Pertemuan I

:
Pengertian Matriks Operasi Jenis-jenis Matriks

‡ ‡ ‡ am3 a1n a2n ‡ ‡ ‡ amn Amxn = .1. Notasi Matriks Nama suatu matriks ditunjukkan dengan huruf Besar Jika elemennya berupa huruf. ditunjukkan dengan huruf kecil Bentuk Umum : a11 a21 ‡ ‡ ‡ am1 a12 a22 ‡ ‡ ‡ am2 a13 . . yang berbentuk empat persegi panjang. Elemen-elemennya ditunjukkan pada baris dan kolomnya 2. Definisi Matriks Matriks adalah : kumpulan angka-angka (elemen-elemen) disusun menurut baris dan kolom. a23 . . . .

yang terletak pada baris ke-m.Keterangan : Amxn Matriks A. . dan kolom ke-n Jadi amn menyatakan alamat dari elemen tsb. dengan banyaknya baris= m dan banyaknya kolom= n amn Elemen pada matriks A.

Kesamaan Matriks Dua buah matriks dikatakan sama Jika = Ordo sama Elemen seletak sama (Elemen seletak artinya: elemen yang mempunyai alamat yang sama ) .3.

danelemen selain diag utama = 0 . dimana elemen pada diag utamanya  0. dimana elemen pada diag utamanya = 1.3. dan elemen selain diagonal utamanya = 0 (Keterangan. «.1. Matriks Diagonal Matriks bujur sangkar. ann ) 1.4.2.4. Matriks Identitas Matriks bujur sangkar.4. Matriks Bujur Sangkar Matriks dengan banyaknya baris sama dengan banyaknya kolom 1. elemen pada diag utama ialah elemen yang beralamat : a11.4. Jenis-jenis Matriks 1. a33. a22.

4. Matriks Segitiga Atas Adalah matriks bujur sangkar. Matriks Skalar Adalah matriks bujur sangkar.4.5.4. untuk i > j 1. Matriks Segitiga Bawah Adalah matriks bujur sangkar. dimana elemen pada diag utamanya  0 dan semua sama. dimana elemen dimana elemen fij =0. dimana elemen fij =0.4. serta elemen lain = 0 1.6. untuk i < j .1.

Matriks Nol Adalah matriks yang semua elemennya nol 1. dari matriks lama.7. Transpose Matriks Adalah matriks baru.1.8.4.4. Notasi = Amxn ATnxm . yang didapat dengan mengubah baris menjadi kolom dan sebaliknya.

Penjumlahan / Pengurangan Matriks Syarat : Ordo Sama Cara : Menjumlahkan / mengurangkan elemen seletak.5.1. Perkalian Skalar dengan Matriks Syarat : Cara : Mengalikan skalar dengan setiap elemen pada matriks.5.2. Operasi Matriks 1. 1. 1. Perkalian dua matriks Syarat : Banyaknya kolom pada matriks I harus sama dengan banyaknya kolom pada matriks II Cara : Mengalikan setiap baris dengan kolom.5.1.5.3. kemudian menjumlahkan .

Notasi : Amxn Bnxp = Cmxp .

Kaidah ± kaidah Ilmu Hitung Matriks Dengan menganggap bahwa ukuran matriks adalah sdmkn rupa sehingga operasi yang ditunjukkan dapat dilakukan. maka kaidah ilmu hitung matriks berikut berlaku : a) A + B = B + A b) A + ( B + C ) = ( A + B ) + C c) A ( B C ) = ( A B ) C d) A ( B + C ) = A B + A C .

30% dari wanita yang sudah menkah mengalami perceraian setiap tahun. E¶A d. A(BC) k. BA e. D dan E berturut turut adalah matriks 5 x 2. 3C ± D h. AC+D f. ED c.b. g.c dan d dari matriks di bawah ini: a±b 3d + c b+c 2a ± 4d = 8 7 1 6 2.PERTEMUAN 1. (3E)D I. Tentukanlah yang mana diantara pertanyaan matriks berikut yang di definisikan. 4 x 2 dan 5 x 4. AE+B g. DE b. dan berapa pelanggan yang tetap menyantap Mie Sedap pada hari ke tiga ? 5. D + E2 ( dimana E2 = E E ) Pada suatu kota. Dengan mengasumsikan bahwa populasi total para wanita konstan. . a. E(A+B) b. (AB) C j. Setiap hari penduduk kota tersebut mengkonsumsi 30. (A¶+E)D Tentukan nilai dari a. E(AC) c. I Misalkan A dan b adalah matriks berukuran 4 x 5 dan jika C. berapa wanita yang sudah menikah dan berapa gadis yang ada sesudah 1 tahun dan sesudah 2 tahun? Indomie dan Mie Sedap tengah memperebutkan pasar Mie Instan di suatu kota.000 bungkus mie instan. D ± E f. AB+B h. ±7B 4. 3. Tentukan berapa pelanggan yang tetap menyantap IndoMie. terdapat 8000 wanita yang sudah menikan dan 2000 gadis. (4B)C + 2B l. A= 3 0 -1 2 1 1 E= B= 4 0 -1 2 C= 1 3 4 1 2 5 D= 1 5 -1 0 3 2 2 1 4 6 1 3 -1 1 2 4 1 3 Tentukan (jika mungkin): a. Untuk matriks matriks yang didefinisikan berikan ukuran matriks yang dihasilkan. D + E e. Di kota tersebut. AB d. Saat ini pelanggan yang loyal terhadap Indomie 60% sedangkan pelanggan yang loyal terhadap Mie Sedap 80%. dan 20% dari gadis menikah setiap tahun.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful