Dengue Shock Syndrome

DENGUE SHOCK SYNDROME

Nurshuhada binti Abu Hassan Pembimbing : Dr.Mustari M, SpA

PENDAHULUAN
‡ Infeksi virus dengue manifestasi klinis bervariasi antara penyakit paling ringan sampai DBD dengan syok ‡ DBD disertai syok atau disfungsi sirkulasi dapat terjadi tiba-tiba kasus kegawatan DBD ‡ Prognosis kegawatan DBD tergantung pada pengenalan penyakit, pengobatan segera dan pemantauan syok

etiologi
‡ Dengue merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue DEN ± 1 DEN ± 2 * DEN ± 3 * DEN ± 4

‡ Termasuk arbovirus grup B. tapi tidak untuk serotipe lain ‡ Di Indonesia DEN-3 dominan dan berhubungan dengan kasus berat . genus Flavivirus ‡ Infeksi salah satu serotipe antibodi seumur hidup.

.

.

VEKTOR PENULAR ‡ Host natural dari virus dengue manusia. primata dan nyamuk ‡ Vektor arthropoda yang dominan nyamuk betina Aedes aegypti dan Aedes albopictus .

.

.

Cara penularan .

.darah.MANIFESTASI KLINIS ‡ Fenomena patofisioligi utama yang menentukan derajat penyakit dan membedakan DD dengan DBD adalah adanya perembesan plasma (plasma leakage) ke ruang ekstravaskular akibat peningkatan permeabilitas pemb. menurunnya volume plasma serta terjadi diatesis hemoragik.

Spektrum Klinis Infeksi Virus Dengue .

Demam Dengue Demam akut selama 2-7hr dengan dua atau lebih manifestasi berikut : .

.

.

Demam Berdarah Dengue .

Demam tinggi mendadak. tanpa sebab jelas. berlangsung terus menerus selama 2 ± 7 hari .Kriteria diagnosis ‡ a.

Terdapat manifestasi perdarahan ditandai dengan uji tourniquet positif dan salah satu bentuk lain (ptekie.perdarahan gusi. ekimosis.hematemesis dan atau melena . epistaksis. perdarahan mukosa. purpura.‡ b.

kulit lembab. kaki dan tangan dingin. Pembesaran hati d. hipotensi. Syok. dan pasien tampak gelisah . ditandai nadi cepat dan lemah serta penurunan tekanan nadi.c.

Trombositopenia (100. dapat dilihat dari peningkatan hematokrit 20% atau lebih . Hemokonsentrasi.Laboratorium a.000/mm3 atau kurang) b.

Demam merupakan gejala yang harus ada.2 Kx + 1 Lab ‡ Diagnosis DBD dapat ditegakkan bila didapatkan minimal 2 kriteria klinis disertai 1 kriteria laboratoris (hemokonsentrasi). .

.

+ perdarahan spontan Gejala tsb di atas. +kegagalan sirkulasi Syok berat disertai TD & nadi tak terukur .Derajat Penyakit (WHO. + uji torniquet positif Gejala tsb di atas. mialgia. 1997) DD/DBD DD DBD DBD DBD DBD I II III IV Derajat Gejala Demam disertai satu/lebih gjl: nyeri kepala. nyeri retro orbita. artralgia Gejala tsb di atas.

tekanan nadi ” 20 mmHg. biasanya setelah demam turun pada hari ke-3 dan ke-7 sakit ‡ Syok ditandai dengan nadi yang cepat. lemah sampai tidak teraba. kulit dingin dan lembab .Dengue Shock Syndrome ‡ DBD yang ditandai dengan kegagalan sirkulasi ‡ Dapat terjadi tiba-tiba selama perjalanan penyakit.

PATOGENESIS ‡ Teori yang banyak dianut the secondary heterologous infection ‡ Reinfeksi reaksi anamnestik antibodi kompleks antigenantibodi .

.

Diagnosa banding ‡ DC ( Demam Chikunguya ) ‡ ITP .

9% 10-20 ml/kgbb tetesan secepatnya (diguyur) ‡ Pemeriksaan Ht untuk memantau penggantian volume .merupakan dasar pengobatan utama memperbaiki kekurangan volume plasma .cairan IV dapat dihentikan Ht turun dan jumlah urin 1 ml/kgbb/jam atau lebih merupakan keadaan sirkulasi yang membaik .pengobatan awal cairan IV ringer laktat atau NaCl 0.cairan resusitasi yang diberikan adalah kristaloid dan koloid .penatalaksanaan ‡ Penggantian volume plasma .

‡ Koreksi gangguan metabolik dan elektrolit pemeriksaan AGD dan kadar elektrolit darah ‡ Pemberian oksigen ‡ Transfusi darah penurunan Ht tanpa perbaikan klinis walaupun telah diberikan cairan yang cukup tanda perdarahan ‡ Pemantauan .jumlah dan frekuensi diuresis .tanda vital tiap 15-30 menit atau lebih sering smp syok teratasi .kadar Ht diperiksa tiap 4-6 jam smp klinis pasien membaik .pemantauan jenis dan jumlah cairan .

PENATALAKSANAAN .

000/mm3 ‡ Tidak ada distress pernafasan .KRITERIA MEMULANGKAN PASIEN ‡ Tidak demam selama 24 jam tanpa antipiretik ‡ Perbaikan klinis ‡ Ht stabil ‡ 3 hari setelah syok teratasi ‡ Trombosit > 50.

THANK YOU .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful