VIRUS

OLEH ADITO MAULANA FAHREZA ALVIAN N LUTHFIANSYAH N SANGGA NOKA M X-10/2 X-10/9 X-10/20 X-10/35

DAFTAR ISI
y Sejarah Penemuan Virus y Sifat ± Sifat Virus y Struktur Virus y Bentuk Virus y Susunan Tubuh Virus y Replikasi Virus y Peranan Virus Bagi Kehidupan y Virus yang merugikan

dia menularkan penyakit tersebut pada daun tembakau yang sehat dengan menyemprotkan getah dari tembakau yang berpenyakit. ternyata tanaman sehat tersebut menjadi tertular . setelah diteliti ternyata di sebabkan oleh penyakit mozaik yang menular. seorang ilmuwan dari Jerman. .Sejarah Penemuan Virus y Sejarah penemuan virus dimulai oleh Adolf Meyer (1882). dia menemukan bintik-bintik kuning pada tembakau .

Wendell stanley (1935) berhasil mengkristalkan virus yang menyerang tembakau. dan disebut TMV (Tobacco Mosaic Virus) . dan hanya dapa hidup pada makluk hidup saja .y Kemudian dimitri ivanowsky tahun (1892) menyatakan bahwa pennyakit mozaik pada tembakau tersebut ukuranya lebih kecil dari bakteri. y Ilmuwan dari belanda martinus beijerinck (1897) berkesimpulan bahwa patogen itu lebih kecil dari bakteri. y Ilmuwan dari amerika.

Sifat ± Sifat Virus y Dikatakan Benda Hidup y Dikatakan Benda Mati .

Dikatakan benda hidup y Mempunyai asam nukleat DNA dan NRA y Dapat memperbanyak diri pada makluk hidup lain y Virus dapat berkembang biak pada sel inang (bakteri) .

Dikatakan Benda Mati y Dapat kristalkan y Tidak mempunyai sitoplasma y Ukurannya sangat kecil (milimikroa) y Tidak memiliki membran sel den organel sel .

karena untuk melihatnya sangat sulit .Struktur Virus y Virus merupakan makluk misteri. Karna ukuran virus sangat kecil .001mm . y Gambar Struktur Virus . 0.

Gambar Struktur Virus .

Bentuk Virus y Berbentuk virus beranekaragam dan berbeda ± beda seperti virus influenza . .Flu burung dll.

Kapsid tersusun atas unit ± unit protein yang disebut kapsomer y Leher : Selubung penghubung antara kepala denganekor y Ekor :Terdiri dari penyangga dasar dan serabut ekor. .Susunan Tubuh Virus y Kepala :Berbentuk poli hedral. Ekor berfungsi untuk melekatkan diri dan menginfeksi badan sel yang diserang. berisi DNA dan bagian luarnya diselubungi oleh protein yang disebut kapsid.

Replikasi Virus y Siklus litik y Siklus lizogenik y Gambar siklus litik y Gambar siklus lizogenik .

DNA virus mengambil alih fungsi DNA bakteri Pembentukan Virus Baru:Virus membentuk komponen virus baru Lisis :Jumlah virus dalam sel inang sudah banyak dinding sel inang akan hancur dan virus akan mencari inang baru .selubung virus tertinggal di luar Eklipase :Setelah virus memasukkan DNA-nya.Siklus Litik y Adsorbsi :Virus menempelkan tubuhnya pada sel y y y y inang. misalnya bakteri Penetrasi :Virus menyuntikkan isi berupa DNA ke dalam sel inang.

Gambar Siklus Litik .

Siklus Lizogenik y Adsorbsi:Virus menempelkan tubuhnya pada sel inang. misalnya bakteri y Penetrasi:Virus menyuntikan isi berupa DNA ke dalam sel inang y Pembentukan Profage:Pada tahap ini terjadi penyisipan DNA virus pada kromosum bakteri sehingga terbentuk gabungan DNA virus dan bakteri membentuk DNA rekombian yang disebut profage. y Pembelahan sel inang(bakteri):Pada tahap ini bakteri yang sudah mengandung profage membelah dan masingmasing sel anakan mengandung profage .

Gambar siklus Lizogenik .

Peranan Virus Bagi Kehidupan y Virus digunakan untuk membuat interveron . interveron merupakan protein kecil yang dihasilkan oleh sel ± sel normal sebagai repon terhadap infeksi virus. Interveron berfungsi untuk mencegah replikasi virus di dalam tubuh hospes y Profage dapat digunakan untuk membuat vaksin y Virus dapat melemahkan bakteri dengan menyerang bakteri patogen .

Virus Yang Merugikan y Penyebab penyakit Pada Tumbuhan y Penyebab penyakit pada hewan y Penyebab penyakit pada manusia .

meyerang pada tanaman jeruk. virus ini dibawa oleh wereng coklat .penyebabnya virus TYMV y CVPD.Penyebab Penyakit Pada Tumbuhan y Mozaik pada daun tembakau akan menghambat pertumbuhan tembakau yang disebabkan oleh virus TMV y Daun menggulung. menyerang padi.jeruk tidak berbuah dan mati y Tungro. terjadi pada tanaman kapas dan lobak.

dan kuda .Penyebab penyakit pada hewan y Parrot fever: menyerang unggas y New Castle Desiase :menyerang sistem saraf unggas atau itik y Foot and Mouth disease: menyerang kuku dan mulut pada ternak.domba.sapi.

Penyebab penyakit pada manusia y Virus Influenza : menyerang saluran pernafasan y Virus cacar: menyerang pada anak . menyerang pada kulit y Polio:disebabkan oleh Enterovirus.ditularkan melalui gigitan anjing gila .penyakit anjing gila. virus ini menyerang pada sel saraf otak anak balita sehingga dapat menimbulkan kelumpuhan y Rabies.

y Demam berdarah: disebabkan oleh virus dengue melalui gigitan nyamuk aides aygepti y Virus penyakit kuning menginfeksi hati y Chlamidozoon trachomatis menyernag mata y Polyomyelitis menyerang syaraf utama pada kaki dan menimbulkan kelumpuhan y AID (Aquiret Immuno Deficienci Syndrome) terjadi semakin melemahnya kekebalan tubuh .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful