Teori Ekonomi Politik (Kajian Negara, Masyarakat dan Pasar

)

Perkembangan ilmu ekonomi relatif
‡ Ilmu ekonomi relatif berkembang pesat dibandingkan ilmu humanoria lainnya. ‡ Perkembangan ini memperlihatkan adanya kemajuan yang khusus dengan berbagai spesialisasi dan konsentrasi disiplin tersendiri. ‡ Ilmu ekonomi sebagai cabang dari ilmu humanoria sangat kaya dengan paradigma dasar.

Perkembangan Ilmu Ekonomi Politik
‡ Lahir dan tumbuh perspektif teori ekonomi baru dalam dua dekade terakhir ini. ‡ Ilmu ekonomi politik baru berbeda dengan ilmu ekonomi politik yang lama

Pendekatan Ilmu Ekonomi Politik
‡ Pendekatan Ilmu Ekonomi Politik berusaha untuk memahami realitas politik dan bentuk sikap sosial lainnya dalam kerangka analisis. ‡ Pendekatan Ilmu Ekonomi Politik memiliki asumsi dasar dari pendekatan pilihan rasional.

Perkembangan Ilmu Ekonomi Politik dalam 3 dekade terakhir
‡ Lahirnya teori-teori yang menguatkan Ilmu Ekonomi Politik dengan ditandai 3 karya penting, yaitu : ‡ Rasional peasants (petani rasional). Karya Popkin ‡ Market and state (pasar dan negara). Karya Robert Bates ‡ Scarcity, choice and public policy (kelangkaan, pilihan dan kebijakan publik). Karya Rothchild and Curry.

Kontribusi karya Samuel Popkin
‡ Karya Samuel Popkin bersifat monumental karena memberi kontribusi yang signifikan terhadap kelahiran dan perkembangan Ilmu Ekonomi Politik. ‡ Analisis Popkin yang dianggap kurang tepat dalam pendekatan Ekonomi Politik

Karya Clifford Geertz
‡ Clifford Geertz mengembangkan paham moral ekonomi ‡ Pendekatan ekonomi pasar yang tidak bisa diterapkan di atas sendi-sendi tradisional dan moral subsistensi petani.

Perspektif
‡ Perspektif lain dikembangkan oleh kelompok ilmuwan baru yang bisa dikategorikan ke dalam Ilmu Ekonomi Politik. ‡ Paham ini melihat bahwa petani tradisional pada dasarnya adalah rasional dalam sikapnya, pengambil keputusan untuk dirinya dan problem solver. ‡ Kritik terhadap Popkin, bahwa dia dianggap menyederhanakan pandangan kelompok ahli ekonomi moral.

Pasar dan Negara
‡ Institusi pasar digunakan sebagai alat politik untuk menolak negara dan rangkaian-rangkaian kebijakannya atas dasar pertimbangan yang rasional. ‡ Penelitian Robert Bates adalah salah satu pilar penting dari proses perkembangan pendekatan Ilmu Ekonomi Politik. ‡ Dalam studi di Afrika tropis, Bates berhasil melihat kaitan antara masyarakat petani dengan negara, yang mengambil keputusan ± keputusan publik. ‡ Pemerintah dalam menetapkan kebijakan juga memanfaatkan alat ± alat negara.

Kebijakan Publik : Kelangkaan dan Pilihan
‡ Studi Donald Rotchild dan Robert Curry menjelaskan adanya hubungan kepentingan individu dengan kepentingan publik. ‡ Mereka mengingatkan suatu kebijakan tertentu yang dalam pendekatan Ilmu Ekonomi Politik berbasis rasional, sehingga bisa memberi nuansa optimis terhadap kemungkinan perbaikan kesejahteraan ekonomi.

PENUTUP
‡ Masalah kebijakan ekonomi tidak hanya terkait dengan hubungan antara masyarakat dengan pemerintah, tetapi juga terkait dengan nilai-nilai dan kerumitan persoalan di dalam masyarakat. ‡ Kerangka pemikiran Ilmu Ekonomi Politik menjadi alat analisis yang tepat dalam kaitannya dengan dinamika perubahan sosial, yang memerlukan formulasi dan prioritas berdasarkan ranking dan pelaksanaan alternatif kebijakannya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful