Pengaruh Cahaya Terhadap Pertumbuhan Kecambah

Ramon 525090033

Latar Belakang Tanaman merupakan bagian besar dari alam yang ada di bumi kita ini. Dalam kehidupan sehari-hari cahaya sangat diperlukan untuk menyeimbangkan siklus energi. Tumbuhan memerlukan cahaya matahari untuk melakukan fotosintesis. Mencoba untuk mengetahui apakah benar ada pengaruh cahaya matahari terhadap pertumbuhan kecambah .

. ‡ Mempelajari bagaimana cahaya matahari dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman kecambah.Tujuan ‡ Mengetahui pengaruh cahaya terhadap tumbuhan.

Manfaat ‡ Mempelajari pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan ‡ Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tanaman .

.Prosedur ‡ Biji kecambah yang telah disediakan. gelap) ‡ Lalu diamati pertumbuhan masing-masing lalu dicatat. sedang. ditanam dalam 3 wadah ‡ Tiap tiap wadah diletakkan pada tempat yang berbeda (terang.

3 cm 3.5 cm Sedang Belum tumbuh 0.2 cm 2.8 cm 2.5 cm 3 cm 6 cm .5 cm 1.2 cm Gelap Belum tumbuh 1 cm 2.Hasil Pengamatan Hari 1 2 3 4 5 Terang Belum tumbuh Belum tumbuh 1 cm 1.

Grafik .

sehingga tanaman yang berada di tempat yang gelap terjadi pemanjangan sel .Kesimpulan ‡ Cahaya berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman. ‡ Tanaman yang kurang cahaya (ditanam di area gelap) batangnya lebih panjang ‡ Pada tanaman yang berada di tempat yang gelap hormon auksin bekerja lebih aktif daripada tanaman yang terkena cahaya.

Terima Kasih .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful