Kelompok 3 Akses (Akuntansi Kelas Satu S

)

Alfi Barki (03) Andi Eka Iftitah Nurdin (04) Arif Indra Kusuma (06) Diena Novianti Masrurah (10) Hukla Diva Ajiraga Anugraha Putra (17) Tegar Wicaksono (35)

Tiap-tiap kebendaan adalah bergerak atau tak bergerak. tiap-tiap barang dan tiap-tiap hak . y 505. Tiap-tiap kebendaan ialah bertubuh atau tak bertubuh y 504. Menurut paham undang-undang yang dinamakan kebendaan ialah. Tiap-tiap kebendaan bergerak adalah dapat dihabiskan atau tak dapat dihabiskan. y 503. . menjadi habis.y Pasal 499. kebendaan dikatakan dapat dihabiskan. yang dapat dikuasai oleh hak milik. bilamana karena karena dipakai. satu sama lain menurut ketantuan-keentuan dalam kedua bagian berikut.

Kebendaan ialah tiap-tiap barang dan tiap-tiap hak . yang dapat dikuasai oleh hak milik. dan bergerak atau tak bergerak . bertubuh atau tak bertubuh.

sertifikat. minuman keras dan obat-obat terlarang sejenisnya Barang cetakan. SARA. giro.Pada Peraturan dan Syarat-Syarat Pengiriman PT. Trimuda Nuansa Citra poin 2 disebutkan bahwa: Barang-barang yang dilarang untuk dikirim adalah sebagai berikut: € Uang tunai. surat-surat berharga (cek. tumbuh-tumbuhan ilegal atau yang dilindungi € € € € € € . ganja. beracun. saham. rekaman. credit card dan sejenisnya) Perhiasan. L/C. obligasi. BL. atau dapat merusak barang-barang lainnya (prohibited/corrosive/explosive item) Barang yang menimbulkan bau secara tajam Narkotika. dan dapat mengganggu stabilitas keamanan dan ketertiban umum Barang berupa makhluk hidup seperti hewan. batu-batu berharga (jewellery) Barang yang mudah meledak. atau barang lainnya yang bertentangan dengan nilai kesusilaan.

Apakah barang-barang yang disebutkan tersebut termasuk kategori benda menurut hukum? .

barang adalah tiap benda dan tiap hak yang dapat menjadi obyek dari hak milikµ dari bunyi pasal tersebut secara umum semua barang yang disebutkan dilarang dikirim pada persyaratan tergolong dalam benda karena dapat dimiliki dan dikuasai oleh perseorangan atau lebih .Pasal 499 KUH Perdata berbunyi. ´Menurut Undangundang.

€ Pasal 500 KUH Perdata yang menyatakan. baik hasil alam. batu-batu berharga (jewellery). Barang cetakan. minuman keras dan obat-obat terlarang sejenisnya. begitu pula segala hasilnya. rekaman. beracun. Narkotika. adalah bagian dan barang ituµ Dengan demikian Perhiasan. dan dapat mengganggu stabilitas keamanan dan ketertiban umum dapat digolongkan sebagai benda karena penciptaannya melalui suatu proses atau usaha. atau terpaut pada tanah. selama melekat pada dahan atau akarnya. atau barang lainnya yang bertentangan dengan nilai kesusilaan. maupun hasil usaha kerajinan. ´Segala sesuatu yang termasuk dalam suatu barang karena hukum perlekatan. SARA. € . atau dapat merusak barang-barang lainnya (prohibited/corrosive/explosive item). Barang yang mudah meledak. ganja.

tumbuh-tumbuhan ilegal atau yang dilindungi termasuk kategori barang yang merupakan hasil alami. saham. Jika kita ambil contoh Durian. yaitu barang yang dihasilkan oleh tanah atau yang dilahirkan oleh binatang-binatang menurut pasal 502 KUH Perdata Benda yang berbau tajam. obligasi. credit card dan sejenisnya) menurut pasal pasal 511 KUH Perdata dapat dimasukkan ke dalam kategori barang yang dianggap bergerak karena undang-undang Barang berupa makhluk hidup seperti hewan. L/C. sertifikat. giro. BL. surat-surat berharga (cek. berdasarkan pasal 500 dan 502 KUH Perdata Durian dapat dimasukkan dalam kategori benda karena berasal dari alam (hasil alami) .Uang tunai. kita ambil contoh misalnya durian karena durian memiliki bau yang menyengat.

. Benda dalam perdagangan dapat diperjual belikan dengan bebas. narkotika.Sumber lain: MODUL/HAND OUT MP PENUNJANG 06/07 Hukum Benda DIKLAT TEKNIS SUBSTANTIF SPESIALISASI PEJABAT LELANG e. Benda dalam perdagangan dan benda luar perdagangan Arti penting dari pembedaan ini terletak pada pemindah tanganan benda tersebut karena jual beli atau karena warisan. atau diwariskan kepada ahli waris. umpamanya tanah wakaf. sedangkan benda luar perdagangan tidak dapat diperjual belikan atau diwariskan. benda benda yang melanggar ketertiban dan kesusilaan .

maka bagaimana mekanismenya? .Apakah PT. Trimuda Nuansa Citra diperbolehkan untuk memeriksa isi kiriman? Jika diperbolehkan.

Peraturan. (KUHPer Pasal 1313) . Suatu perjanjian adalah suatu perbuatan dengan mana satu orang atau lebih mengikatkan dirinya terhadap satu orang lain atau lebih. ‡ Peraturan dan syarat pengiriman adalah bentuk perjanjian yang diajukan oleh Perusahaan dan ditandatangani oleh customer...

Suatu sebab yang halal (KUHPer Pasal 1320) .. Kecakapan untuk membuat perikatan 3. Perjanjian adalah sah karena : 1. Kesepakatan 2.... ‡ Perjanjian ini adalah sah karena. Suatu hal tertentu 4.Perjanjian.

Namun demikian apabila ada barang/dokumen yang dicurigai. . TRIMUDA NUANSA CITRA atas pelanggaran hukum terjadi. maka PT.Pasal 3 Ketentuan Pengiriman 3. TRIMUDA NUANSA CITRA berhak melakukan pemeriksaan atas barang dan dokumen tersebut. TRIMUDA NUANSA CITRA tidak melakukan pemeriksaan isi kiriman sehingga apabila terjadi ketidaksesuaian maka pihak pengirim bertanggung jawab sepenuhnya tanpa melibatkan PT. PT.

Analisis ‡ Perusahaan berhak untuk memeriksa isi kiriman berdasarkan kecurigaan Perusahaan. ‡ Dalam pemeriksaan harus sesuai dengan pasal 483 KUHD . dan harus mengenai pasal 2 dari syarat pengiriman.

SARA dan dapat mengganggu stabilitas. minuman keras dan obat terlarang sejenisnya f) Barang cetakan. beracun.Tetapi Dalam Pasal 2 2. Barang-barang yang dilarang untuk dikirim adalah sebagai berikut: a) Uang tunai. dan ketertiban umum g) Barang berupa makhluk hidup seperti hewan. atau dapat merusak barang lainnya d) Barang yang menimbulkan bau tajam e) Narkotika. batu-batu berharga c) Barang yang mudah meledak. rekaman atau barang lainnya yang bertentangan dengan nilai kesusilaan. ganja. tumbuh-tumbuhan ilegal atau yang dilindungi. keamanan. . surat-surat berharga b) Perhiasan.

dan dalam semua hal. 481. 313 (KUHD pasal 483) . 472dst. sehingga peraturan dinas kapal pelayaran terganggu karenanya. beserta anggaran penaksiran kerugian yang ditimbulkannya. 215 dst.Mekanisme Baik pengangkut maupun penerima berwenang untuk minta agar diadakan pemeriksaan olah hakim tentang keadaan sewaktu barang diserahkan atau telah diserahkan. 484 dst. Tautan KUHD 94. setelah pihak lain atau wakilnya didengar atau dipanggil secukupnya. oleh kepala Pemerintahan Daerah setempat. 361.Rv. 712. 746. atau kalau tidak ada. terhalang atau tidak ada. oleh residentierechter atau bila ia tidak hadir. 489 dst. Pemeriksaan yang dimaksud dalam pasal ini tidak boleh dilakukan sedemikian rupa. Pengangkatan ahli-ahli dilakukan oleh ketua raad van justitie. bila dalam wilayah tempat terjadinya penyerahan ada pengadilan tinggi.

TRIMUDA NUANSA CITRA tidak bertanggung jawab atas C.Pihak PT.Pada Peraturan dan Syarat-Syarat Pengiriman PT. . dan pembajakan. Trimuda Citra Poin 4 C disebutkan bahwa: 4.huru hara. perang (force majeure) serta pencurian. Kerusakan atau kehilangan barang/dokumen yang disebabkan karena bencana alam.perampokan.

Apakah Poin Tersebut Sesuai dengan Peraturan Perundangan yang Ada? .

(2) Tuntutan ganti rugi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak berlaku jika kehilangan atau kerusakan terjadi karena bencana alam. . atau hal lain di luar kemampuan manusia.Undang Undang Acuan Pada UU no. keadaan darurat.38 tahun 2009 Pasal 31 ayat 1 dan 2 disebutkan bahwa: (1) Penyelenggara Pos wajib memberikan ganti rugi atas kerugian yang dialami oleh pengguna layanan pos akibat kelalaian dan/atau kesalahan Penyelenggara Pos.

Undang Undang Acuan Para pengangkut dan juragan kapal harus bertanggung jawab atas semua kerusakan yang terjadi pada barang-barang dagangan atau barang-barang yang telah diterima untuk diangkut. (Pasal 91 KUHd) . kecuali hal itu disebabkan oleh cacat barang itu sendiri. atau oleh keadaan di luar kekuasaan mereka atau oleh kesalahan atau kelalaian pengirim atau ekspeditur sendiri.

Undang Undang Acuan Perjanjian pengangkutan menjanjikan pengangkut untuk menjaga keselamatan barang yang harus diangkut dari saat penerimaan sampai saat penyerahannya. (Pasal 468 KUHd) . akibat sifatnya. Pengangkut harus mengganti kerugian karena tidak menyerahkan seluruh atau sebagian barangnya atau karena ada kerusakan. Ia bertanggung jawab atas tindakan orang yang dipekerjakannya. keadaannya atau suatu cacat barangnya sendiri atau akibat kesalahan pengirim. dan terhadap benda yang digunakannya dalam pengangkutan itu. kecuali bila Ia membuktikan bahwa tidak diserahkannya barang itu seluruhnya atau sebagian atau kerusakannya itu adalah akibat suatu kejadian yang selayaknya tidak dapat dicegah atau dihindarinya.

(Pasal 477 KUHd) . bahwa keterlambatan itu adalah akibat suatu kejadian yang selayaknya tidak dapat dicegah atau dihindarinya. kecuali bila ia membuktikan.Undang Undang Acuan Pengangkut bertanggung jawab untuk kerugian yang disebabkan oleh penyerahan barang yang terlambat.

Namun. . pengangkut wajib menyerahkan bukti adanya kejadian tersebut.Analisis Berdasarkan undang undang yang ada disebutkan dengan jelas bahwa jika terjadi sesuatu yang tidak dapat dicegah atau dihindari maka barang yang rusak tersebut bukan tanggung jawab dari pengangkut.

dan disebabkan karena kelalaian PT Trimuda Nuansa Citra. . maka pihak PT Trimuda Nuansa Citra akan melakukan penggantian maksimal sepuluh kali biaya pengiriman barang/dokumen yang hilang/maksimal satu juta dengan melihat biaya terendah.Point 5 Point yang dipersoalkan 5b. Jika terjadi kehilangan/kekurangan atas barang/dokumen yang dikirim tanpa perlindungan asuransi.

Untuk ganti pengiriman yang rusak/cacat apakah sesuai dengan undang-undang? .

Bila muatan selebihnya dengan ketentuan tujuan yang sama.Analisis Tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Pasal-pasal yang mendukung pernyataan ini adalah: ‡ KUHD pasal 472 Ganti rugi yang harus dibayar oleh pengangkut karena tidak menyerahkan seluruhnya atau sebagian dari barang-barang. pada waktu barang itu seharusnya diserahkan. maka ganti ruginya dihitung menurut nilai barang yang macam dan sifatnya sama di tempat dan pada waktu barang itu didatangkan. dihitung menurut nilai barang yang macam dan sifatnya sama di tempat tujuan.) . 473.. KUHD 366. dikurangi dengan apa yang dihemat untuk bea. sebagai akibat suatu sebab untuk hal mana pengangkut tidak bertanggung jawab. 517c. biaya dan biaya angkutan karena tidak adanya penyerahan. 1246 dst. 476. tidak mencapai tujuannya. (Tautan : KUHPerd.

biaya dan biaya angkutan karena adanya kerusakan. 483.‡ Pasal 473 Dalam hal adanya kerusakan.) . maka harus diganti jumlah uang yang diperoleh dengan mengurangi nilai yang dimaksud dalam pasal 472 dengan nilai barang yang rusak. dan selisih ini dikurangi dengan apa yang dihemat untuk bea.(KUHD 476. 517c.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful