GERAKAN AIR LAUT

Arus Laut
Arus laut adalah aliran air laut yang mempunyai arah dan peredaran yang tetap dan teratur. Arus laut dibedakan menurut: 1. Letaknya a. Arus bawah
Arus laut yang bergerak di bawah permukaan laut.

b. Arus atas
Arus laut yang bergerak di permukaan laut.

2. Arus dingin Bila suhu arus laut lebih dingin dari laut di sekitarnya. b. Suhunya a. . Arus panas Bila suhu arus laut lebih panas daripada suhu air laut sekitarnya.

Arus karena perbedaan kadar garam atau berat jenis air laut. Terjadinya a. c. Arus karena angin. Arus karena perbedaan niveau (beda tinggi muka air) d. .3. b. Arus karena pasang naik dan surut.

. Di sebelah utara khatulistiwa a) Arus Khatulistiwa Utara Arus panas yang mengalir menuju ke arah barat sejajar dengan garis khatulistiwa.Arus laut dan gerakannya di tiga samudra besar. Didorong oleh Angin Barat. menyusur sebelah timur Kepulauan Jepang dan terus ke pesisir Amerika Utara. b) Arus Kuroshio Lanjutan arus khatulistiwa utara. Ditimbulkan dan didorong oleh Angin Pasat Timur Laut. Arus panas yang mengalir dari utara Kepulauan Filipina. Di Samudra Pasifik 1.

c) Arus California Adalah lanjutan arus Kuroshio. Mengalir dari Selat Bering menuju ke selatan dan berakhir sebelah timur Kepulauan Jepang karena bertemu dengan arus Kuroshio. Di tempat ini terdapat daerah perikanan yang kaya. termasuk arus menyimpang dan arus dingin. d) Arus Oyashio Arus dingin yang didorong Angin Timur. Mengalir di sepanjang pesisir barat Amerika Utara ke arah selatan menuju ke khatulistiwa. .

Di sebelah selatan khatulistiwa a) Arus Khatulistiwa Selatan Arus panas yang mengalir menuju ke barat sejajar dengan khatulistiwa dan didorong oleh Angin Pasat Tenggara. .2. Didorong Angin Pasat Tenggara. Termasuk arus menyimpang dan arus dingin. b) Arus Humboldt atau Arus Peru Lanjutan dari sebagian arus Angin Barat yang mengalir di sepanjang barat Amerika Selatan menyusur ke arah utara.

Didorong Angin Barat. Termasuk arus menyimpang.c) Arus Australia Timur Lanjutan arus khatulistiwa selatan yang mengalir di sepanjang pesisir Australia Timur dari arah utara ke selatan. . d) Arus Angin Barat Lanjutan dari sebagian arus Australia Timur yang mengalir menuju ke timur dan sejajar dengan garis ekuator.

Di sepanjang garis khatulistiwa Setelah Arus Khatulistiwa Utara dan Arus Khatulistiwa Selatan bergerak. . sehingga dengan segera tempat ini diisi oleh arus baru. meninggalkan tempat yang tinggi airnya lebih rendah dari sekitarnya.3. Arus pengisi atau arus perata ini disebut arus kompensasi.

Laut Karibia -> Teluk Meksiko -> Selat Florida (sebagai Arus Florida). . Arus ini disebut Arus Teluk.Di Samudra Atlantik 1. Arus Florida bercampur Arus Antillen -> arus besar yang mengalir sepanjang Pantai Timur Amerika Serikat ke arah timur. Didorong Angin Pasat Timur Laut. b) Arus Teluk atau Gulfstream Arus menyimpang yang segera diperkuat oleh dorongan angin besar dan termasuk arus panas. Di sebelah utara khatulistiwa a) Arus Khatulistiwa Utara Arus panas yang mengalir menuju ke barat sejajar dengan garis khatulistiwa.

c) Arus Tanah Hijau Timur (Arus Greenland Timur) Arus dingin yang mengalir dari Laut Kutub Utara ke selatan menyusuri Pantai Timur Tanah Hijau. e) Arus Canari Lanjutan sebagian arus teluk yang mengubah arahnya setelah pengaruh daratan Spanyol dan mengalir ke arah selatan menyusur pantai barat Afrika Utara. Didorong Angin Timur. d) Arus Labrador Dari Laut Kutub Utara yang mengalir ke selatan menyusuri Pantai Timur Labrador dan membawa gunung es yang dihanyutkan. . Termasuk arus dingin dan didorong Angin Timur. Termasuk arus menyimpang dan arus dingin.

Didorong Angin Pasat Tenggara. Termasuk arus menyimpang dan arus panas. Sebagian dari arus ini masuk ke utara sedangkan yang lain membelok ke selatan. Di sebelah selatan khatulistiwa a) Arus Khatulistiwa Selatan Arus panas yang mengalir menuju ke barat. . sejajar dengan garis khatulistiwa. b) Arus Brazilia lanjutan dari sebagian arus angin barat yang mengalir ke arah selatan menyusuri pantai timur Amerika Selatan.2.

d) Arus Angin Barat lanjutan dari sebagian Arus Brazilia yang mengalir ke arah timur sejajar dengan garis ekuator.c) Arus Bengulea lanjutan dari sebagian arus angin barat. yang kembali menjadi Arus Khatulistiwa Selatan. Termasuk arus dingin. . yang mengalir ke arah utara menyusuri pantai barat Afrika Selatan. Didorong angin barat dan merupakan arus dingin.

a) Arus Musim Barat Daya Arus panas yang mengalir menuju ke timur menyusuri Laut Arab dan Teluk Benguela. yaitu angin pasat timur laut dan angin musim timur laut. Didorong angin musim barat daya tapi berjalan kurang kuat sebab mendapat hambatan dari gerakan angin pasat timur laut. b) Arus Musim Timur Laut Arus panas yang mengalir menuju ke barat menyusuri Teluk Benguela dan Laut Arab. sebab arah gerakan arus berganti arah dalam ½ tahun. Arus ini bergerak agak kuat sebab di dorong dua angin yang saling memperkuat. . sesuai dengan gerakan angin musim yang menimbulkannya.Di Samudra Hindia 1. Di sebelah utara khatulistiwa Arus laut samudera ini berbeda dengan samudera lain.

Di sebelah selatan khatulistiwa a) Arus Khatulistiwa Selatan Arus panas yang mengalir menuju ke barat sejajar dengan garis khatulistiwa dan nantinya pecah menjadi dua (Arus Maskarena dan Arus Agulhas setelah sampai di timur Madagaskar).2. . Didorong angin pasat tenggara.

Lanjutan dari pecahan Arus Khatulistiwa Selatan. b) Arus Angin Barat Lanjutan dari sebagian arus angin barat. Arus Agulhas juga mengalir menuju ke selatan menyusuri pantai Pulau Madagaskar Barat. yang mengalir ke arah utara menyusur pantai barat Benua Australia. Termasuk arus menyimpang dan arus dingin yang akhirnya kembali menjadi Arus Khatulistiwa Selatan. Arus Maskarena mengalir menuju ke selatan. menyusuri pantai Pulau Madagaskar Timur.a) Arus Maskarena atau Arus Agulhas Termasuk arus menyimpang dan arus panas. .

.

.Gelombang Laut Gelombang adalah alunan permukaan air yang umumnya ditimbulkan oleh tiupan angin di atas laut.

Karena menabrak pantai. Gelombang yang sampai ke pantai akan terjadi hempasan dan pecah. Karena angin. oleh karena itu arahnya akan berlawanan dengan arah datangnya gelombang . oleh karena itu arah gelombang sesuai dengan arah angin. b. Gelombang terjadi karena adanya gesekan angin di permukaan. Air yang pacah itu akan terjadi arus balik dan membentuk gelombang.Penyebab terjadi gelombang: a.

Gelombang laut terjadi karena adanya gempa di dasar laut. Gempa terjadi karena adanya gunung laut yang meletus atau adanya getaran/pergeseran kulit bumi di dasar laut.c. Karena gempa bumi. . Gelombang yang ditimbulkan biasanya besar dan disebut dengan gelombang tsunami .

.Gerak osilasi Gerak gelombang akibat molekul air bergerak melingkar. yaitu pada bagian laut dalam.Gerakan permukaan gelombang dapat dikelompokan menjadi: a. Adanya gelombang dibangkitkan oleh kecepatan angin. dan kedalaman laut. luas daerah yang ditiup angin (fetch). Puncak gelombang akan pecah di dekat pantai yang disebut breaker atau gelora. lamanya angin bertiup. Gelombang ini memiliki tinggi dan lembah gelombang. Gerak osilasi biasanya terjadi di laut lepas.

bergerak searah dengan gerak gelombang tanpa diimbangi gerakan mundur. sedangkan ketika kembali disebut back swash. Kedatangan gelombang disebut swash.Gerak translasi Gelombang osilasi yang telah pecah lalu seperti memburu garis pantai. Gelombang ini tidak memiliki puncak dan lembah yang kemucian dikenal dengan istilah surf. Gelombang ini dimanfaatkan untuk olah raga surfing. .Gerak swash dan back swash Berbentuk gelombang telah menyentuh garis pantai. c.b.

tetapi pengaruhnya lebih besar karena letak bulan jauh lebih dekat ke bumi daripada ke matahari. Walaupun bulan ukurannya jauh lebih kecil daripada matahari. . Pasang naik dan pasang surut air laut disebabkan gravitasi (gaya tarik) bulan dan matahari terhadap bumi.Pasang Surut Air Laut Gerakan pasang surut air laut adalah naik turunnya air laut juga secara teratur dan berulang-ulang.

b) Pasang perbani (Neap tide). Ini terjadi pada waktu bulan seperempat dan tiga perempat. yaitu: a) Pasang purnama (Spring tide) yaitu pasang naik dan surut yang besar yang terjadi pada awal bulan dan pertengahan bulan (bulan purnama). . hingga pada kedudukan ini gaya tarik gravitasi matahari melemahkan gaya tarik bulan. matahari dan bulan terletak pada posisi yang membentuk sudut siku-siku (90°) satu sama lain. yaitu pasang naik dan surut terendah.Ada dua macam pasang surut air laut.