Sampah Padat

metal.Sampah padat adalah segala bahan buangan selain kotoran manusia. plastik. . urine dan sampah cair. gelas dan lain-lain. Dapat berupa sampah rumah tangga: sampah dapur. sampah kebun.

rumput pada waktu pembersihan kebun dan sebagainya. . potongan-potongan ranting.Menurut bahannya sampah ini dikelompokkan menjadi sampah organik dan sampah anorganik. hewan. kertas. potongan-potongan kayu dari peralatan rumah tangga. seperti sisa-sisa sayuran. Sampah organik merupakan sampah yang berasal dari barang yang mengandung bahan-bahan organik.

‡ Non-biodegradable: yaitu sampah yang tidak bisa diuraikan oleh proses biologi. kertas. pakaian dan lain-lain. sisa-sisa hewan. sampah pertanian dan perkebunan. seperti: sampah dapur. ± Non-recyclable: sampah yang tidak memiliki nilai ekonomi dan tidak dapat diolah atau diubah kembali seperti tetra packs. Dapat dibagi lagi menjadi: ± Recyclable: sampah yang dapat diolah dan digunakan kembali karena memiliki nilai secara ekonomi seperti plastik. maka dapat dibagi lagi menjadi: ‡ Biodegradable: yaitu sampah yang dapat diuraikan secara sempurna oleh proses biologi baik aerob atau anaerob.Berdasarkan kemampuan diurai oleh alam (biodegradability). carbon paper. thermo coal dan lain-lain. .

. Gas-gas yang dikeluarkan dalam proses pembusukan. Keadaan ini dapat mencemari air tanah dan jika terminum. Jenis Limbah Padat Limbah padat adalah segala sesuatu yang tidak terpakai dan berbentuk padat atau setengah padat. dapat menimbulkan penyakit. pembakaran. atau zat berbahaya lain. Limbah padat dapat berupa campuran berbagai bahan baik yang tidak berbahaya (sisa makanan) maupun berbahaya (limbah bahan berbahaya dan beracun dari industri). Limbah padat yang tidak dikelola dengan baik akan menjadi vektor penyakit. logam berat. Lindi dapat menyerap zat-zat pencemar di sekelilingnya sehingga di dalam lindi terdapat mikroba patogen. Adanya limbah padat yang terkontaminasi mikroorganisme dapat berdampak pada timbulnya berbagai gangguan kesehatan. ataupun pembuangan limbah juga dapat mengganggu kesehatan. Cairan yang dihasilkan dari penguraian limbah organik padat disebut leachate (lindi).Pencemaran Limbah Padat 1.

yaitu limbah yang dapat terurai dan yang tidak dapat terurai. Jika ada yang dapat didaur ulang. sedangkan sampah yang tidak dapat diuraikan oleh makhluk hidup adalah limbah padat yang mengandung bahan anorganik. tetapi jika tidak memungkinkan. bakarlah sampah anorganik tersebut untuk memperkecil volumenya. .2 ) Daur Ulang Limbah Padat Pengolahan limbah padat dapat dimulai dengan pemisahan limbah sesuai dengan karakteristiknya. Sampah yang dapat diuraikan oleh mikroorganisme adalah sampah organik. sebaiknya dilakukan daur ulang atau dimanfaatkan kembali. Salah satu contoh limbah padat adalah sampah rumah tangga.

. dengan menggunakan incinerator dengan beberapa komponen penyusunnya. contohnya. misalnya. Limbah padat organik yang berupa sisa makanan dapat diolah menjadi makanan ternak (animal feeding). biogas atau kompos. Limbah padat secara biologi dapat dilakukan dengan proses aerobik (pembuatan kompos) dan anaerobik (pembuatan biogas). Limbah padat organik yang tidak mengandung bahan berbahaya dan beracun dapat diproses secara biologi agar dapat diubah menjadi produk yang berguna. seperti pada pengolahan air limbah. unit pembersih gas buang.Limbah padat anorganik yang beracun dan berbahaya harus dikelola secara khusus. seperti tungku pembakar. ruang purna bakar. dan cerobong asap.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful