BAB IV

JARINGAN TELEKOMUNIKASI
Oleh: M. Ade Erik, S.Pd. NIP. 19870911 2010 01 1006 Doc versi: 04.01/TIK/X-1/2010-2011 TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SMA NEGERI 1 TEGAL 2010

€ € €

Materi
‡ ‡ ‡

Jaringan Telekomunikasi (wireline, wireless, modem dan satelit) Menjelaskan fungsi, dan cara kerja jaringan telekomunikasi.

Kompetensi Dasar: Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik mampu mencari informasi tentang jaringan menggunakan kabel dan nirkabel ‡ Peserta didik mampu menjelaskan kelebihan dan kekurangan jaringan telekomunikasi kabel dan nirkabel ‡ Peserta didik mampu mencari informasi dan menjelaskan cara kerja modem pada jaringan telekomunikasi ‡ Peserta didik mampu mencari informasi dan menjelaskan fungsi satelit pada jaringan telekomunikasi

€

Indikator:
Mendeskripsikan perbedaan antara Wide Area Network dan Local Area Network, ditinjau dari konsep jaringan dan geografis ‡ Menjelaskan perbedaan antara jaringan telekomunikasi dengan menggunakan kabel dan nirkabel ‡ Menjelaskan cara kerja modem pada jaringan telekomunikasi ‡ Menjelaskan fungsi satelit pada jaringan telekomunikasi
‡

A. Network
y

Network adalah jaringan dari sistem komunikasi data yang melibatkan sebuah atau lebih sistem komputer yang dihubungkan dengan jalur transmisi alat komunikasi membentuk satu sistem.

B. Telekomunikasi
Telekomunikasi adalah cara berkomunikasi jarak jauh. Elemen penting dalam proses komunikasi adalah adanya pengirim dan penerima. y Model dasar komunikasi
y
y

sender coder channel decoder receiver

C. Komunikasi Data
Komunikasi data merupakan pergerakan data dan informasi yang dikodekan dari satu titik lain melalui peralatan listrik atau elektromagnetik, kabel serat optik (fiber-optic cables), atau sinyal gelombabng mikro (microwave signals) y Skema Komunikasi Data:
y
y

sender

modem

channel

modem

computer

Elemen Sistem Komunikasi Data: y Source Transmition media receiver
y

D. Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. y Tujuan jaringan komputer
y

y Membagi sumber daya y Komunikasi y Akses informasi

client adalah pihak yang meminta layanan (services). y Server adalah pihak yang memberikan services. y Computer Network yaitu hubungan dua buah simpul (komputer) yang digunakan untuk pertukaran/ komunikasi data atau untuk melakukan bagi pakai software, hardware, dan processing.
y

y

Komponen network

pembentuk

system

Node adalah titik yang dapat menerima input data kedalam network atau menghasilkan output informasi atau kedua-duanya. Link adalah channel atau jalur transmisi atau crier untuk arus informasi atau data diantara node.

y

Jenis-jenis jaringan komputer
Local Area Network (LAN), adalah suatu jaringan komputer lokal terbatas yang membentuk workstation y Metropolitan Area Network (MAN), jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan beberapa LAN dari berbagai lokasi y Wide Area Network suatu jaringan komputer yang mencakup area yang besar antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

y

Jenis-jenis komputer
Bus Star Ring Hirarki/ Tree Mesh

topologi

jaringan

tree

y

Konfigurasi jalur komunikasi
Point to point, menghubungkan secara khusus dua piranti yang hendak bekomunikasi. Seperti komunikasi antara dua komputer (peer to peer) Multipoint, hubugan yang memungkinkan sebuah jalur dapat digunakan oleh sejumlah piranti yang berkomunikasi.

E. Transmisi
y

Arah transmisi
Simplex, arah transmisi yang memungkinkan isyarat mengalir satu arah. Half Duplex, hubungan transmisi dua arah yang hanya dapat dilakukan secara bergantian. Full Duplex, hubungan transmisi dua arah yang dapat dilakukan secara bersamaan.

Media Transmisi adalah media komunikasi yang digunakan sebagai penghubung antara pengirim dan penerima untuk melintaskan isyarat. y Kelompok media transmisi
y
x Media berkabel (bounded media/ guided media/ hard media) x Media non kabel (nirkabel/ wireless media/ unbounded media/ soft media)

y

Media berkabel
Coaxial cables Fiber-optic cables Twisted pair

y

Media nirkabel
Microwave signals Satelit Radio signals Infrared

Media Berkabel
y

Coaxial cables, kabel yang terdiri dari core (kabel data) yang mengandung pengantar yang terbuat dari tembaga pada intinya. Berkecepatan antara 100Mbps2,4Gbps.
Jenis-jenis coaxial cables ‡ RG-8, RG-9, RG-11 digunakan untuk thick ethernet. berdiameter 0,5inc dengan transfer data max 500m. ‡ RG-58 digunakan untuk thin ethernet . Berdiameter 0,25inc dengan transfer data max 185m ‡ RG-59 digunakan untuk televisi

y

Fiber-optic cables, kabel serat optik dengan intinya berupa kaca yang digunakan untuk melewatkan cahaya. Transfer data mencapai 2Km. Digunakan dalam LAN yang berkecepatan tinggi Gbps.

Twisted pair, kabel yang saling dipilin dengan tujuan untuk mengurangi interferensi elektromagnetik terhadap kabel lain atau sumber dari luar. y Jenis-jenis twisted pair
y

Unshielded Twisted Pair (UTP), kabel terpilin yang tidak berpelindung Shielded Twisted Pair (STP), kabel terpilin yang berpelindung.

y

Category UTP
Category 1, hanya dapat membawa sinyal voice Category 2, kacepatan data mencapai 4Mbps dan biasa digunakan dalam jaringan telephone. Category 3, kecepatan data mencapai 10Mbps dan biasa digunakan dalam sistem jaringan komputer Category 4, kecepatan data mencapai 16Mbps dan biasa digunakan dalam sistem jaringan komputer Category 5, kecepatan data mencapai 100Mbps dan biasa digunakan dalam jaringan komputer

Media Nirkabel
y

Microwave signal, adalah gelombang radio yang menggunakan frekuensi tinggi Ghz yang meliputi kawasan UHF, SHF, dan EHF. Jarak transmisinya mencapai 20-30Km dengan kecepatan mencapai 50Kbps.

Satelit, stasiun relay yang letaknya diluar angkasa yang menerima sinyal dari stasiun microwave dan mengirimkannya kembali ke stasiun microwave lainnya. y Jenis satelit berdasarkan posisi orbit
y
GEO (Geostationary Earth Orbit)=22.300 mil tepat diatas garis katulistiwa MEO (Medium Earth Orbit)=6.000 mil diatas garis katulistiwa. LEO (Low Earth Orbit)=400-1000 mil diatas permukaan bumi.

y

Tipe pengkabelan LAN

pada

jaringan

Tipe Straight, pengkabel yang digunakan dalam koneksi point to point dua piranti yang sejenis. Tipe Cross, pengkabelan yang digunakan dalam koneksi multipoint dan tidak sejenis.

y

Straight
Ujung A 1.PO 2.O 3.PH 4.B 5.PB 6.H 7.PC 8.C Ujung B 1.PO 2.O 3.PH 4.B 5.PB 6.H 7.PC 8.C

y

Kegunaan pengkabelan straight
menghubungkan komputer ke port biasa di switch. menghubungkan komputer ke port LAN modem cable/DSL. menghubungkan port WAN router ke port LAN modem cable/DSL. menghubungkan port LAN router ke port uplink di switch. menghubungkan 2 HUB/switch dengan salah satu HUB/switch menggunakan port uplink dan yang lainnya menggunakan port biasa.

y

Cross
Ujung A 1.PO 2.O 3.PH 4.B 5.PB 6.H 7.PC 8.C Ujung B 1.PH 2.H 3.PO 4.B 5.PB 6.O 7.PC 8.C

y

Kegunaan pengkabelan Cross
menghubungkan 2 buah komputer secara langsung. menghubungkan 2 buah HUB/switch menggunakan port biasa diantara kedua HUB/switch. menghubungkan komputer ke port uplink switch. menghubungkan port LAN router ke port biasa di HUB/switch.

F. Perangkat Komunikasi Data
Modulator Demodulator (Modem), perangkat keras yang dapat mengubah sebuah sinyal analog (sinyal suara) kedalam sinyal digital ataupun sebaliknya. y Jenis Modem antara lain:
y

Modem Internal, modem yang terpasang pada mainboard atau motherboard didalam Personal Computer (PC). Modem Eksternal, modem yang yang terpasang diluar Personal Computer (PC).

Modem Kabel, modem yang terpasang dengan menggunakan saluran TV kabel dengan bantuan penyedia jasa TV kabel dan ISP (Internet Service Provider) Modem ADSL (Asymetric Digital Subcriber Line), modem yang terpasang dengan menggunakan line telepon normal namun dapat memecah sinyal line telepon menjadi dua bagian yaitu suara dan data.

Modem Internal

Modem Eksternal

Modem ADSL

Modem Kabel

G. cara kerja satelit
Satelit termasuk juga dalam media transmisi mikrogelombang, satelit berfungsi sebagai relay yang berada diluar angkasa dengan ketinggian berkisar 48022.000 mil diatas permukaan bumi. y Satelit melalui piranti transponder bertindak sebagai penerima, penguat, sekaligus pengirim isyarat yang diterima dari stasiun pengirim ke stasiun penerima.
y

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful