You are on page 1of 12

keputusan. keyakinan mendalam dan pengalaman manusia secara sadar.y Kajian Islam ttg disebabkan krn gagal nya psikolog Barat dlm meletakan teori secara menyeluruh y Prilaku manusia dipengaruhi oleh respon kompleks: pikiran. .

Mereka hanya berpegang pada unsur psikologis. y Psikolog Barat (materialis) berpendapat bahwa tidak ada akal pada manusia. biologis.y Psikolog Barat menolak adanya unsur spiritual/ rohaniah dalam memunculkan perilaku. sosial dan kultural sebagai unsur pembentuk perilaku manusia. kecuali apa yang disebut dengan otak dalam bentuk benda di kepala manusia. . Hal ini dilakukan dengan alasan mudah didefinisikan jika dibandingkan dengan spiritual yang merupakan bidang kajian agama. y Hal ini mereka buktikan dengan menjelaskan bahwa pemikiran dan kepribadian manusia dapat berubah dan berganti apabila otaknya mengalami kerusakan atau cedera. Mereka mengatakan akal yang berfikir merupakan refleksi dan terjemahan dari perubahan-perubahan tajam pada kimia otak dan denyut saraf secara elektro kimiawi.

Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Kaidah dan hukum belajar ini dapat dianggap sebagai keunggulan dari aliran behaviorisme dalam menelaah konsep manusia yang dikaitkan dengan dengan salah satu fenomena sunnatullah. maka tak ada yang dapat menolaknya. manusia tidak memiliki jiwa kemauan dan kebebeasan untuk menentukan pilihannya sendiri. Memiliki kecenderungan untuk mereduksi manusia. karena manusia berkembang atas dasar stimulasi dari lingkungannya. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum. mereka menjaganya atas perintah Allah. di muka dan dibelakangnya. Manusia tidak memiliki kesempatan untuk menentukan dirinya sendiri. yaitu bahwa manusia dapat mengubah nasib dirinya sendiri. ia tidak membawa bakat apa apa dan mengingkari potensi alami manusia. Satu satunya motivasi yang mendorong manusia bertingkah laku adalah penyesuaian diri dengan lingkungan. Menolak determinan perilaku manusia. Artinya. . dan sekali kali tak ada pelindung mereka selain Dia .Aliran behaviorisme y Mempelajari terbentuknya perilaku manusia berdasarkan konsep stimulus dan respon y y y y y y perilaku manusia sangat terkondisi oleh lingkungan.Seperti firman Allah SWT pada QS Ar Ra d ayat 11 yang memiliki arti : Bagi manusia ada malaikat malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran. Konsep ini mengisyaratkan bahwa ketika manusia dilahirkan.

Mahluk religius ( mengabdi kepada Allah).´Sesungguhnya Kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran´ (Surah Al Qomar. Sebagai mahluk individu. Sebagai mahluk sosial. yang memiliki kekhasan masing-masing..y landasan filsafat ajaran Islam bukan antroposentrisme. 3. . 2. 54 : 49 ). y Manusia diciptakan Allah di dunia ini sebagai : 1.. ³.. yang memerlukan bantuan dan selalu berhubungan dengan orang lain. ³( Surah Al Hujurat.. Dan menjadikan kamu berpasang-pasangan & bersukusuku supaya kamu saling kenal mengenal . melainkan Theosentrisme atau Allah-sentrisme. memiliki potensi dan eksistensi sendiri. 49 : 13 ).

³Pada hari itu diberikan kpd manusia apa yg telah dikerjakannya & apa yg dilalaikannya´ . . Surah Al Fatir. 35 : 39 : ³ Dialah yang menjadikan kamu khalifah-khalifah di muka bumi ini´. Manusia diberi kebebasan. (krn) sesungguhnya pendengaran.lanjutan 4. 6. yang hidup di alam dan mengelola alam dunia ini dengan akal dan pikirannya untuk menciptakan kebudayaan. penglihatan & hati semuanya akan ditanya´ (Surah Al Isra¶. 5. ³Dan janganlah kamu mngikuti apa yg kamu tdk mempunyai pengetahuan ttgnya. ³ Bahkan manusia itu akan menjadi saksi atas dirinya sendiri´(Surah Al Qiyamah. ³Maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketaqwaan´( Surah Asy Syams. 91 : 8) Manusia bertanggung jawab atas perbuatannya. 75 : 13 ± 14). 74 : 38). Sebagai mahluk berbudaya. ³Tiap2 diri bertanggung jawab atas apa yg telah diperbuatnya´(Surah Al Mudatsir. 17 : 36).

