Oleh : Luna Nuansa Iman XII IPA 2

Fluida
y Zat yang dapat mengalir y Air dan udara termasuk fluida y Pembahasan mengenai fluida dibagi dua: y Fluida Statis y Fluida Dinamis

y Bagaimana kapal selam yang besar bisa mengapung dan tenggelam? y Bagaimana keadaan di bawah laut sampai kapal selam harus mempunyai spesifikasi khusus? Jawaban pertanyaan tadi dan beberapa fenomena alam lainnya ada di materi fisika : FLUIDA STATIS .

Fluida Statis y Adalah fluida yang berada dalam keadaan diam y Pembahasan mengenai fluida statis : y Massa Jenis y Tekanan Hidrostatis y Hukum Pascal y Hukum Archimedes y Kapilaritas y Tegangan Permukaan .

Massa Jenis .

.

.

Pertanyaan y Mengapa sirup pada minuman terletak di dasar gelas? y Mengapa sebagian kecil dari gunung es menyembul di atas permukaan air? y Mengapa kapal yang berat dapat mengapung di laut? .

Massa Jenis y Penjelasan dari pertanyaan-pertanyaan di atas berkaitan dengan massa jenis y Massa jenis adalah besar massa suatu benda per satuan volume dengan kata lain kerapatan massa suatu benda Massa Jenis : V = M/V .

Massa Jenis y Semakin besar massa jenis suatu fluida apabila bertumpuk dengan fluida lain. zat tersebut akan semakin dekat ke dasar y Massa jenis benda padat menentukan benda tersebut mengapung atau tenggelam y Massa jenis benda padat menentukan berapa bagian benda yang berada di atas/bawah permukaan fluida .

Tekanan Hidrostatis y Tekanan hidrostatis adalah tekanan pada suatu titik kedalaman dalam zat cair yang diam Tekanan Hidrostatis : V. h V = massa jenis . g.

Tekanan Hidrostatis y Semakin dalam suatu zat cair semakin besar tekanan hidrostatisnya y Oleh karena itu : y Penyelam laut dalam mengenakan baju khusus yang mirip pakain astronot saat menyelam y Kapal selam dibuat dari bahan yang kuat dan tahan air agar tahan tekanan di laut yang dalam .

Hukum Pascal .

Pertanyaan y Bagaimana sebuah dongkrak hidrolik dapat mengangkat mobil yang berat? y Dapatkah kita mengangkat sesuatu yang berat dengan bantuan tekanan air? .

Hukum Pascal y Bunyi Hukum Pascal : Tekanan yang diberikan kepada fluida dalam ruang tertutup diteruskan ke segala arah sama besar Hukum Pascal : F1/A1 = F2/A2 .

Hukum Pascal y Dongkrak hidrolik adalah salah satu penerapan Hukum Pascal pada kehidupan sehari-hari y Sebuah dongkrak hidrolik sederhana dapat dibuat dengan pipa berisi air. beban . selamat mencoba .dan dua pelat berukuran berbeda : y Perbandingan berat beban yang dapat diangkat sebaiknya sebanding dengan perbandingan luas pelat.

dari percobaannya itu juga muncul kalimat Eureka yang terkenal . Selain Hukum Archimedes.Hukum Archimedes Sejarah Hukum Archimedes : Ditemukan oleh seorang filsuf Yunani bernama Archimedes. Archimedes disuruh menguji kemurnian emas di mahkota Raja . Saat menemukan.

Hukum Archimedes Apabila suatu bejana penuh berisi air dimasuki benda. volume air yang tumpah bila dimasuki oleh benda sama dengan volume benda tersebut Benda yang dicelupkan sebagian atau seluruhnya ke dalam zat cair akan mendapatkan gaya ke atas seberat zat cair yang dipindahkan .

V Fa = gaya Archimedes V = massa jenis g = gaya gravitasi V = Volume . g.Hukum Archimedes Hukum Archimedes : Fa = V.

Tegangan Permukaan .

.

Pertanyaan y Mengapa gelembung sabun selalu bulat? Bisakah membuat gelembung kubus atau segi tiga? y Bagaimana serangga tersebut bisa berjalan di permukaan air? .

Tegangan Permukaan y Tegangan permukaan terjadi karena permukaan zat cair menegang sehingga tampak seperti selaput tipis y Dipengaruhi oleh gaya kohesi antara molekul air y Cairan di permukaan memperkecil luas permukaan.P. Bola > L. oleh karena itu gelembung sabun dan tetes air berbentuk bulat (L.P. bangun ruang lain) .

Tegangan Permukaan : K = F/l .Tegangan Permukaan y Ketika sebuah benda diletakkan hati-hati di permukaan air. molekul air yang terletak di permukaan tertekan sehingga molekul dibawahnya memberikan gaya pemulih ke atas.

Kapilaritas Naiknya air pada batang tanaman merupakan contoh kapilaritas .

bila y (-) maka zat cair turun .Kapilaritas y Adalah gejala naik turunnya permukaan zat cair dalam pipa kapiler y = 2. g. r K= tegangan permukaan V= massa jenis U = sudut kontak zat cair dengan pipa Bila y (+) maka zat cair naik. cos U V. K.

Seorang penyelam menyelam di kedalaman 50m. 5 . berapa luas pelat yang mengangkat mobil? 2 m03 . 1 na ba a / 5 1 . Apabila massa jenis air 1000 kg/m3 dan percepatan gravitasi 10 m/s2 berapa tekanan hidrostatis yang dialami penyelam tersebut? 2.Contoh Soal 1. Sebuah dongkrak hidrolik diberi gaya sebesar 100 N melalui pelat berukuran 1 m2.. 2 2 m N 0 .000 N. Apabila mobil yang diangkat beratnya 3.

C. D. E.Contoh Soal y Apabila sebuah batu dimasukkan ke dalam air. semakin dalam batu tersebut tenggelam gaya angkat dan tekanan yang bekerja pada batu secara berurutan : A. Keduanya makin besar Makin besar dan tetap Makin besar dan makin kecil Tetap dan makin besar Keduanya makin besar r as e b n ka mna d pat e T. B. D na ba a i : .

Contoh Soal y Naik turunnya permukaan air dengan pipa dipengaruhi oleh : Massa jenisnya 2) Percepatan gravitasi bumi 3) Tegangan permukaan 4) Kecembungan permukaan 1) ) 4 na d ) 3 ) 2 )1 : na ba a .

Terima Kasih atas Perhatiannya .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful