KONSEP UMUM TUMBUH KEMBANG

Rodman Tarigan SUD DIVISI TUMBUH KEMBANG ANAK-PEDIATRI SOSIAL DEPARTEMEN ILMU KESEHATAN ANAK FKUP RSHS

TUJUAN ILMU TUMBUH KEMBANG

Mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan segala upaya untuk menjaga dan mengoptimalkan tumbuh kembang anak : fisik, mental, sosial Menegakkan diagnosis dini setiap kelainan tumbuh kembang dan kemungkinan penanganan yang efektif, mencari penyebab dan mencegahnya

TUMBUH KEMBANG Merupakan manifestasi yang bisa diamati dari suatu kompleks perubahan morfologi. biokimia dan fisiologi yang terjadi pada masa anak .

jumlah atau dimensi tingkat sel. umur tulang.Pertumbuhan (growth) berkaitan dengan perubahan dalam besar. ukuran panjang. organ maupun individu Pertumbuhan dapat dinilai dengan ukuran berat. tanda-tanda seks sekunder dan keseimbangan metabolik .

dan perilaku (psikososial) sebagai hasil interaksi dengan lingkungan Inteligensi majemuk (multiple intelligences) . motorik. sebagai hasil dari proses pematangan (maturation) Perkembangan kognitif. bahasa.Perkembangan (development) adalah bertambahnya kemampuan (skill) dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam pola yang teratur dan dapat diramalkan. emosi.

. 2. terdapat percepatan atau perlambatan yang terjadi pada periode-periode tertentu.CIRI – CIRI PERTUMBUHAN Ciri-ciri pertumbuhan fisik adalah sebagai berikut: 1. Pertumbuhan anak tidaklah konstan. Pertumbuhan adalah proses yang kontinu sejak dari konsepsi sampai dewasa. Setelah kelahiran merupakan periode dimana mulai saat itu pertumbuhan anak lebih mudah untuk diamati.

Growth velocity. in centimeters per year. at different ages of the boy and girl whose statures are shown in figure 1.24 23 22 21 20 19 18 17 16 15 14 13 12 11 10 9 8 7 6 5 4 3 2 1 1 2 3 4 5 6 7 8 Height gain. cm / yr Girls Boys 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 Age. 1966) . years Fig 3.. (Reproduced from Tanner et al.

CIRI – CIRI PERTUMBUHAN 3. Pertumbuhan organ-organ tubuh mengikuti 4 pola. . yaitu pola: umum. neural dan reproduksi. limfoid. Masing-masing organ tubuh memiliki pola pertumbuhan yang berbeda.

(After Scammon: The measurement of the body in childhood.200 180 160 LYMPHOID TYPE PERCENTAGE 140 120 NEURALTYPE 100 80 60 40 20 0 0 GENITAL TYPE GENERAL TYPE 4 8 12 16 20 AGE IN YEARS Fig 5. University of Minnesota Press. Main types of postnatal growth of the various parts and organs of the body. Minneapolis. In: Harris B et al (eds): The Measurement of Man. 1930) .

tinggi. anak akan bertambah dalam berat. serta terdapat perubahan dalam ukuran besar dari organ-organ tubuhnya. dan lingkar kepala. Terdapat perubahan ukuran tubuh Contoh. .4.

CIRI – CIRI PERTUMBUHAN 5. Terdapat perubahan proporsi Perubahan proporsi tubuh sesuai dengan bertambahnya umur anak akibat dari pola pertumbuhan fisik yang juga sefalokaudal. .

et al: Growth New Haven.2 mo (fetal) 5 mo Newborn 2 yr 6 yr 12 yr 25 yr Fig 6. Changes in body proportions from the 2nd fetal mo to adulthood. Brody S. (From Robbins WJ. Hogan AG. Yale University Press. 1928) .

timbulnya tanda-tanda seks sekunder. gigi susu tanggal. Timbulnya ciri-ciri baru Contoh tumbuhnya gigi permanen. Hilangnya ciri-ciri lama Contoh timus mengecil. . 7.CIRI – CIRI PERTUMBUHAN 6. rambut bayi rontok.

TB.LK  Plot di kurva standart  Evaluasi :Normal dan abnormal .Pemantauan  Ukur BB.

KURVA PERTUMBUHAN KURVA PERTUMBUHAN Revisi kurva pertumbuhan Revisi kurva pertumbuhan WHO-NCHS 1977 WHO-NCHS 1977 Kurva pertumbuhan CDC Kurva pertumbuhan CDC 2000 2000 ••Kurvapertumbuhan MGRS 2006 Kurva pertumbuhan MGRS 2006 .

dari 34 cm – 44 cm.LINGKAR KEPALA LK mencerminkan volume intrakranial Memperkirakan pertumbuhan otak Paling pesat 6 bl pertama. 2th  49 cm. dewasa  54cm Pemeriksaan serial saat perkemb otak sampai anak umur 3 tahun Baku yang dipakai acuan LK : kurve LK dari Nellhaus atau baku NCHS .1 th  47 cm.

CIRI – CIRI PERKEMBANGAN ANAK Ciri-ciri perkembangan anak adalah sebagai berikut: 1. . Perkembangan merupakan proses yang kontinu sejak dari konsepsi sampai maturitas/ dewasa.

.CIRI – CIRI PERKEMBANGAN ANAK 2. Pola perkembangan anak .berurutan (sekuensial) dan sama pada semua anak. tetapi umur saat anak bisa duduk/berjalan berbeda antara anak satu dengan lainnya. tetapi kecepatannya berbeda antara anak satu dengan lainnya. Contoh. sebelum bisa berjalan anak harus bisa duduk terlebih dahulu.

bila sistem sarafnya belum siap untuk itu. Perkembangan erat hubungannya dengan maturasi sistem susunan saraf. tetapi tidak adanya kesempatan juga akan menghambat ketrampilan anak. . Terdapat korelasi antara perkembangan dan pertumbuhan. Contoh. anak tidak dapat dilatih untuk dapat berjalan.CIRI PERKEMBANGAN CIRI – CIRI PERKEMBANGAN ANAK 3.

Aktifitas seluruh tubuh akan diganti oleh respons individu yang khas. bayi akan menggerakkan seluruh tubuhnya.CIRI PERKEMBANGAN CIRI – CIRI PERKEMBANGAN ANAK 4. Contoh. tangan dan kakinya kalau melihat sesuatu yang menarik. tetapi pada anak yang lebih besar reaksinya hanya tertawa atau meraih benda tersebut. .

CIRI PERKEMBANGAN CIRI – CIRI PERKEMBANGAN ANAK 5. Arah perkembangan adalah sefalokaudal atau proksimodistal. .

CIRI PERKEMBANGAN CIRI – CIRI PERKEMBANGAN ANAK 6. Refleks primitif seperti refleks memegang dan berjalan akan menghilang sebelum gerakan volunter tercapai. .

kognitif. visual-fine motor. Sosial.Perkembangan Anak normal abnormal milestones Motorik. perilaku . bahasa.

PERKEMBANGAN MEMILIKI TAHAPAN YANG BERURUTAN 5.CIRI-CIRI PERKEMBANGAN       1. PERKEMBANGAN MEMPUNYAI POLA YANG TETAP Cephalo-caudal Proximodistal 4. PERKEMBANGAN AWAL MENENTUKAN PERKEMBANGAN SELANJUTNYA 3. PERKEMBANGAN MEMPUNYAI KECEPATAN YANG BERBEDA 6. PERKEMBANGAN BERKORELASI DENGAN PERTUMBUHAN . PERKEMBANGAN MELIBATKAN PERUBAHAN 2.

Orang tua patut waspada bila : .Anak tidak dapat mengontrol kepalanya - dengan baik --> 6-7 bulan Refleks berjalan masih ada ---> 2 bulan Jari tetap mengepal ---> lebih dari 3 bulan Belum dapat menjangkau mainan --> 7-8 bulan Belum dapat membalikkan tubuh --> 9 bulan Belum dapat duduk tegak (5-10menit) --> 11 bulan Tidak dapat merangkak --> 13 bulan Tidak tersenyum ---> 2 bulan Suku kata ganda ---> 10 bulan .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer: Get 4 months of Scribd and The New York Times for just $1.87 per week!

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times