OLEH Drs. H. ERMAN ZARUDDIN KA. KEMENAG KAB.

KARIMUN DISAMPAIKAN PADA ACARA : PEMBINAAN ORMAS ISLAM DAN BIMBINGAN PRODUK HALAL DI AULA DARUN NADWAH MASJID AGUNG KAB. KARIMUN

DASAR HUKUM JAMINAN PRODUK HALAL
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8.

UU NO. 23 TAHUN 1992 TENTANG KESEHATAN UU NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN PP NO. 69 TAHUN 1999 TENTANG LABEL DAN IKLAN PANGAN PIAGAM KERJA SAMA DEPKES, DEPAG DAN MUI TENTANG PELAKSANAAN OENCANTUMAN LABEL HALAL PADA MAKANAN TANGGAL 21 JUNI 1996 KMA NO. 418 TAHUN 2001 TENTANG PEDOMAN DAN TATA CARA PEMERIKSAAN DAN PENETAPAN PANGAN HALAL KMA NO. 519 TAHUN 2001 TENTANG LEMBAGA PELAKSANA PEMERIKSAAN PANGAN HALAL KMA NO. 525 TAHUN 2001 TENTANG PENUNJUKKAN PERUSAHAAN UMUM PENCETAKAN UANG RI (PERUM PERURI) SEBAGAI PELAKSANA PENCETAKKAN LABEL HALAL KESIMPULAN MUZAKKARAH NASIONAL TENTANG ALKOHOL DALAM PRODUK MAKANAN

BULAN DAN TAHUN KADALUARSA D. BAHAN YANG DIPAKAI B. TANGGAL. 23 TAHUN 1992 TENTANG KESEHATAN PASAL 21 AYAT 1 : PENGAMANAN MAKANAN DAN MINUMAN DISELENGGARAKAN UNTUK MELINDUNGI MASYARAKAT DARI MAKANAN DAN MINUMAN YANG TIDAK MEMENUHI KETENTUAN MENGENAI STANDART DAN ATAU PERSYARATAN KEKUATAN PASAL 21 AYAT 2 : SETIAP MAKANAN DAN MINUMAN YANG DIKEMAS WAJIB DIBERI TANDA ATAU LABEL YANG BERISI : A.UU NO. KETENTUAN LAINNYA . KOMPOSISI SETIAP BAHAN C.

69 TAHUN 1999 TENTANG LABEL DAN IKLAN PANGAN PASAL 10 AYAT 1 : SETIAP ORANG YANG MEMPERODUKSI ATAU MEMASUKKAN PANGAN YANG DIKEMAS KEDALAM WILAYAH INDONESIA UNTUK DIPERDAGANGKAN DAN MENYATAKAN BAHWA PANGAN TERSEBUT HALAL BAGI UMAT ISLAM BERTANGGUNGJAWAB ATAS KEBENARAN PERNYATAAN TERSEBUT DAN WAJIB MENCANTUMKAN KETERANGAN ATAU TULISAN HALAL PADA LABEL AYAT 2 : PERNYATAAN TENTANG HALAL SEBAGAIMANA DIMAKSUD PADA AYAT SATU MERUPAKAN BAGIAN YANG TIDAK TERPISAHKAN DARI LABEL PASAL 11 AYAT 1 : PEMERIKSAAN SEBAGAIMANA DIMAKSUD PADA AYAT SATU DILAKSANAKAN BERDASARKAN PEDOMAN DAN TATA CARA YANG DITETAPKAN OLEH MENTERI AGAMA DENGAN MEMPERHATIKAN PERTIMBANGAN DAN SARAN LEMBAGA KEAGAMAAN YANG MEMILIKI KOMPETENSI DI BIDANG TERSEBUT.PP NO. (YANG DIMAKSUD LEMBAGA KEAGAMAAN IALAH MAJLIS ULAMA INDONESIA) .

2. SANGAT PENTING DILAKSANAKAN PENCANTUMAN LABEL HALAL PADA KEMASAN PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN DISEPAKATI BAHWA PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN YANG BEREDAR DAPAT DINYATAKAN HALAL ATAS DASAR FATWA MAJELIS ULAMA INDONESIA SETELAH MELALUI SERANGKAIAN PEMERIKSAAN (AUDIT) DILOKASI PRODUSEN DAN PENGUJIAN LABORATORIUM DENGAN SECARA SEKSAMA DALAM RANGKA MENINGKATKAN KOORDINASI DAN KERJA SAMA TENTANG PELAKSANAAN PENCANTUMAN LABEL HALAL DIMAKSUD MENTERI KESEHATAN AKAN MEMBENTUK TIM KOORDINASI YANG BERANGGOTAKAN WAKIL DEPKES. 3. DEPAG DAN MUI. .PIAGAM KERJASAMA DEPKES. DEPAG DAN MUI TENTANG PELAKSANAAN PENCANTUMAN LABEL HALAL PADA MAKANAN ISINYA ANTARA LAIN : 1.

SISTEM MANAJEMEN HALAL DAN HALHAL LAIN YANG BERHUBUNGAN LANGSUNG MAUPUN TIDAK LANGSUNG DENGAN KEGIATAN PRODUKSI PANGAN HALAL. PEMERIKSAAN PANGAN HALAL ADALAH PEMERIKSAAN TENTANG KEADAAN DAN CARA MEMPERODUKSI PANGAN YANG MELIPUTI ASAL USUL BAHAN BAKU. PERSONALIA. 518 TAHUN 2001 TENTANG PEDOMAN DAN TATA CARA PEMERIKSAAN DAN PENETAPAN PANGAN HALAL (TGL.KMA N0. BAHAN TAMBAHAN DAN BAHAN PENOLONG SERTA PROSES PRODUKSI. PERALATAN PRODUKSI. . PENETAPAN PANGAN HALAL ADALAH KEGIATAN UNTUK MENETAPKAN STATUS HUKUM DAN HASIL PEMERIKSAAN PANGAN HALAL SESUAI DENGAN HUKUM ISLAM. SERTIFIKAT HALAL ADALAH FATWA TERTULIS YANG MENYATAKAN KEHALALAN SUATU PRODUK PANGAN YANG DIKELUARKAN OLEH LEMBAGA PEMERIKSA. 30 NOPEMBER 2001) ANTARA LAIN : PASAL 1 PANGAN HALAL ADALAH PANGAN YANG TIDAK MENGANDUNG UNSUR ATAU BAHAN HARAM ATAU DILARANG UNTUK DIKONSUMSI UMMAT ISLAM DAN PENGOLAHANNYA TIDAK BERTENTANGAN DENGAN SYARIAT ISLAM.

DAN LABEL HALAL TERSEBUT WAJIB DICANTUMKAN NOMOR SERTIFIKAT HALAL DAN TULISAN HALAL DENGAN HURUF ARAB DAN HURUF LATIN PASAL 11 : BIAYA PEMPROSESAN SERTIFIKASI PANGAN HALAL DAN BIAYA PEMBUATAN LABEL HALAL DITANGGUNG OLEH PRODUSEN ATAU IMPORTIR YANG MENGAJUKAN PERMOHONAN. PERSONALIA DAN ANGGARAN. PEMERINTAH WAJIB MEMBERIKAN DUKUNGAN KEBIJAKAN. PEMBINAAN.KMA NOMOR 518 MENJELASKAN TENTANG LEMBAGA PEMERIKSA. PENGAWASAN DAN PELAPORAN PASAL 10 : PRODUSEN ATAU IMPORTIR YANG TELAH MEMPEROLEH SERTIFIKAT HALAL WAJIB MENCANTUMKAN LABEL HALAL PADA KEMASAN PRODUKNYA. PROSEDUR PEMERIKSAAN PELAKSANAAN PEMERIKSAAN SERTIFIKAT HALAL DAN LABEL HALAL KEMUDIAN BIAYA. BAIK MELALUI ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA NEGARA MAUPUN SUMBER-SUMBER LAIN YANG SAH SESUAI PERATURAN PERUNDANGAN YANG BERLAKU .

TREND MANUSIA GLOBAL  FOOD (MAKANAN)  FASHION (PAKAIAN)  FUN (HIBURAN) MAKANAN SANGAT BERPENGARUH TERHADAP SIKAP DAN TINGKAH LAKU .

BEBERAPA KASUS (HEBOH PANGAN) y LEMAK BABI TAHUN 1980 y PERMEN NARKOBA 2000 y DAGING BABI DI TEMPAT PENJUAL BERLABEL SAPI y AJINOMOTO y AYAM BANGKAI DAN YANG DISEMBELIH DICAMPUR y DAGING BABI DI WARUNG NASI RAMAS DI SEMARANG y 1 PISAU UNTUK 2 JENIS DAGING (SAPI + BABI) y OBAT-OBATAN YANG DICAMPUR ALKOHOL / GLATIN / LEMAK BABI .

KONDISI KONSUMEN ADA YANG:  PERTIMBANGAN MURAH  PERTIMBANGAN KESEHATAN .

DAN ANIMAL OIL y TANGGAL KADALUARSA .PRODUK MAKANAN KALENG y TELITI KOMPOSISINYA. LARD TALLOW. HAM. HINDARI YANG MENGANDUNG PORK. BACON.

YANG HALAL BELUM TENTU SEHAT DAN SEHAT BELUM TENTU HALAL SEHAT DAN HALAL SUATU YANG TIDAK BISA DIPISAHKAN BAGI UMMAT ISLAM .

BUDAYA MAKAN y KONSUMTIFISME y ISYRAF (BERLEBIHAN) .

2. SESUNGGUHNYA ALLAH TIDAK MENYUKAI ORANG YANG BERLEBIHAN 3.AN AM AYAT 41 : JANGANLAH SEKALIAN KAMU BERBUAT BERLEBIH-LEBIHAN. 1/3 UNTUK AIR DAN 1/3 UNTUK ANGIN 4. . ISI 1/3 UNTUK MAKANAN. AKHIRI DENGAN DOA 1. AMBIL YANG DEKAT 7.BUDAYA MAKAN YANG DIAJARI RASUL NIAT TAAT PADA ALLAH TIDAK BERLEBIHAN DAN MUBAZIR SURAT AL . AMBIL SECUKUPNYA 9. JANGAN GUNAKAN PERABOT EMAS/PERAK 10. TENANG DAN TIDAK RAKUS 8. BACA BASMALAH 5. SAMBIL DUDUK 6.

5. MENJAGA KESEIMBANGAN JIWA MENUMBUHKAN SIKAP JUANG TERHADAP AJARAN ALLAH MEMBERSIHKAN HATI DAN LISAN MENUMBUHKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ALLAH MENENANGKAN HATI . 3.DAMPAK MAKANAN HALAL TERHADAP PRILAKU 1. 4. 2.

JUDI. BENDA MATI HALAL SELAMA TIDAK NAJIS ATAU BERCAMPUR DENGAN NAJIS. MILIK ANAK YATIM.MAKANAN HALAL y HALAL CARA MENDAPATKANNYA A. BUKAN DIAMBIL PAKSA. DAN TINDAK KEJAHATAN LAINNYA. PROSTISTUSI. BUKAN HASIL RIBA. BINATANG DARAT (KECUALI YANG JELAS NASH KEHARAMANNYA) . CURI. SUAP DLL C. B. KHIANAT. TIPU y HALAL ZATNYA A. MEMBAHAYAKAN DAN MEMABUKKAN B.

KAIDAH FIKIH APABILA TELAH BERKUMPUL ANTARA HALAL DAN HARAM MAKA HARAMNYA DIMENANGKAN .

 APA YANG DIPERINTAHKAN ALLAH MENGANDUNG KEBAIKAN DAN APA YANG DILARANG OLEH ALLAH MENGAKIBATKAN KEBURUKAN BAGI KITA . RUSUH. RIBUT DAN PRILAKU NEGATIF LAINNYA.DAMPAK MAKAN HARAM  MAKANAN HARAM BERPENGARAUH PADA PRILAKU : SUKA ONAR.

. JIKA IA MENYEDEKAHKANNYA MAKA SEDEKAH ITU TIDAK DITERIMA . MAKA NERAKA ITU LEBIH UTAMA BAGI NYA BARANG SIAPA MENGUSAHAKAN HARTA DENGAN HARAM.HADIS : SETIAP DAGING YANG TUMBUH DARI BARANG HARAM.

BOLEH JADI MUSIBAH DEMI MUSIBAH YANG MELANDA BANGSA INI KARENA BANYAKNYA MAKANAN HARAM YANG DIMASUKKAN KEDALAM PERUT ANAK BANGSA INI .

WB .SEKIAN WASSALAMU ALAIKUM WR.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful