Roads and the Environment: A Handbook

World Bank Technical Paper No. 376 Edited by Koji Tsunokawa and Christopher Hoban The World Bank, Washington, D.C. 1997

perancangan landskap. analisis dampak sosial. keterlibatan publik. planners. and others  Seluruh pihak yang memiliki hubungan dengan jalan dan lingkungan . development organizations. misalnya lingkungan alam. and contractors   Environmental specialists.Pengguna Buku  Road agency managers  yang perlu memperluas kemampuan dan keterampilan organisasinya untuk berinteraksi dengan berbagai isu. academics. dan hukum lingkungan yang perlu untuk meningkatkan kesadaran isu lingkungan pada seluruh tahapan pekerjaan  Road engineers. community groups.

Jalan dan Lingkungan (1)  Jalan   Meningkatkan kesejahteraan Dampak positif dan negatif Orang. aliran air tanah Gangguan pada tanaman dan binatang  Dampak pada masyarakat dan lingkungan sekitar        . lahan. dan bangunan Gangguan kehidupan bermasyarakat (gaya hidup) Kehilangan pola perjalanan dan ikatan kemasyarakatan Gangguan kesehatan Luka dan kehilangan nyawa akibat kecelakaan Gangguan erosi tanah.

 dan bertanggung jawab terhadap manfaat dan dampak pada keseimbangan manusia dan lingkungannya.Jalan dan Lingkungan (2)  Jalan adalah agen perubahan.   Identifikasi dampak yang potensial sejak tahap awal Melakukan tindakan untuk mengantisipasi atau menghindari dampak sejauh memungkinkan . atau mengganti (compensate) dampak negatif terhadap lingkungan dari suatu projek jalan. mengantisipasi (mitigate).  Banyak hal dapat dilakukan utnuk menghindari (avoid).

Jalan dan Lingkungan (3)  Pendekatan yang benar-benar berkelanjutan dalam bidang pembangunan jalan. terkait dengan Persiapan dan pengelolaan projek jalan Perhitungan biaya dampak tidak langsung dari polusi dan gangguan Pertimbangan dalam hal perubahan kesehatan. sosial. memerlukan Perubahan mendasar (substantial) dalam sikap (attitude) terhadap lingkungan. dan budaya masyarakat Pertimbangan terhadap dampak terhadap lingkungan biofisik dan keanekaragaman hayati (bio-diversity) Pertimbangan kebutuhan masyarakat miskin dan generasi mendatang .

3.Jalan dan Lingkungan (4)  Tiga elemen perubahan sikap (attitude) terhadap lingkungan. Dampak-dampak tersebut harus dikuantifikasi. dan mengkompensasi dampak-dampak tersebut. 2. yaitu: 1. Implementasi rencana dan pelatihan (training) .  Elemen tersebut harus diikuti dengan konsultasi bersama masyarakat yang terkena dampak. Dampak terhadap lingkungan alam dan sosial harus diidentifikasi dalam rentang yang luas. memitigasi. Harus dibangun prosedur untuk menghindari.

sejak perencanaan.  Bukan buku resep.Jalan dan Lingkungan (5)  Proses tersebut dikenal sebagai Environmental Assessment (EA)  Tujuan dari buku panduan (handbook) ini adalah  Menyediakan deskripsi metode-metode praktis untuk merancang dan melaksanakan EA yang efektif bagi pihak-pihak yang terlibat dalam beragam aspek projek jalan. hingga perawatan. tapi format (template) . konstruksi.

. dan perancangan projek jalan. dikumpulkan. dan diberi bobot.Jalan dan Lingkungan (6)  Pendekatan EA tidak hanya ditujukan untuk mengidentifikasi dampak negatif projek. anggaran. serta memiliki dampak panjang terhadap perencanaan. Pengelola projek harus diorganisir sehingga persoalan lingkungan  Dipertimbangkan. namun Digunakan untuk mengoptimalkan dampak positif dari projek. dianalisis.

and Their Economic Valuation . Their Mitigation.Jalan dan Lingkungan (7) Part I The Environmental Assessment Process Part II Environmental Impacts.

serta menggarisbawahi pentingnya mengetahui tentang jalan dan berbagai dampaknya pada beragam penggunaan lahan Menunjukkan peran penting dukungan administratif dari EA. kapasitas teknis dan regulasi yang memadai.Part I The Environmental Assessment Process Bab 1  Memperkenalkan proses penilaian lingkungan sebagai suatu perangkat perencanaan. Menunjukkan tahap penyaringan serta ruang lingkup dan definisi tahapan secara rinci Bab 2  Bab 3 & 4  . serta fungsi pemantauan (monitoring).

mengetahui bagaimana informasi perlu dikumpulkan dari pihak-pihak yang terlibat. Menjelaskan beberapa jenis dampak yang perlu diperhatikan oleh para praktisi saat merencanakan dan melakukan EA Bab 6  .Part I The Environmental Assessment Process Bab 5  Menekankan hubungan yang erat antara perencanaan yang baik dan konsultasi publik bergaya kolaboratif dan penilaian lingkungan yang berhasil. Penekanan juga dilakukan pada betapa pentingnya identifikasi pihak yang dilibatkan. serta bagaimana informasi perlu dipresentasikan.

and Their Economic Valuation (1) Bab 7 Dampak pada tanah Bab 8 Dampak pada sumber daya air Bab 9 Dampak pada kualitas udara Bab 10 Dampak pada flora dan fauna Bab 11 Dampak pada masyarakat dan aktivitas ekonominya Bab 12 Dampak yang berkembang akibat peralihan lahan dan pemukiman ulang .Part II Environmental Impact. Their Mitigation.

and Their Economic Valuation (2) Bab 13 Dampak pada masyarakat lokal (indigenous peoples) Bab 14 Dampak pada cagar budaya Bab 15 Dampak pada estetika dan landskap Bab 16 Dampak kebisingan Bab 17 Dampak pada kesehatan manusia dan keselamatan . Their Mitigation.Part II Environmental Impact.

and Their Economic Valuation (3) Bab 18 Praktek-praktek pembangunan dan pengelolaan fasilitas yang berwawasan lingkungan Bab 19 Valuasi ekonomi dampak lingkungan dari pembangunan jalan .Part II Environmental Impact. Their Mitigation.

Rekomendasi untuk Praktisi dan Pengelola Jalan (1) 1. Lembaga harus memiliki seorang staf yang ditugasi secara khusus dengan tanggung jawab penuh untuk persoalan lingkungan dan memiliki pengetahuan tentang hukum dan peraturan yang terkait lingkungan. Koordinator masalah lingkungan harus memiliki akses ke manajemen pusat. 2. . dan mendapat dukungan dalam melakukan tindakan-tindakan koordinasi terkait isue lingkungan di seluruh bagian lembaga.

Hal tersebut harus dinyatakan sejak tahap awal proses perencanaan agar dapat diperoleh seluruh alternatif yang mungkin. dan menghindari penundaan atau komplikasi lebih lanjut. 4. dan tindakan perbaikan untuk menjamin efektivitas rekomendasi dan keputusan dalam hal lingkungan.Rekomendasi untuk Praktisi dan Pengelola Jalan (2) 3. Identifikasi dan penilaian (assessment) dari potensi dampak lingkungan harus menjadi bagian tak terpisahkan dari siklus proyek. . pemantauan (monitoring). Penilaian harus diikuti dengan rencana tindakan (action plans).

dan klausul dalam kontrak yang standar dalam hal pertimbangan faktor-faktor lingkungan.Rekomendasi untuk Praktisi dan Pengelola Jalan (3) 5. Lembaga/institusi terkait dengan jalan harus membangun kebijakan umum (global policies). perencanaan. dan harus membuat rekomendasi bagi lembaga dan departemen pemerintah lainnya dalam hal perbaikan kerangka kerja legal. . pengelolaan. prosedur. Lembaga/institusi harus mereview aspek-aspek hukum dan peraturan dalam hal lingkungan yang berhubungan dengan perencanaan jalan. hal tersebut harus diaplikasikan dalam strategi. dan operasi jalan. 6. dan penggunaan jalan. pekerjaan jalan.

Keterlibatan masyarakat merupakan elemen yang esensial dalam pengelolaan lingkungan jalan. dan pengalaman persoalan dalam projek-projek jalan tanpa proses konsultasi yang lama.Rekomendasi untuk Praktisi dan Pengelola Jalan (4) 7. . Prosedur dan keterampilan harus dibangun untuk menginformasikan kepada publik dan lembaga terkait tentang proposal di bidang jalan. Proses ini mengenali betapa pentingnya faktor-fakto non-teknis dalam penilaian isu lingkungan. dan menggunakan konsultasi dan partisipai untuk melibatkan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan.

Rekomendasi untuk Praktisi dan Pengelola Jalan (5) 8. dan kontraktor yang bertanggungjawab terhadap penilaian dampak lingkungan dan pengukuran mitigasi. serta untuk implementasi dan pemantauan rencana tindakan. . konsultan. Pelatihan dibutuhkan bagi para staf lembaga di bidang jalan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer: Get 4 months of Scribd and The New York Times for just $1.87 per week!

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times