yaitu suatu usaha untuk memperbaiki kesehatan mentalnya. 2) Keteguhan dalam mengindahkan norma-norma sosial. apatis. pesimis. yaitu mempunyai sifat suka lupa. ttp kebanyakan manusia tdk mengetahuinya ( Surah Ar Ruum. y Menurut Al Qur an keadaan-keadaan yang merisaukan itu bersumber dari manusia sendiri. y Agama merupakan kebutuhan dasar spiritual manusia. Tdk ada perubahan pd fitrah Allah: (itulah) agama yg lurus. Sehingga perlu dioptimalkan melalui pembinaan dan pembiasaan untuk mewujudkan potensi-potensi intelektualnya.(tetaplah ats) fitrah Allah yg telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. y Kesehatan mental dapat dicapai antara lain 1) Keyakinan akan ajaran agama. karena ia dapat menghadapi semua rintangan/kegagalan dalam hidup dengan tenang dan wajar serta menerima y kegagalan itu sebagai suatu pelajaran yang akan membawa suksesnya nanti. kerelaan pada diri sendiri . Maka hadapkanlah wajahmu kpd agama (Allah) . hukum.AGAMA & KESHATAN MENTAL: PERSPEKTIF ISLAM y Manusia berusaha mencari perlindungan dalam agama tertentu untuk mencari ketentraman jiwa. moral .dll y Orang yang sehat mentalnya tidak akan lekas merasa putus asa. 30 : 30 ).

Sesungguhnya manusia itu amat zalim & amat bodoh´(Al Ahzab.Eksistensi Manusia Ciptaan Allah: Sebagai Khalifah di Bumi y Manusia itu dilahirkan dalam keadaan fitrah.. y y y y ³Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan kdlm (tubuh) nya roh(ciptaan) Nya & Dia menjadikan bagi kamu pendengaran. ³Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat (tugas keagamaan) kpd langit. (Al Baqarah.´ (yaitu orang2 yg telah Engkau anugrahkan nikmat kpd mereka . bumi & gunung. ³. pendengaran. bukan (jalan) mereka yg dimurkai & bukan (pula jalan) mereka yg sesat´(Surah Al Fatihah. penglihatan & hati (ttp) kamu sedikit sekali bersyukur´(As Sajadah. y Manusia dibekali dengan potensi akal.. 1 : 7) Manusia sebagai khalifah. maka semuanya engan u/ memikul amanat itu & mereka khawatir akan mengkhianatinya. 33 : 72) Manusia sebagai pengabdi Allah (Abdullah). 51 : 56) . 2 : 30) Manusia diberi amanat (tugas-tugas keagamaan). ³Dan Aku tdk menciptakan jin & manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku (Adz Dzariyat.. & dipikullah amanat itu o/ manusia. Tuhan berfiman kpd malaikat : sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.. (Hadist Riwayat Muslim). penglihatan dan hati. 32 : 9) Manusia dibekali dengan petunjuk ilahiyah.

Dan menjadikan padanya semua buah-buahan berpasangpasangan.y Manusia oleh Allah SWT diciptakan dengan bentuk pisik (rupa. organ psikofisik) yang sebaik-baiknya. akal. Dan Dia lah Tuhan yang membentangkan bumi dan menjadikan gunung-gunung dan sungai-sungai padanya. (At-Tiin 4) y manusia juga diberikan Allah kemampuan untuk berpikir. Allah menjelaskannya dalam Al-Qur an: Sesungguhnya Kami telah mneciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya . Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tandatanda kebesaran Allah bagi kaum yang memikirkan . (Ar Ra ad 3) . kalbu dan nafsu agar dapat mempelajari dan memahami alam semesta. Allah menutupkan malam kepada siang.

.memunculkan perasaan nikmat yang menjadikannya merasa tenang. Dan semuanya berperan dalam menentukan mekanisme naluri pertahanan diri yang dalam konsepnya Sigmund Freud disebut dengan Defensive Mecanisme . rasa marah. y Didalam diri manusia terdapat sejumlah pusat syaraf organik yang memunculkan fenomena psikis atau perilaku tertentu. y Penyakit psikis merupakan akibat dari kecenderungan yang menyimpang dari naluri pertahanan diri yang secara alamiah ada pada diri manusia. emosional dan melarikan diri.memunculkan ketakutan. kepanikan. .Penyakit Jiwa dan Terapinya.yang menyebabkan manusia resah takut dan enggan jika ditimpa bahaya .

Percaya pada hari pembalasan 4. 1. Bersedekah kepada orang yang memerlukan 3.y Allah melalui Al-Quran memberi petunjuk pada manusia didalam menentukan mekanisme naluri mempertahankan diri terhadap keluh kesah dan kikir yang menimbulkan ketakutan dan kecemasan tersebut melalui surah Al-Ma aarij 19 . Amanah . Salat 2. 6. Takut terhadap azab Allah 5.34. Memelihara aurat kecuali pada istri atau budak yang dimiliki.

sumber evaluasi internal. 2. . keterbukaan terhadap pengalaman.y Rogers ( 1961 ) dalam Corey (2000) melukiskan orang yang menjadi makin teraktualisasi memiliki karakteristik sebagai berikut : 1. percaya pada diri sendiri. 4. kesediaan untuk tumbuh secara berlanjut. 3.