Proses Masuknya Islam ke Indonesia

Oleh: Azizah Nuraini Hasna Dea Shahnaz Virginia Deanna Salsabila Odette Dena Pramadianty Fauzia Nafiz Almira Tamara Adha Maharani

Pendapat lain mengatakan islam masuk pada abad ke-13 Ada beberapa teori yang hingga kini masih sering dibahas.Beberapa sejarawan mengatakan islam mulai berkembang pada abad ke-7. . Iran. Proses masuknya islam di nusantara belum dapat dipastikan.Juga melalui peranan ulama dan wali songo. baik oleh sarjanasarjana Barat maupun kalangan intelektual Islam sendiri. India. Gujarat dan Persia. Irak. Setidaknya ada beberapa teori yang menjelaskan kedatangan Islam ke Timur Jauh termasuk ke Nusantara. Arab saudi.Prologue Perkembangan agama islam di nusantara tidak terlepas dari peranan saudagar muslim dari negara lain seperti Mesir.

ARAB Teori ini dibawa oleh pedagang arab islam ke indonesia pada abad ke-7 yang ditandai dengan perkampungan orang-orang arab di Barus atau Fansur di Sumatera. dan Bahrein untuk menyebarkan islam di lingkungannya. Basrah. Jawa.Pendukungnya antara lain adalah T.TEORI MAKKAH . dan Malaka. Arnold dan Buya HAMKA. Hidra maut. dengan bukti antara lain: ‡ Menurut al Mas udi pada tahun 916 telah berjumpa Komunitas Arab dari Oman. Para pedagang Arab banyak menetap di pantai-pantai kepulauan Indonesia.W. sekitar Sumatra. .

yang banyak mengenalkan islam. dimana pengaruh mazhab Syafii terbesar pada waktu itu adalah Mesir dan Mekkah. dikatakan bahwa para pedagang muslim telah banyak berkunjung kala itu ke Sriwijaya ‡ Kerajaan Samudra Pasai menganut aliran mazhab Syafii. .‡ Munculnya nama kampoeng Arab dan tradisi Arab di lingkungan masyarakat. ‡ Terdapat juga sebuah kitab Aja ib al-Hind yang ditulis al-Ramhurmuzi sekitar tahun 1000 M.

Sayed Naguib Al Attas dalam Preliminary Statemate on General Theory of Islamization of Malay-Indonesian Archipelago (1969). ± Dari Gerini dalam Futher India and Indo-Malay Archipelago. dan Malaya antara tahun 606-699 M. terdapat utusan dari raja Arab Muslim yang berkunjung ke Kalingga. Pada tahun 648 diterangkan telah ada koloni Arab Muslim di pantai timur Sumatera. ± Dari Harry W. di dalamnya menjelaskan bahwa kaum Muslimin sudah ada di kawasan India. beberapa tulisan dari berbagai sumber diantaranya ± Seminar masuknya islam di Indonesia (di Aceh) sebagian dasar adalah catatan perjalanan Al mas udi. ± Seminar mengenai Masuknya Islam ke indonesia di medan pada Ahad 2124 Syawal 1382 H (17-20 maret 1963 H) yang salah satu kesimpulannya adalah Islam telah masuk ke Indonesia langsung dari Arab.Pendapat tersebut menggunakan berbagai sumber. Hazard dalam Atlas of Islamic History (1954). Indonesia. baik dari arkeologi. . diterangkan bahwa kaum Muslimin masuk ke Indonesia pada abad ke-7 M yang dilakukan oleh para pedagang muslim yang selalu singgah di sumatera dalam perjalannya ke China. di dalamnya mengungkapkan bahwa kaum muslimin sudah ada di kepulauan Malaya-Indonesia pada 672 M. ± Prof. yang menyatakan bahwa pada tahun 675 M.

kaum Muslimin Arab telah masuk ke Malaya. menyatakan bahwa beberapa sumber tertulis menerangkan kaum Muslimin India pada tahun 687 sudah ada hubungan dengan kaum muslimin Indonesia.P. tahun 674). menjelaskan bahwa Islam datang dari Arab ke Indonesia pada tahun 1 Hijriyah (Abad 7 M). S. ± T. dalam makalah ceramahnya berjudul Islam di India dan hubungannya dengan Indonesia.W.± Prof. ± Prof. menjelaskan bahwa pada Hikayat Dinasti T ang memberitahukan adanya Aarb muslim berkunjung ke Holing (Kalingga. muhammmad Huseyn Nainar. (Ta Shih = Arab Muslim). Sayed Qodratullah Fatimy dalam Islam comes to Malaysia mengungkapkan bahwa pada tahun 674 M. . Groeneveld dalam Historical Notes on Indonesia and Malaya Compiled From Chinese sources. ± W. Arnold dalam buku The Preching of Islam a History of The Propagation of The Moslem Faith.

Ada pula pendukung lain dari teori ini yakni beberapa serapan bahasa yang diyakini datang dari Iran. yang berarti keranda. jer dari ze-er dan beberapa yang lainnya. . Misalnya saja tentang peringatan 10 Muharam yang dijadikan sebagai hari peringatan wafatnya Hasan dan Husein. di beberapa tempat di Sumatera Barat ada pula tradisi Tabut.TEORI PERSIA ‡ Tanah Persia disebut-sebut sebagai tempat awal Islam datang di Nusantara. Misalnya jabar dari zabar. Selain itu. Dan wilayah pertama yang dijamah adalah Samudera Pasai. cucu Rasulullah.Teori ini menyakini Islam masuk ke wilayah Nusantara pada abad ke-13. ‡ Teori Persia lain menyebutkan bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-11 yang disebarkan melalui pedagang Persia Islam. juga untuk memperingati Hasan dan Husein. Teori ini berdasarkan kesamaan budaya yang dimiliki oleh beberapa kelompok masyarakat Islam dengan penduduk Persia.

ekonomi dan kebudayaan berada di Mekkah. Pada makam itu terdapat prasati huruf Arab Riq·ah yang berangka tahun (dimasehikan 1082) Pada saat itu kepemimpinan Islam di bidang politik. Madinah. . Damaskus dan Baghdad. ‡ Pengaruh madzab Syi·ah (Tabut Hasan dan Husen). ‡ Pengaruh aliran ´Wihdatul Wujudµ (Syeh Siti Jenar). Gresik. beberapa fakta lainnya menunjukkan bahwa para pedagang Persia menyebarkan Islam dengan beberapa bukti antar lain: ‡ Gelar ´Syahµ bagi raja-raja di Indonesia. belum memungkinkan bagi Persia untuk menduduki kepemimpinan dunia Islam saat itu.Namun.Hal ini dibuktikan oleh ditemukannya batu nisan Fatimah binti Maimun di Leran. Jadi. Jatim menandakan keberadaan Islam yang telah menybar di pulau Jawa.

‡ . (akhir abad 13) Islam dijadikan agama resmi. Arab dan lainnya. Para pedagang dan angkatan laut China (Ma Huan. Ada 36 negara yang dikunjungi Cheng Ho. ‡ Beberapa wali yang kemungkinkan keturunan China.TEORI CHINA Teori lainnya menyatakan bahwa Islam juga berasal dari Cina. ‡ Beberapa makam Cina muslim. namun kemungkinan membawa Islam ke Indonesia sangat besar. ‡ Sedangkan Cheng Ho merupakan duta Cina untuk mengembalikan nama besar Cina setelah dipermalukan oleh Mongol. Bahkan ketika Cina dipimpin Kubilai Khan. Teori ini sangat lemah. hubungan dagang antara Cina. dan salah satunya adalah Indonesia. Jika diketahui penyebar Islam adalah banyak mereka para wirausahawan. Laksamana Cheng Ho/Dampo awan)memperkenalkan islam di pantai dan pedalaman Jawa dan sumatera Bukti lain yang cukup memperkuat bahwa Islam berasal dari Cina antar lain : ‡ Gedung Batu di semarang (masjid gaya China).

kian bertambah duta-duta dari Timur Tengah yang datang ke wilayah Nusantara. Beberapa catatan menyebutkan duta-duta Muslim juga mengunjungi Zabaj atau Sribuza atau yang lebih kita kenal dengan Kerajaan Sriwijaya. orangorang Arab bermukim dan menikah dengan penduduk lokal dan membentuk komunitas-komunitas Muslim. Hal ini sangat bisa diterima karena zaman itu adalah masa-masa keemasan Kerajaan Sriwijaya. ‡ Kian tahun. Pada Dinasti Abbasiyah dikirim 18 duta ke negeri Cina. . tak hanya ke negeri Cina perjalanan dilakukan. Tidak ada satu ekspedisi yang akan menuju ke Cina tanpa melawat terlebih dulu ke Sriwijaya. ada sebanyak 17 duta Muslim yang datang ke Cina. Seperti pada masa Dinasti Umayyah.‡ Sumber-sumber literatur Cina menyebutkan. Bahkan pada pertengahan abad ke-7 sudah berdiri beberapa perkampungan Muslim di Kanfu atau Kanton. sudah berdiri perkampungan Arab Muslim di pesisir pantai Sumatera. menjelang seperempat abad ke-7. Di perkampungan-perkampungan ini diberitakan. ‡ Tentu saja.

Pedagang islam dari Gujarat.TEORI GUJARAT ‡ Diusung oleh Snouck Hurgronje dan pendukung teori lainnya seperti Stutterheim dan Bernard Viekke yang mengatakan Islam masuk ke Indonesia dari wilayahwilayah di anak benua India. ‡ Catatan perjalanan marco polo menyebutkan tahun 1292 ia menjumpai kerajaan perlak di Aceh ‡ Batu nisan Sultan malik al saleh Dimana sementara itu perkembangan islam di Indonesia secara politik ditandai oleh keberadaan kerajaan Samudera Pasai di Sumatera . Snouck juga mengatakan. menyebarkan Islam dengan bukti-bukti antar lain: ‡ ukiran batu nisan gaya Gujarat. Bengali dan Malabar disebut sebagai asal masuknya Islam di Nusantara. ‡ Adat istiadat dan budaya India islam. Tempat-tempat seperti Gujarat. yakni pada abad ke-12 atau 13. Snouck mengatakan teori tersebut didasarkan pada pengamatan tidak terlihatnya peran dan nilai-nilai Arab yang ada dalam Islam pada masa-masa awal. ‡ Dalam L arabie et les Indes Neerlandaises. teorinya didukung dengan hubungan yang sudah terjalin lama antara wilayah Nusantara dengan daratan India.

Pendapat tersebut menggunakan berbagai sumber.F. Djuned Parinduri. Agus Salim.H. ± J. pendapat ini memperoleh sanggahan dari : H. beberapa tulisan dari berbagai sumber diantaranya ± Catatan perjalanan Marcopolo. berdasarkan berita China telah menyebut adanya kerajaan Pase (mungkin Pasai) di aceh pada 1298 M. dan Schrieke.P. Arnold yang berpendapat Islam masuk ke Indonesia telah dimulai sejak abad ke-7 M. Krom dan Van Den Berg. Namun. Snouck Hurgronje.W. baik dari arkeologi. menyatakan bahwa ia menjumpai adanya kerajaan Islam Ferlec (mungkin Peureulack) di Aceh. T. C. Zainal Arifin Abbas.A Kern. ± Pendapat ini juga disampaikan oleh N. Moquette dalam De Grafsteen te Pase en Grisse Vergeleken Met Dergelijk Monumenten uit hindoesten. H. lebih cenderung menyimpulkan bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-13. menyatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad ke 13. ± K. Hamka. pada tahun 1292 M. Sayeg Alwi bin Tahir Alhada. ± Beberapa sarjana barat seperti R.H. .M Zainuddin. van Langen. M.

PROSES PENYEBARAN DAN PERAN WALI SANGA .

kemudian berpengaruh ke kaum birokrat (J. Pembentukan masyarakat Islam dari tingkat bawah dari rakyat lapisan bawah. intensitas pemahaman dan aktualisasi keberagaman islam bervariasi menurut kemampuan masyarakat dalam mencernanya. dan santri sebagai murid. Dari perkawinan itulah terjadi interaksi social yang menghantarkan Islam berkembang (masyarakat Islam). Van Leur). Meskipun demikian. melalui dua jalur yaitau: ‡ a. secara relitas Islam sangat diminati dan cepat berkembang di Indonesia. Ulama keliling menyebarkan agama Islam (dengan pendekatan Akulturasi dan Sinkretisasi/lambing-lambang budaya). ‡ b. 2. Dari ketiga model perkembangan Islam itu. . Pendidikan pesantren (ngasu ilmu/perigi/sumur). Gerakan Dakwah. pedagang mengadakan perkawinan dengan penduduk asli.C. Kyai sebagai pemimpin. melalui lembaga/sisitem pendidikan Pondok Pesantren.MEDIA 1. Perdagangan dan perkawinan Dengan menunggu angina muson (6 bulan). 3.

Adapun peninggalan tertua dari kaum Muslimin yang ditemukan di Indonesia terdapat di Gresik. . Diperkirakan makam-makam ini bukan dari penduduk asli. Jawa Timur. telah banyak orang Arab yang menyebarkan Islam. yaitu pada jaman Kerajaan Singasari. yakni Pasai. melainkan makam para pedagang Arab. daerah paling barat dari Kepulauan Nusantara. pengembara Muslim dari Maghribi. Berita dari Marcopolo menyebutkan bahwa pada saat persinggahannya di Pasai tahun 692 H / 1292 M. yang salah satu diantaranya adalah makam seorang Muslimah bernama Fathimah binti Maimun. ‡ Begitu pula berita dari Ibnu Battuthah. adalah yang pertama sekali menerima agama Islam. Aceh. Berupa komplek makam Islam.‡ Lambat laun penduduk pribumi mulai memeluk Islam meskipun belum secara besar-besaran. yang ketika singgah di Aceh tahun 746 H / 1345 M menuliskan bahwa di Aceh telah tersebar mazhab Syafi'i. Pada makamnya tertulis angka tahun 475 H / 1082 M.. Bahkan di Acehlah kerajaan Islam pertama di Indonesia berdiri.

‡ Sebelum Demak berdiri. Gresik. merekalah yang menyiapkan pondasi-pondasi yang kuat dimana akan dibangun pemerintahan Islam yang berbentuk kerajaan. ‡ Peranan Wali Songo dalam perjalanan Kerajaan-kerajaan Islam di Jawa sangatlah tidak bisa dipisahkan. keberadaan Giri tak bisa dilepaskan dari sejarah kekuasaan Islam tanah Jawa. Jika boleh disebut. Wilayah ini dibangun menjadi sebuah kerajaan agama dan juga pusat pengkaderan dakwah. Raden Paku yang berjuluk Sunan Giri atau yang nama aslinya Maulana Ainul Yaqin.‡ Pesatnya Islamisasi pada abad ke-14 dan 15 M antara lain juga disebabkan oleh surutnya kekuatan dan pengaruh kerajaan-kerajaan Hindu / Budha di Nusantara seperti Majapahit. . telah membangun wilayah tersendiri di daerah Giri. Namun. Dari wilayah Giri ini pula dihasilkan pendakwah-pendakwah yang kelah dikirim ke Nusatenggara dan wilayah Timur Indonesia lainnya. Kerajaan Islam di tanah Jawa yang paling terkenal memang adalah Kerajaan Demak. Jawa Timur. Sriwijaya dan Sunda.

Para wali tersebut banyak berperan dalam menyebarkan agama islam.WALI SONGO Wali adalah seseorang dengan kepribadian baik serta memiliki kekuatan yan tidak dimiliki manusia biasa. terutama di pulau Jawa melalui dakwah yang kemudian dibentuklah kumpulan para wali yang kemudian kita kenal sebagai wali songo (9 wali) yaitu Sunan Gresik Sunan Ampel Sunan Bonang Sunan Drajat Sunan Giri Sunan Kalijaga Sunan Muria Sunan Kudus Sunan Gunung Jati ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ .

‡ d) Seni dan budaya ‡ e) Tasawwuf . dan juga adopsi dan adaptasi hasanah kebudayaan pra Islam yang tidak keluar dari nilainilai Islam yang dapat dimanfaatkan dalam penyebaran Islam. Ini membuktikan Islam sangat menghargai budaya setempat selama tidak bertentangan dengan nilainilai Islam.Wali Songo mengembangkan dakwah atau melakukan proses Islamisasinya melalui saluran-saluran: ‡ a) Perdagangan ‡ b) Pernikahan ‡ c) Pendidikan (pesantren) Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang asli dari akar budaya indonesia.

Para Wali juga menggubah lagu-lagu tradisional (daerah) dalam langgam Islami. Wali Songo menggunakan wayang sebagai media dakwah dengan sebelumnya mewarnai wayang tersebut dengan nilai-nilai Islam. ini berarti nasyid sudah ada di Indonesia ini sejak jaman para wali. Gareng. Petruk. dan Bagong.Saat itu media tontonan yang sangat terkenal pada masyarakat jawa kkhususnya yaitu wayang. Yang menjadi ciri pengaruh Islam dalam pewayangan diajarkannya egaliterialisme yaitu kesamaan derajat manusia di hadapan Allah dengan dimasukannya tokoh-tokoh punakawam seperti Semar. Dalam upacara-upacara adat juga diberikan nilai-nilai Islam. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful