Metode Ekstraksi Kandungan Minyak Pada Biji Alpukat (Persea americana

)
Oleh: I.B. Surya Sastrawan
07.8.03.51.30.2.5.0793

Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar 2010

LATAR BELAKANG Masyarakat Mengolah Daging Buah Alpukat Menyisakan Biji Biji Mengandung Minyak Minyak Biji Alpukat .

Metode Ekstraksi Tradisional Penambahan Papain Penambahan Giberelin Penambahan Permifan .

Apakah biji buah alpukat dapat menghasilkan minyak? 2. Metode ektraksi manakah yang dapat menghasilkan volume minyak dari biji alpukat lebih banyak?? .RUMUSAN MASALAH 1.

. Mengetahui metode ekstraksi yang dapat menghasilkan minyak biji alpukat secara maksimal.Menghasilkan jenis minyak yang diperoleh melalui ektraksi biji Alpukat. 2.TUJUAN 1.

METODE PENELITIAN Jenis : Eksperimental Rancangan Acak Lengkap (RAL) 4 perlakuan T0 = Metode pengolahan minyak tradisional T1 = ektraksi minyak biji alpukat dengan penambahan Permifan T2 = ektraksi minyak biji alpukat dengan penambahan Papain T3 = ektraksi minyak biji alpukat dengan penambahan Giberelin .

.Untuk mendapatakan ulangan minimal yang dibutuhkan dalam penelitian ini. digunakan rumus: t (n-1) > 15 Keterangan t = banyaknya perlakuan n = banyaknya ulangan 15 = angka standar dari Balai Penelitian Pertanian Bogor (Soedyanto dkk. 1986).

. Data yang diperoleh dari dari hasil penelitian ini diuji dengan analisis varians (ANAVA). klasifikasi tunggal atau one classification karena dalam penelitian ini menggunakan lebih dari dua perlakuan.TEKNIK ANALISIS DATA ‡ ANAVA 5% ‡ Yang diuji menggunakan ANAVA 5% adalah volume minyak biji alpukat.

Gajah Mada University Press.DAFTAR PUSTAKA Tjitrosoepomo. Cetakan Kesembilan. Morfologi Tumbuhan. Yogyakarta . Gembong.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful