Membuat Asesori Web

Tujuan Instruksional Khusus Mampu membuat obyek dan teks dengan berbagai variasinya

Pengenalan Cara menjalankan Adobe Photoshop
± Start program adobe photoshop

Pengenalan
‡ Photoshop adalah software grafis terpopuler dan merupakan merk dagang dari Adobe Systems Incorporated.
Tool Box Menu Bar Option Bar (Option untuk Tool Box)

Status Bar

Gambar yang sedang diedit

Palette

Pengenalan: Toolbox

layer sering digunakan untuk membentuk gambar yang kompleks. Berguna untuk mempermudah manipulasi gambar. Layer paling atas secara otomatis akan menutupi layer di bawahnya.Pengenalan: Layer ‡ Adalah lapisan yang bertumpuktumpuk dari atas ke bawah dan berfungsi sebagai pembentuk gambar. ‡ Dalam file berformat PSD. .

atau gambar dijadikan sebagai isi huruf yang digunakan Berikut adalah langkah-langkahnya . Teks dan Gambar Teks atau tulisan dapat ditambahkan dalam suatu gambar.Kasus 1. atau tanpa gambar.

Pilih Font: Impact dan isikan nilai-nilai lainnya seperti pada gambar berikut . Klik dua kali pada layer Background kemudian ubah nama layer menjadi Layer 0.Langkah-Langkah Pembuatan 1. 2. 4. Buka file candy. Aktifkan Layer Palette dengan memilih menu Window Layers. lalu aktifkan Character Palette ( ).jpg yang akan dijadikan sebagai µisi¶ huruf. 3. Klik Text tool ( ) pada tool box.

.

Langkah-Langkah Pembuatan 5. pilih dan drag layer CANDY ke bawah Layer 0. . Pada layer palette. kemudian ketik teks µcandy¶ 6. Klik di tengah gambar candy.

klik satu kali. Simpan hasil kerja Anda. pointer akan berubah menjadi dua buah lingkaran yang berdekatan. .Langkah-Langkah Pembuatan 7. gambar candy akan masuk ke dalam teks CANDY. Hasilnya. Arahkan pointer di antara Layer 0 dan Candy. 8. Tahan tombol Alt.

2. Buat dokumen gambar baru dengan memilih menu File New. Kemudian pilih Add Layers Style Drop Shadow. . kemudian buat tulisan pikti-its dengan warna hitam. Efek Shadow pada Teks 1. dengan memilih menu Window Layers. Klik Horizontal type tool ( ) pada toolbox. Aktifkan Layers palette. 3. Font: Comic Sans Ms. dengan ukuran 400x200 dan content putih. Size: 72px pada option bar.Kasus 2.

kemudian ketik teks µcandy¶ Simpan tulisan tersebut. Kemudian tekan ok. opacity: 80%.Langkah-Langkah Pembuatan 4. Pada jendela Layer Style. spread: 0%. distance: 5px. . angle: 30. aktifkan use global light. isikan setting berikut : Blend mode: multiply. size: 5px. 6.

Kasus 3. lakukan langkah-langkah berikut. mode Grayscale. dan contents transparent. . Buatlah dokumen baru dengan ukuran 400x200. putih (#FFFFFF). 2. Caranya dengan men-doubleclick pada gradient. 1. Pilih Gradient Tool ( ) dan buatlah Gradient hitam (#000000). Efek Refleksi pada Teks Untuk membuat gambar seperti di atas.

Langkah-Langkah Pembuatan Gradient .

sehingga. Font: Comic Sans Ms.Langkah-Langkah Pembuatan 3. Tarik Gradient Tool ( ) dari atas tegak lurus ke bawah. Size: 48px. . 4. kemudian buat tulisan pikti-its dengan warna putih. Klik Horizontal type tool ( ) pada toolbox.

. Edit Free Transform FlipVertical dan drag ke bawah sehingga membentuk efek bayangan. Layer Duplicate Layer.Langkah-Langkah Pembuatan 5. kemudian gunakan flip vertical. Buatlah duplikat layer tersebut.

Langkah-Langkah Pembuatan 6. . Tambahkan layer mask. Layer Add Layer Mask Reveal All dan gunakan Gradient tool ( ) untuk membuat gradasi hitam putih (dari bawah ke atas) pada layer mask tersebut.

lalu gunakan efek motion blur. . Pilih sudut 90.Langkah-Langkah Pembuatan 7. Klik layer thumbnail Pikti-its copy pada palet layers. Filter Blur Motion Blur.

9. Buat link antara layer background dengan layer pikti-its copy dengan mengaktifkan layer background. 10.Langkah-Langkah Pembuatan 8. Filter Distort Ocean Ripple. lalu mengeklik antara eye dan thumbnail pada layer pikti-its cop. Seleksi bagian bawah tulisan dan berikan efek gelombang laut. Simpan hasil kerja Anda .

Kemudian buatlah strip yang memanjang. lakukan langkah-langkah berikut. Pilih Rectangular marquee tool ( ).Kasus 4. dengan warna hitam. 1. Caution Strip Untuk membuat strip seperti di atas. dan beri nama ³Pita´. isi dengan Paint Bucket tool ( ) dengan warna #EAFF00 . mode RGB. Buatlah suatu dokumen baru dengan ukuran 640x480. Tambahkan Layer baru. 2.

Langkah-Langkah Pembuatan .

Pilih Horizontal Type Tool ( ). . Anda dapat memberikan spasi beberapa kali antar setiap tulisan ³CAUTION´. warna hitam. Smooth.Langkah-Langkah Pembuatan 3. Untuk memberi kesan yang rapi. ketik sepanjang strip kuning kata: ³CAUTION´. Gunakan font Impact 19.

kemudian pilih menu Layer p Merge Visible. Mulailah menghapus pada bagian pinggir. Merge layer text dan layer Pita dengan cara pastikan hanya kedua layer visible. Anda dapat memberikan kesan tertentu. Ini dapat dilakukan dengan memilih Eraser tool ( ). 5. 6. misalnya memberi kesan bekas dan tua. . Langkah berikutnya. Ini dilakukan dengan cara klik menu Layer p Rasterize p Layer. Kemudian. kemudian klik dropdown menu Brushes dan pilih jenis brush yang sesuai.Langkah-Langkah Pembuatan 4. langkah berikutnya adalah dengan melakukan rasterisasi layer text.

Langkah-Langkah Pembuatan .

kemudian gantilah background tersebut ke warna putih. 8. . dan pilih tombol Layer Style ( ). Setelah itu. Simpan hasil kerja Anda. 9. Pilihlah Background layer. Tambahkan bayangan pada image tersebut. 10. uncheck pada Global Light. klik pada layer Pita. Set distance ke 0.Langkah-Langkah Pembuatan 7.

Salah satu caranya adalah dengan memanipulasi warna yang ada di suatu obyek. Gradasi Warna Suatu gambar merupakan obyek dua dimensi. Jika kita membuat suatu gambar yang seolah-olah merupakan obyek nyata seperti halnya benda di sekeliling kita tersebut. sedangkan benda-benda di sekeliling kita merupakan obyek tiga dimensi. .Kasus 5. maka kita akan membuat suatu efek yang membuat obyek dua dimensi seolah-olah merupakan obyek tiga dimensi. misalnya adalah dengan penggunaan gradasi warna.

1. . Siapkan gambar baru yang akan dibuat. Isikan nama file. Nama file Name : Cangkir Ukuran Width : 14 cm. lakukan langkahlangkah berikut. Height : 14 cm Resolusi Resolution : 100 pixels/inch Pilih Mode : RGB Kemudian klik tombol OK. ukuran dan nilai lain yang diperlukan.Langkah-Langkah Pembuatan Untuk membuat obyek seperti di samping. Klik menu File New untuk menampilkan kotak dialog New.

. Kemudian buat path baru dengan nama path 1. Klik Zoom tool ( ) yang ada pada tool box di sebelah kiri layar. dengan cara memilih Menu Paths. Aktifkan path palette. kemudian tekan fit on screen pada option bar.Langkah-Langkah Pembuatan 2. aktifkan grid dengan cara pilih menu View Show Grid. 3. Untuk memudahkan pembuatan gambar.

Langkah-Langkah Pembuatan Aktifkan Menu Path .

Langkah-Langkah Pembuatan Membuat Path Baru .

buat gambar cangkir bagian atas yang berbentuk ellipse. Dengan menggunakan Ellipse tool ( ) pada tool box. .Langkah-Langkah Pembuatan 4.

dengan menggunakan Pen Tool ( ) pada tool box. Di bawah gambar ellipse sebelumnya.Langkah-Langkah Pembuatan 5. 6. Buka path palette. . buat gambar segi lima seperti gambar di bawah. kemudian buat path baru dengan nama path 2.

Langkah-Langkah Pembuatan 7. . Klik Add Anchor ( ) pada tool box pada titik-titik seperti gambar di bawah ini.

. Tarik dan/atau putar titik-titik tersebut untuk mendapatkan bentuk seperti gambar berikut.Langkah-Langkah Pembuatan 8.

Buka path palette. buat gambar persegi panjang dengan menggunakan pen tools. Di bawah gambar yang dibuat pada langkah ke-5 tersebut.Langkah-Langkah Pembuatan 9. . kemudian buat path baru dengan nama path 3. 10.

Langkah-Langkah Pembuatan 11. Setelah dilakukan modifikasi akan didapatkan seperti pada gambar berikut. . Klik Add Anchor ( ) dan tambahkan titik-titik pada persegi panjang tersebut.

Buka path palette. Di bawah gambar yang dibuat pada langkah ke-9. 13. kemudian buat path baru dengan nama path 4.Langkah-Langkah Pembuatan 12. buat gambar ellipse. .

atur nilai R:40. G:125.Langkah-Langkah Pembuatan 14. setelah kotak dialog Color Picker tampil. B:230 (warna ungu). Gambar Set Background Nilai RGB . Klik Set Foreground pada tool box. lalu klik OK.

Pada window tersebut. Kotak dialog layer akan muncul. 16. kemudian klik tab layer.Langkah-Langkah Pembuatan 15. pilih Create new fill or adjustment layer Gradient. Angle 135. kemudian masukkan nilai Style : Linear. Scale : 100% beri tanda check pada Align with layer box. Aktifkan tab path palette. Lakukan drag pada bidang obyek path 1 untuk mengatur gradasi warna seperti pada gambar berikut . klik thumbnail path 1.

Langkah-Langkah Pembuatan Membuat new fill layer Hasil langkah ke-16 .

18. Angle 135. pilih Create new fill or adjustment layer Gradient. Lakukan drag pada bidang obyek path 2 untuk mengatur gradasi warna seperti pada gambar berikut. Kotak dialog layer akan muncul. . Tekan OK. Aktifkan tab palette. kemudian masukkan nilai Style : Radial. Scale : 100% beri tanda check pada Reverse dan Align with layer box. kemudian klik tab Layer Pada window tersebut.Langkah-Langkah Pembuatan 17. pilih thumbnail path 2.

Langkah-Langkah Pembuatan Path 2 dengan Warna .

. Aktifkan tab palette. pilih Create new fill or adjustment layer Gradient. Tekan OK. Kotak dialog layer akan muncul. kemudian masukkan nilai Style : Linear. Scale : 100% beri tanda check pada Reverse dan Align with layer box. Pada window tersebut. pilih Create new fill or adjustment layer Gradient. 22. pilih thumbnail path 3. Lakukan drag pada bidang obyek path 3 untuk mengatur gradasi warna seperti pada gambar berikut. kemudian klik tab Layer Pada window tersebut. 21. kemudian masukkan nilai Style : Linear. Kotak dialog layer akan muncul. Tekan OK. kemudian klik tab Layer. Angle 90. Scale : 100% beri tanda check pada Align with layer box. Angle : 90. Aktifkan tab palette. pilih thumbnail path 3 lagi. 20.Langkah-Langkah Pembuatan 19.

Langkah-Langkah Pembuatan Path 3 dengan Warna .

Pada window tersebut.Langkah-Langkah Pembuatan 23. pilih thumbnail path 4 lagi. kemudian masukkan nilai Style : Linear. Scale : 100% beri tanda check pada Reverse dan Align with layer box. Kotak dialog layer akan muncul. pilih Create new fill or adjustment layer Gradient. kemudian klik tab Layer. kemudian masukkan nilai Style : Linear. Kotak dialog layer akan muncul. 24. 26. . Lakukan drag pada bidang obyek path 2 untuk mengatur gradasi warna. Tekan OK. Aktifkan tab palette. Scale : 100% beri tanda check pada Align with layer box. pilih thumbnail path 4. 25. Angle 90. Aktifkan tab palette. Tekan OK. pilih Create new fill or adjustment layer Gradient. kemudian klik tab Layer. Pada window tersebut. Angle : -135.

Langkah-Langkah Pembuatan Path 4 dengan Warna .

28.Langkah-Langkah Pembuatan 27. Simpan hasil kerja Anda. Klik Pen Tools ( ) pada tool box. kemudian klik path pada option bar untuk menghilangkan garis path. .

Latihan 1. Buatlah gambar mangkuk seperti gambar di bawah ini .

Latihan 2. Buatlah tulisan seperti pada gambar berikut. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful