PRESENTASI TOKSIKOOGI (FUNGISIDA

)
DOSEN : WAHYUNI SAHANI. ST,MSi

Oleh : kelompok II € Ahmad Ardiansyah € Ainul Hidayah € Dedy Munandar € Hastian Herlimensih

gulma. mamalia. pestisida seringkali disebut sebagai "racun". atau mikrobia yang dianggap mengganggu. dalam bahasa sehari-hari. tapi tak selalu. tikus. Sasarannya bermacam-macam. . atau membasmi organisme pengganggu. Fungisida adalah pestisida yang secara spesifik membunuh atau menghambat cendawan penyebab penyakit. Pestisida biasanya. beracun.Tinjauan Umum € € Pestisida adalah bahan yang digunakan untuk mengendalikan. menolak. Nama ini berasal dari pest ("hama") yang diberi akhiran -cide ("pembasmi"). memikat. burung. seperti serangga. ikan.

Pengertian Fungisida € Fungisida adalah pestisida yang secara spesifik membunuh atau menghambat cendawan penyebab penyakit. .

PEMBAGIAN FUNGISIDA € IXQJLVLGD cair gas butiran serbuk .

Klasifikasi/Penggolongan Fungisida .

. Beberapa fungisida dapat digunakan untuk mendesinfestasi tanah atau tempat penyimpanan untuk melindungi luka. pertumbuhan.Kebanyakan dari fungisida ini digunakan untuk mengatasi penyakit daun dan bagian-bagian tanaman lainnya di atas tanah. dan sebagainya.Mekanisme Fungisida € Mekanisme fungisida yang digunakan untuk penanggulangan penyakit pada umumnya adalah menghambat perkecambahan. Sedangkan ada pula yang digunakan untuk mendesinfestasi dan melindungi benih atau umbi dari serangan patogen. dan perkembangbiakan atau sekaligus membunuh patogen.

Sebenarnya persenyawaan ini telah lama dikenal sebagai bahan yang dipergunakan untuk keperluan vulkanisasi karet. Senyawa belerang Senyawa belerang organik .Golongan ini merupakan fungisida yang penting pada waktu sekarang dan sangat luas pemakaiannya.Jenis-jenis Fungisida 1. 2. tetapi ternyata kemudian mempunyai daya sebagai fungisida yang baik . Senyawa tembaga senyawa tembaga yaitu campuran dari larutan sulfat tembaga (terusi) dengan larutan kapur.

Senyawa merkuri anorganik seperti MgCI2 banyak digunakan untuk keperluan benih. maka Kebanyakan dari fungisida tersebut dipakai untuk benih dan hanya sedikit yang dipergunakan untuk penyemprotan daun.3. . perlakuan tanah. Senyawa merkuri Sejumlah besar senyawa merkuri organik mempunyai efektivitas sebagai fungisida dan bakterisida yang kuat. manusia dan hewan. tetapi karena sangat toksik untuk tanaman. desinfektans pada luka batang dan alat-alat pertanian.

4. Quinone Zat ini secara alami banyak terdapat dalam banyak macam tanaman dan seringkali memperlihatkan efektivitas terhadap jasad-jasad renik dan seringkali pula dianggap ada hubungannya dengan ketahanan tanaman terhadap penyakit .

Chloranil (tetrachloro-p-benzoquineno) Fungisida ini banyak dipakai terutama untuk perlakuan benih bunga-bungaan. 2.naphthoquione) dipakai untuk perlakuan benih dari sayuran dan rerumputan. 4. sayuran. kanker pada sayuran dan buah-buahan .Ada dua macam senyawa quione yaitu : 1. Juga sebagai protektan atau eradikan terhadap penykit busuk buah. rumput-rumputan juga untuk penyemprotan dan penghembusan terhadap penyakit-penyakit daun Dichlone (2.3-dichloro.

Senyawa benzene Banyak senyawa benzen yang ternyata toksik terhadap berbagai macam jasad renik.5. Pada waktu sekarang telah banyak dipakai sebagai fungisida seperti:Pentachloronitrobenzene yang diperdagangkan sebagai PCNB. Terrachlor dan sebagainya digunakan sebagai fungisida tanah .

. 7. Senyawa heterosiklik Digunakan untuk perlakuan benih guna melindungi buah-buahan dan sayuran yang sudah dipanen terhadap berbagai macam penyakit.6. Antibiotika Merupakan zat-zat yang dihasilkan oleh jasad renik dan bersifat toksik terhadap jasad renik lainnya.

. Cycloheximide dan Griseovulvin.Diantara zat antibiotika yang penting untuk penanggulangan panyakit ialah Streptomycin. Antibiotika dari golongan Streptomycin dan Tetracycline banyak digunakan untuk pemberantasan penyakit yang disebabkan oleh mikoplasm. tetapi mengenai pemakaiannya secara praktis masih terbatas atau masih dalam taraf penelitian. Tetracycline.

JENIS-JENIS FUNGISIDA .

.CARA KERJA FUNGISIDA Dalam garis besarnya kita dapat membagi dalam tiga golongan yaitu: y Mengurangi infeksi dengan mempertinggi ketahanan dari tanaman inang terhadap patogen. y Secara langsung mematikan patogen dan dengan demikian hanya efektip untuk melindungi tanaman pada tempat-tempat diman patogen itu datang menyerang y Setelah diabsorpsi dan ditranslokasikan oleh tanaman dapat mematikan patogen di tempat-tempat diman terjadi infeksi.

DAMPAK FUNGISIDA TERHADAP LINGKUNGAN DAN KESEHATAN. 3. Membunuh binatang-binatang tanah yang terkena sampai pada ke dalaman 15 cm 2. TERHADAP LINGKUNGAN 1. Pada hewan inveterbrata dapat berupa timbulnya pembentukan kekebalan (resistensi) ataupun resurgensi € . Pada kadar yang tinggi fungisida dapat membunuh jazad yang hidup di dalam air.

€ TERHADAP KESEHATAN Beberapa jenis penyakit yang telah diteliti dapat diakibatkan oleh pengaruh samping penggunaan senyawa pestisida (fungisida) antara lain leukemia. melanoma. kanker perut. penyakit otak. penyakit hati. sarcomas jaringan lunak. kanker kulit. . kanker paru. myaloma ganda. tumor syaraf dan neoplasma indung telur. kanker prostae. lymphomas.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful