PANDAS RS AL MINTOHARDJO

5°C .y Demam peningkatan suhu tubuh yang merupakan respon fisiologis akibat pengaturan pada set point di hipothalamus 37.2°C y Suhu tubuh normal berkisar antara 36.

.Dapat berasal dari luar (eksogen) atau dari dalam (endogen). y Pirogen merupakan substansi yang dapat menyebabkan demam.y Demam terjadi karena pelepasan pirogen dari dalam leukosit yang sebelumnya telah terangsang oleh pirogen eksogen yang dapat berasal dari mikroorganisme atau merupakan suatu hasil reaksi imunologik yang tidak berdasarkan suatu infeksi.

y Penyebab eksogen demam antara lain bakteri. jamur. virus dan produk-produk yang dihasilkan oleh agen-agen tersebut (misal endotoksin) .

reaksi obat .Sering disertai menggigil dan berkeringat . reaksi obat Demam Intermiten Demam Kontinyu TB Miliaris.Suhu badan turun tiap hari tetapi tidak kembali ke suhu normal .Perbedaan suhu lebih dari 1 derajat . demam tifoid stadium lanjut.Suhu badan berangsur naik sangat tinggi sekali pada malam hari . pneumonia lobaris.Turun kembali ke normal pada pagi hari . demam tifoid permulaan.Tipe Demam Demam Septik Karakteristik . reaksi obat Demam Remiten Sepsis. reaksi obat Malaria.Bila terjadi tiap hari quotidian .Bila terjadi tiap 3 hari sekali kuartana Demam terus menerus tanpa pernah mencapai suhu normal Variasi suhu sepanjang hari tidak lebih dari 1 derajat Contoh TBC berat.Bila terjadi tiap 2 hari sekali tersiana .Suhu badan turun ke normal selama beberapa jam dalam satu hari .

sering tinggi dari suhu badan sesungguhnya pada wanita dan paramedis .Demam terus menerus selama 3 minggu .Tipe Demam Lain Demam Belum Terdiagnosis (Fever Unknown Origin) Karakteristik .Penyebab belum diketahui walaupun telah diteliti selama 1 minggu secara intensif dengan lab dan penunjang lainnya Contoh Demam Dibuat-Buat (Facitious Fever) Pasien sengaja berusaha dengan berbagai Gangguan cara agar suhu badan yang akan dicatat lebih psikiatri.Suhu badan di atas 38.3 °C .

.

.

.

2. TB paru (mycobacterium tuberculosis) ‡ Biasanya subfebril menyerupai demam influenza ‡ Demam dirasakan pada malam hari disertai keringat malam.Etiologi Penyakit Karakteristik Demam Bakteri 1.kadang suhu badan dapat mencapai 40-41 C ‡ Serangan demam pertama dapat sembuh sebentar.kadang . Pneumonia . tetapi kemudian dapat timbul kembali.

dalam beberapa jam setelah terpapar bahan penyebab. Pnemonitis ‡ pada bentuk akut. Abses paru (staphylococcus) ‡ panas yang tinggi disertai menggigil 4. penderita akan mendapatkan panas tinggi mendadak hinga 40 0 c ‡ menggigil .Etiologi Penyakit Karakteristik Demam Bakteri 3.

5 C) .Lebih sering terjadi pada musim hujan .Biasanya dimulai dari ISPA lalu turun ke bawah sesudah 2-4 hari .Etiologi Virus Penyakit 1.Biasanya pada bayi antara umur 2-24 bulan . Bronkiolitis Karakteristik Demam .Demam subfebril (38-38.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful