk layanan SaaS di area kolaborasi/unified communication. 2009). dengan pengaplikasian model ini. user tidak perlu lagi membeli lisensi dan melakukan instalasi untuk sebuah aplikasi.Hanya saja . IBM dengan Lotuslive. software as a service berarti aplikasi tersedia bagi user dalam bentuk layanan berbasis subscribtion sesuai kebutuhan user (on-demand). . Zoho.

12-Aug-11 .

Dan Facebook yang juga bisa dianggap menyediakan layanan PaaS.com. Kemudian Salesforce melalui Force. yang memungkinkan kita untuk membuat aplikasi diatasnya. Salah satu yang berhasil adalah perusahaan bernama Zynga. yang menyediakan berbagai tools untuk mengembangkan aplikasi di atas platform Google. processing power dan lain-lain. yang semuanya diatur oleh provider layanan ini. media penyimpanan. yang hanya bisa berjalan diatas platform tersebut. lebih besar dari keuntungan yang didapat oleh Facebook sendiri. Contohnya adalah Google AppEngine. menyediakan modul-modul untuk mengembangkan aplikasi diatas platform Salesforce yang menggunakan bahasa Apex. yang tahun lalu saja berhasil meraup keuntungan bersih lebih dari US$ 100 juta.Platform as a Service PaaS adalah layanan yang menyediakan modul-modul siap pakai yang dapat digunakan untuk mengembangkan sebuah aplikasi. Penguna PaaS tidak memiliki kendali terhadap sumber daya komputasi dasar seperti memory. dengan menggunakan bahasa pemrograman Phyton dan Django. .

com yang meluncurkan Amazon EC2 (Elastic Computing Cloud) yang menyediakan berbagai pilihan mulai CPU. permintaan mereka atas sumberdaya dasar teknologi informasi itu dapat dipenuhi.Infrastructure as a Service IaaS adalah sebuah layanan yang "menyewakan" sumberdaya teknologi informasi dasar. dengan mesin apa dan bagaimana caranya penyedia layanan menyediakan layanan IaaS. memory. . yang meliputi media penyimpanan. Penyewa tidak perlu tahu. kapasitas jaringan dan lain-lain. media penyimpanan. processing power. dilengkapi dengan sistem operasi dan juga platform pengembangan aplikasi yang bisa disewa dengan perhitungan jam-jaman. yang dapat digunakan oleh penyewa untuk menjalankan aplikasi yang dimilikinya. Perbedaan mendasar dengan layanan data center saat ini adalah IaaS memungkinkan pelanggan melakukan penambahan/pengurangan kapasitas secara fleksibel dan otomatis. sistem operasi. Model bisnisnya mirip dengan penyedia data center yang menyewakan ruangan untuk co-location. Yang penting. Salah contoh adalah Amazon. tapi ini lebih ke level mikronya.

Private and Hybrid clouds .Public.

2. 3. misalnya dari sisi misinya. infrastruktur cloud yang tersedia merupakan komposisi dari dua atau lebih infrastruktur cloud (private. Public cloud Cloud ini diperuntukkan untuk umum oleh penyedia layanannya. Hybrid cloud Untuk jenis ini. dan lainnya. . Lokasinya pun bisa on-site ataupun off-site. sehingga alokasi sumberdaya bisa dipertahankan pada level yang optimal. atau tingkat keamanan yang dibutuhkan. atau public). Infrastruktur cloud itu bisa saja dikelola oleh si organisasi itu atau oleh pihak ketiga. Di mana meskipun secara entitas mereka tetap berdiri sendiri-sendiri. community. dioperasikan hanya untuk sebuah organisasi tertentu.1. sebuah infrastruktur cloud digunakan bersama-sama oleh beberapa organisasi yang memiliki kesamaan kepentingan. tapi dihubungkan oleh suatu teknologi/mekanisme yang memungkinkan portabilitas data dan aplikasi antar cloud itu. 4. Biasanya organisasi dengan skala besar saja yang mampu memiliki/mengelola private cloud ini. Private cloud Di mana sebuah infrastruktur layanan cloud. mekanisme load balancing yang antarcloud. Community cloud Dalam model ini. Misalnya.

Utility Computing : konsep komputasi dimana pengguna cukup membayar apa yang ia pakai. Grid Computing : metode komputasi dimana sebuah komputer raksasa virtual yang terdiri dari beberapa komputer melakukan sejumlah besar kegiatan sekaligus. Konsepnya persis seperti kita menyewa listrik dari PLN.Grid. cloud computing memiliki semua karakteristik yang dimiliki oleh tiga teknologi ´pendahuluµ-nya. Cloud computing memiliki karakterisitik ini misalnya dalam jaringan peer-to-peer ataupun SETI@home. da A tonomic Comp ting Pada umumnya. U ility. . dimana kita menggunakan ´meteranµ untuk mengukur aktifitas penggunaan layanan yang telah kita pakai. yang secara bersama-sama melakukan semua bagian tugas komputasi.

. d n A n mic C mp ing (c n ¶d Autonomic Computing : konsep dimana komputer beserta sistem infrastruktur komputasinya memiliki kemampuan self-management atau dalam arti umumnya ia memiliki kemampuan untuk memperbaiki dirinya sendiri. U ili y.  Contohnya jika harddisk server mendekati utilisasi 90% maka secara otomatis server tersebut akan mengaktivasi harddisk cadangan sehingga server tidak akan megalami kesulitan penyimpanan data lagi.Grid.

OAuth.Komponen C oud Computing Cloud Clients adalah seperangkat komputer ataupun software yang didesain secara khusus untuk penggunaan layanan berbasis cloud computing. dll. dan lain2. CherryPal. dan lain-lain. layanan dan solusi yang dipakai dan disampaikan secara real-time melalui media Internet. Pay ent ± PayPal. Chrome. Integrat n ± Amazon Simple Queue Service. Contoh yang paling popular adalah web service.  Thin Client ² Windows Terminal Service. FireFox. Cloud Services adalah produk.  Mobile ² Windows Mobile. dll. Symbian. Yahoo! Maps.  Thick Client ² Internet Explorer. Ma . Google Checkout. ng ± Google Maps.     Ident ta ± OpenID.

.  SaaS ² Google Apps.  Web Application ² Facebook. Contoh :  Web Application Frameworks ² Python Django. Cloud Platform : merupakan layanan berupa platform komputasi yang berisi hardware dan software2 infrasktruktur.Kompon n Cloud Computing (cont¶d Cloud Applications memanfaatkan cloud computing dalam hal arsitektur software. dan lain-lain.NET  Web Hosting  Propietary ² Force.Com . Sehingga user tidak perlu menginstal dan menjalankan aplikasi dengan menggunakan komputer. dan lain-lain.  Peer-to-peer ² BitTorrent. Biasanya mempunyai aplikasi bisnis tertentu dan menggunakan layanan PaaS sebagai infrastruktur aplikasi bisnisnya. SalesForce. SETI.Com. Rubyon Rails.

 Compute ² Amazon Elastic Compute Cloud. Skytap. Amazon SimpleDB.  Network Attached Storage ² Nirvanix CloudNAS. Cloud Infrastructure merupakan penyampaian infrastruktur komputasi sebagai sebuah layanan. MobileMe iDisk.  Full Virtualization ² GoGrid.Komponen loud omputing (cont d) Cloud Storage melibatkan proses penyampaian penyimpanan data sebagai sebuah layanan. Contohnya :  Grid Computing ² Sun Grid. Misal :  Database ² Google Big Table. .

Keuntungan Cloud Computing 1. . hal ini berarti terbukanya pasar baru bagi industri jasa pengembangan teknologi informasi. Bagi application developer. Benefit bagi para pelaku bisnis ialah minimalisasi biaya investasi infratruktur publik sehingga bisnis bisa lebih terfokus pada aspek fungsionalistasnya. Integrasi aplikasi dengan berbagai device. hal ini merupakan peluang yang besar karena dengan meningkatnya penggunaan layanan SaaS ini akan meningkatkan penggunaaan bandwidth internet. layanan PaaS memungkinkan pengembangan dan implementasi aplikasi dengan cepat sehingga meningkatkan produktivitas. 5. Bagi pebisnis di bidang infrastruktur. 2. Bagi para praktisi yang bergerak di industri IT. 4. 3.

data protection dan kecepatan data recovery. Privacy  Karena orang lain / perusahaan lain juga melakukan hosting kemungkinan data anda akan keluar atau di baca oleh pemerintah U.S.  Mengharuskan anda untuk memahami service level mengenai transaction response time. Compliance  Cloud service provider diharapkan dapat menyamakan level compliance untuk penyimpanan data didalam cloud . dapat terjadi tampa sepengetahuan anda atau approve dari anda.Kendala Cloud Computing Service level  Cloud provider mungkin tidak akan konsisten dengan performance dari application atau transaksi.

Kendala Cloud Computing (cont·d) Data ownership  Apakah data anda masih menjadi milik anda begitu data tersebut tersimpan didalam cloud?  Mungkin pertanyaan ini sedikit aneh. Data Mobility  Apakah anda dapat melakukan share data diantara cloud service?  Jika anda terminate cloud relationship bagaimana anda mendapatkan data anda kembali?  Format apa yang akan digunakan ?  Dapatkah anda memastikan kopi dari datanya telah terhapus ? . namun anda perlu mengetahui seperti hal nya yang terjadi pada Facebook yang mencoba untuk merubah terms of use aggrement nya yang mempertanyakan hal ini.

officelive. Snaplogic untuk integrasi data 6. dan sebagainya . Amazon Elastic Compute Cloud (EC2) 4.com) 2. Google App Engine 2. dan sebagainya Dan berikut beberapa produk platform pengembangan aplikasi yang khusus ditujukan kepada para programmer / developeradalah : 1. Google Docs (http://docs.Penggunaan Teknologi Cloud Computing Berikut beberapa produk layanan yang disediakan oleh vendor-vendor ternama maupun yang baru bermunculan : 1. Microsoft Office Live (http://smallbusiness. Microsof Live Mesh 5. Vertica Analytical Database 5.google. GData API for Google Product Platform 3. Amazon Simple DB dari Amazon 4.com) 3.

 Oleh Cisco.Penggunaan Teknologi Cloud Computing VBLOCK INFRASTRUCTURE PACKAGES  Paket infrastruktur yang menggabungkan teknologi virtualisasi. storage. . jaringan.  Tersedia dalam tiga pilihan konfigurasi yang mendukung 300 sampai 6.000 mesin virtual untuk beragam skenario kebutuhan. EMC. teruji. dan tervalidasi. keamanan.  Seluruh teknologi terintegrasi. komputasi. serta siap diimplementasikan. dan pengelolaan terbaik. dan VMware.

dan menyesuaikan tingkat layanan menurut beban kerja komputasi yang ditangani oleh himpunan sumber daya teknologi informasi.  Respons yang lebih cepat terhadap kebutuhan bisnis. mempertahankan.  Penggunaan sumber daya secara lebih efisien. punya kemampuan memindahkan beban kerja dan melakukan penyesuaian. .  Perusahaan dapat memonitor.  Memungkinkan sistem yang lebih pintar.Penggunaan Teknologi Cloud Computing IBM VMCONTROL  Produk yang dikombinasikan dengan perangkat lunak IBM Tivoli.

Penggunaan Teknologi Cloud Computing WINDOWS AZURE  Sistem operasi yang memanfaatkan konsep cloud computing alias berkomputer dengan memanfaatkan internet.  Pengguna bisa memanfaatkan aplikasi itu asalkan terhubung ke internet.com dan Rackspace. .  Azure akan menempatkan Microsoft bersaing secara langsung dengan penyedia jasa serupa. Salesforce. seperti Amazon.  Aplikasi akan dijalankan pada data center Microsoft dan bukan pada server sebuah perusahaan.

Penggunaan Teknologi Cloud Computing Amazon Elastic Compute Cloud ´Amazon EC2µ web service interface that provides resizable computing capacity in a cloud designed to make web-scale computing easier for developers reduces the time required to obtain and boot new server space from weeks to minutes allows developers to pay only for capacity that they actually use 12-Aug-11 .

including numerous copies of the world wide web Makes search faster. Google App Engine 12-Aug-11 . helping ferret out answers to billions of queries in a fraction of a second Google invests more than $2 billion a year in data centers for cloud computing. that would store staggering amounts of data.Penggunaan Teknologi Cloud Computing ´Google 101µ Network made up of millions of cheap servers.

which it delivers to businesses over the internet using the SaaS model. SaaS Force. They are best known for their Customer Relationship Management (CRM) products.Penggunaan Teknologi Cloud Computing ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Salesforce.com Platform Web Services 12-Aug-11 .com was found in 1999 by former Oracle executive Marc Benioff as a company specializing in SaaS software.

GreenView menggandeng HP. terutama untuk blade & storage server. Nantinya. PT Infinys System Indonesia dan Indopacific (GreenView) ‡ Menurut Direktur GreenView Cloud Services³mitra Microsoft³ tarif langganannya mulai dari Rp 500 ribu hingga ratusan juta per bulan. tergantung besaran kebutuhan.Contoh Penyedia Layanan ‡ Untuk menyediakan jasa cloud computing ini Microsoft bermitra dengan perusahaan lokal. para user akan mendapatkan satu database server. Untuk infrastruktur. seperti PT Astra Graphia Information Technology. sepenuhnya menggunakan Microsoft . Adapun untuk platform software. satu application server beserta akses Internet lokal.

Misalnya. Pertama. ´Biaya langganan public cloud. public cloud: yang dibeli end user berupa layanan dalam bentuk aplikasi.µ ujar Inu. Salesforce.com yang menyediakan aplikasi CRM. Mereka bisa mendapatkan fasilitas e-mail perusahaan. mulai dari US$ 3/user/bulan. Dengan dua model layanan cloud computing . IBM juga membuat cloud di data center perusahaan pengguna untuk keperluan sendiri dengan sistem private cloud.Contoh Penyedia Layanan Model layanan komputasi awan juga ditawarkan IBM. Selain itu. .

Terbatasnya penerapan cloud computing di level organisasi dan kalangan bisnis di Indonesia diakibatkan oleh kendala teknis. tidak dapat dipercaya dan memakan biaya tinggi ataupun sulit untuk melakukan perubahan. 3. khususnya pada masalah virtualisasi dan adanya keraguan akan jaminan security dalam penerapan teknologi ini . maka pengguna akan terperangkap dalam sistem yang tidak handal dan beresiko.Kendala Implementasi di Indonesia 1. Faktor kepercayaan ‡ Jika penyedia layanan tidak handal. Kendala teknis berupa kurangnya infrastruktur dalam teknologi internet sehingga akses internet di Indonesia menjadi sangat terbatas dan internet masih sebagai ¶barang mahal· di Indonesia dan menghambat pengembangan teknologi ini 2.

12-Aug-11 . IBM also offers ´privateµ cloud computing services using IBM blue services software. This cloud is blocked off from the internet using firewalls.‡ ‡ IBM are developing cloud computing applications for the everyday user called CloudBurst. ± Instead of putting information out on the internet it makes the companies data center into its own cloud.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful