OSILASI PEGAS VERTIKAL

kelompok 4 

Dyah Nur Rancangkapti (012)  Nurfebriana (013)  Wijo Saptomo (014)  Anita Dwi (018)

2. Menentukan periode dan frekuensi osilasi pegas dengan berbagai massa. Menentukan konstanta suatu pegas berosilasi vertikal.TUJUAN 1. .

pegas pendek .Besar .ALAT PERCOBAAN       Pegas .pegas panjang Beban .Sedang .Kecil Mistar Stopwatch Neraca Statip .

Memberi gaya pada pegas secukupnya hingga terjadi osilasi. Mengulangi langkah-langkah diatas dengan massa beban yang berbeda. Membuat data percobaan Mengulangi langkah-langkah 1 sampai 7 dengan pegas lain. Mencatat pertambahan panjang yang terjadi. . Memberi beban pada pegas.CARA KERJA         Menyusun alat percobaan dengan benar. usahakan pegas belum teregang dengan beban karena itu akan menjadi panjang mula-mula. Mencatat waktu dalam setiap getaran sebanyak n yang dihasilkan pegas.

VARIABEL PENELITIAN  Variabel terikat : besaran yang mengikat besaran yang lain dalam percobaan. . panjang pegas (y). yaitu pertambahan panjang pegas (( y). dan percepatan gravitasi (g).  Variebel bebas : besaran yang nilainya bebas ditentukan oleh praktikan dengan memperhitungkan kesesuaian besaran yang lain dalam percobaan yaitu massa beban (m). konstanta pegas (k). waktu (t).  Variabel terkontrol : besaran yang diamati perubahan nilainya dari besaran yang lain dalam percobaan yaitu frekuensi osilasi (f). periode osilasi (T). dan energi (J).

 Frekuensi Alami adalah frekuensi yang besarnya tertentu yang tergantung pada karakteristik benda.PENGERTIAN  Osilasi adalah gerak bolak-balik benda di sekitar suatu titik setimbang dengan lintasan yang sama secara periodik. dengan benda yang bergetar atau yang berosilasi.  OHS adalah sebuah massa yang dihubungkan pada suatu benda elastik (yang massanya diabaikan) dengan salah satu ujung terikat dan ujung satunya bebas bergerak bersama massa dalam satu deminsi.  Energi adalah ukuran kemampuan suatu sistem untuk melakukan kerja .

Energi Potensial (EP) EP ! ky 1 2 2 T !2 jadi .DASAR TEORI  Periode (T) dan Frekuensi Osilasi (f)  Energi Total EM = EP + EK 1 t T! ! f n  Konstanta Pegas (k) . k !4 2 m k m T2 .Energi Kinetik (EK) EK ! mv 1 2 2 .

GRAFIK  tgU ! y2  y1 x2  x1 k ! tgU y g .

PENERAPAN  Pegas dalam lift  Membuktikan pegas mengalami kerangka acuan Non-Inersia .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful