PETA, ATLAS DAN GLOBE

Peta dunia oleh Yohanes Kepler
1

DEFINISI :
Sebuah peta adalah representasi dua dimensi dari suatu ruang tiga dimensi. Ilmu yang mempelajari pembuatan peta disebut kartografi. Banyak peta mempunyai skala, yang menentukan seberapa besar objek pada peta dalam keadaan yang sebenarnya. Kumpulan dari beberapa peta disebut atlas.

2

seorang ilmuwan yang mempelajari geografi yang bekerja di Aleksandria pada 150 SM. khususnya sehubungan dengan hubungan dagang antara Roma dan Venesia.Theatrum Orbis Terrarum (1570) Buku pertama yang dapat disebut atlas dibuat berdasarkan hasil perhitungan dari Claudius Ptolemaeus. Sejak 1544. 3 . Edisi pertama dipublikasikan di Bologna pada 1477 dan memiliki 27 buah peta. Ilmuwan tidak dapat memastikan apakah gambar peta-peta tersebut berasal dari peta asli yang dibuat Ptolomaeus atau dibuat oleh ilmuwan abad pertengahan berdasarkan tulisan Ptolomaues. menghasilkan peta berdasarkan kebutuhannya masingmasing. banyak peta yang dibuat. Setiap pembuat peta bekerja terpisah.ATLAS Peta dunia dari atlas modern pertama oleh Ortelius .

Pada saat itu. memuat 53 peta yang mencakup negara-negara di dunia pada saat itu.Abraham Ortelius dikenal karena membuat atlas modern pertama pada 20 Mei 1570. karya tersebut terbilang sukses 4 . Karyanya tersebut merupakan buku pertama dari jenisnya yang memuat dalam ukuran yang seragam. Karyanya yang berjudul Theatrum Orbis Terrarum.

penggunaan istilah : "atlas" untuk koleksi peta belum digunakan sampai 1595 dimana Gerardus Mercator menerbitkan karyanya yang berjudul "Atlas.." (Atlas. 1585-1595). atau Deskripsi dari Dunia) (Duisburg. Sive Cosmographicae Meditationes De Fabrica Mundi . 5 ..

Pengertian Peta : Peta adalah gambar atau lukisan keseluruhan atau pun sebagian permukaan bumi baik laut maupun darat 6 .A.

7 . yakni Peta umum adalah peta yang manampilkan bentuk fisik permukaan bumi suatu wilayah. Contoh : Peta jalan dan gedung wilayah Makassar.Macam-Macam atau JenisJenis Peta Peta dapat diklasifikasi menjadi dua jenis.

dan lain sebagainya.Peta Khusus Peta khusus adalah peta yang menampakkan suatu keadaan atau kondisi khusus suatu daerah tertentu atau keseluruhan daerah bumi. peta iklim. peta pertanian perkebunan. 8 . peta curah hujan. Contohnya adalah peta persebaran hasil tambang.

peta kutub utara dan kutub selatan. peta samudera. Pembagian Peta 1. Peta Luas Peta luas adalah peta yang menggambarkan suatu daerah yang luas seperti peta dunia. dsb. peta daerah amerika utara.C. peta benua. 9 .

peta gorong-gorong kampung. Contoh peta sempit yaitu peta desa atau pedesaan. denah rumah. peta kota atau perkotaan. dan lain sebagainya. peta gedung.2. Peta Sempit Peta sempit adalah peta yang hanya menampilkan sebagian kecil suatu area. 10 .

11 . Globe Globe atau Bola Dunia adalah suatu bentuk tiruan bola bumi yang dibuat dalam skala yang kecil untuk dapat lebih memahami bentuk asli planet bumi. Bentuk Lain Dari Peta 1. Atlas 2.D.

E. Berbagai Macam dan Jenis Warna Peta Beserta Artinya / Arti Warna Pada Peta 1.500 meter dpl / ketinggian coklat muda : 500 . Warna Laut hijau : 0 .1500 meter dpl / ketinggian coklat : 1500 .4000 meter dpl / ketinggian 12 .200 meter dpl / ketinggian kuning : 200 .

Warna Darat biru pucat : 0 .4000 meter / kedalaman  biru tua : 4000 .2.6000 meter / kedalaman biru tua berbintik merah : 6000 meter lebih / kedalaman 13 .1000 meter / kedalaman biru : 1000 .200 meter / kedalaman  biru muda : 200 .

Syarat-Syarat yang Wajib Ada Pada Peta  Judul peta Skala peta Lambang Peta : jalan. pelabuhan. barat . dll Garis pinggir peta  Petunjuk arah mata angin : utara.F. sungai. ibu kota. batas wiayah. selatan. dll 14 . timur.

Jenis Skala Pada Peta Pengertian atau definisi : Skala peta adalah perbandingan jarak di peta dengan jarak sesungguhnya dengan satuan atau tehnik tertentu 1. Skala angka / skala pecahan Contohnya seperti 1 : 1000 yang berarti 1 cm di peta sama dengan 1000 cm jarak aslinya di dunia nyata 15 .G.

2. Skala Satuan Misalnya seperti 1 inchi to 5 miles dengan arti 1 inch di peta adalah sama dengan 5 mil pada jarak sebenarnya. 16 .

17 .3. Skala Garis Skala garis menampilkan suatu garis dengan beberapa satuan jarak yang menyatakan suatu jarak pada tiap satuan jarak yang ada.

Proyeksi Kerucut 18 . Proyeksi Pada Peta Proyeksi peta adalah suatu teknik pemindahan gambar peta ke berbagai macam bentuk peta. Proyeksi Mollowide 4. Proyeksi Silinder 3. Proyeksi Mercator 2. Beberapa jenis-jenis proyeksi peta 1.H.

I. Pengertian Peta (Map) Peta ialah gambar geografi dengan skala tertentu yang menggambarkan permukaan bumi. Peta adalah gambaran seluruh atau sebagian dari permukaan bumi yang dilukiskan ke dalam bidang datar dengan perbandingan tertentu 19 . Peta a.

Judul Peta Biasanya dituliskan dibagian tengah atas atau bagian lain yang masih kosong.b. Unsur-unsur Peta 1. Judul peta menunjukan isi atau tipe peta 20 .

2.000 21 . Misalnya 1 : 500. Skala Peta Skala Peta : perbandingan jarak dipeta dengan jarak sebenarnya dilapangan (dimuka bumi) Skala angka terbagi atas: kala Angka (Numeric) : skala yang menunjukan perbandingan jarak dalam bentuk angka.

Skala Garis (Grafis) : berupa garis lurus yg dibagi dalam ukuran tertentu (satuannya cm / inchi). Misalnya : 0 1 2 3 4 km 0 1 2 3 4 5 6 7 8 cm Skala garis diatas artinya I km = 2 cm dipeta 2 cm dipeta = 100.000 cm dilapangan 1 = 50.000 22 .

perbandingan tidak lagi tepat dan jauh berubah dari peta semula. tetapi pada skala angka. maka skala garisnya ikut berubah (masih mendekati kebenaran). 23 .Kelebihan Skala garis : jika peta asli di photo copy diperbesar atau diperkecil).

SAMPAI JUMPA 24 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful