ALAT MUSIK TRADISONAL MINANGKABAU

´TALEMPONGµ

Talempong kuningan 1. . alat musik tradisional Minangkabau ini termasuk jenis alat musik pukul.TALEMPONG y Salah satu permainan adalah alat musik talempong. y Ada dua jenis talempong: Talempong kayu 2.

Pelaras talempong ini dapat dilakukan dengan dua cara: y 1) Pelarasan pentatonik yang dilakukan secara manual y 2) Pelarasan diatonik dengan menyesuaikan nada talempong dengan nada piano .y Untuk menghasilkan bunyi yang rasikal talempong diberi pelapisan tersendiri. guna menyelaraskan merendah dan meninggikan frekwensi dan nada.

Talempong Talang Maua 5.y Masyarakat Sumatra Barat menjadi penggemar permainan talempong ini sehingga lahir beraneka jenis musik talempong dengan bermacam. Talempong Pacik.macam melodi dan variasi seperti: 1. . Talempong Padang Magek 3. Talempong Aia Tabik 4. Talempong Unggan 6. Talempong Koto Anau 2.

dua buah peningkah dan dua buah anak. 2 orang pemain dasar. . khitanan anak. perkawinan.1. dan satu orang penabuh rebana. Kecamatan Koto Anau. Kabupaten Solok. y Dendang yang dibawakan bersama talempong ini. dan turun mandi. Sumaniak. Talempong Koto Anau dengan komposisi: dua buah "tangah" (dasar). 2 orang pemain anak. antara lain. Talempong Koto Anau y Talempong Koto Anau terdapat di nagari Aripan. y Musik talempong ini ditampilkan untuk hiburan rakyat dan upacara adat. Siamang Gagau dan Tupai Bagayuik. Pemainnya berjumlah 4 orang. yang diiringi dengan rabana.

Dendang yang dibawakan. antara lain Padang Magek. fa. Tari Piring. Bukik Gombak.2. 5. Kabupaten Tanah Datar ditemukan sejenis permainan talempong yang dimainkan bersama dengan gendang dan puput batang padi. Talempong Padang Magek y Di nagari Padang Magek. 6. 6. Talempong Padang Magek berjumlah enam buah dan diiringi dengan gendang dan puput batang padi. y Pemainnya berjumlah tiga orang. gendang dan puput batang padi dengan irama dendang dan tarian. so. la. 4. li dan do). masing-masing sebagai pemukul talempong. í (re. Rantak Kudo dan Tak Tontong . Ttangga nada talempong Padang Magek: 2.

yang bertangga nada 1. Talempong Talang Maua y Di nagari Talang Maua. 4. mi) ditambah dengan nada 5 (sol) atau 6 (la) dan. Anta ka lauik dan Malin ka Ilia. y Talempong Talang Maua dimainkan bersama dengan rebana .3. do. bernada 5.masing berjumlah 6 buah. 3 ( so. 6.kedua. Siamang Tagagau. yang pertama. Dendang yang dibawakan adalah Cak Gomai. . 1. Lima Puluh Kota terdapat dua jenis talempong. 3. dab 6. re. 5. la. masing. 2. 2.

sedangkan tangga nadanya 1. Kecamatan Sumpur Kudus. 2. 2. y Talempong Unggan berjumlah 5 buah yang ditempatkan di atas standar kayu. Susunan nada 5. .4. 1. Para pmainnya terdiri dari 6 orang wanita dibantu dua orang penabuh gendang dan gong yang dimainkan dalam keadaan duduk. 4. Kabupaten Sawah Lunto Sijunjung. Talempong Unggan y Talempong Unggan terdapat di nagari Unggan. 4. dan 5. 3. 3.

Nama talempong pacik diambil dari teknik memainkannya.. Talempong Pacik y Talempong pacik adalah seperangkat alat musik pukul yang terbuat dari campuran perunggu. tembaga dan seng.6. dengan cara dipegang oleh tangan kiri atau tangan kanan dalam keadaaan dijinjing. .

Tugas kesenian y Oleh : Quarto Nanda Alfikri y Kelas : X A y SMAN 1 PadangPanjang .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful